Muhasabah Diri Menurut Islam Ini Wajib Kamu Ketahui - Anwariz.com Sahabat Inspirasi Indonesia

Muhasabah Diri Menurut Islam Ini Wajib Kamu Ketahui

MUHASABAH DIRI MOTIVASI ISLAMI

Anwariz.com Sahabat Inspirasi Indonesia | Seperti apa sih muhasabah diri dalam islam? Pada kesempatan kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang muhasabah. Ya, bercermin atas apa yang telah dilalui dalam kehidupan dan menjadi lebih memantaskan diri ketika hendak menghadapi hari esok.


muhasabah diri motivasi islami


ARTI MUHASABAH DIRI


Muhasabah berasal dari kata hasibah yang memiliki arti menghisab atau menghitung. Dalam hal pemakaian katanya, muhasabah dapat disepadankan atau identik dengan introspeksi diri, menilai diri sendiri, dan atau evaluasi diri.

Evaluasi berarti meninjau ulang atas semua yang telah kita lakukan, sekaligus membuat antisipasi sekaligus sikap mawas diri terhadap segala kemungkinan yan akan terjadi kemudian. Sikap evaluasi diri berarti menyadari bahwa mungkin kita tidak mampu mengontrol situasi di sekitar, namun kita bisa meningkatkan kapasitas diri sendiri seoptimal mungkin.

Makna hakekat muhasabah sudah jelas tersurat di dalam surat Al-Hasyr, ayat 18 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS.Al-Hasyr (59):18).


DOA MUHASABAH DIRI


Yaa Allah
Karuniakanlah ampunan atas maksiat hati kami
Ampunilah jikalau kami selalu berbuat takabur
Ampunilah  jikalau hati ini sering menghina dan merendahkan hamba hambamu
Ampunilah jikalau kami sering ria ya allah
Ampunilah jika kedengkian masih bersemayam dihati ini

Yaa Robb
Jauhkanlah dari diri kami riya, pamer, kesombongan, sekecil apapun
Jadikanlah diri kami diri yang tawadhu, ikhlas, pemaaf…



Allah Maha mendengar allah maha melihat
Allah Maha menyaksikan setiap pertemuaan Allah menyaksikan setiap pertemuan kita
Dialah Allah, dialah allah yang maha melihat
Tiada yang tersembunyi dimata allah yang maha dekat

Dia tahu setiap lirikan mata, dan niat dibalik lirikan
Dia tahu apa yang ada dalam benak fikiran kita
Dialah Allah yang maha mendengar segala sesuatu

Allah Maha tahu orang-orang yang terluka hatinya
Allah Maha tahu setiap dusta yang kita ucapkan
Allah Maha tahu setiap kebusukan hati kita…



KEUTAMAAN & MANFAAT MUHASABAH DIRI


Muhasabah adalah sesuatu hal yang perlu dan menjadikannya sebuah kebutuhan dalam tiap-tiap diri manusia, di dalam agama Islam, muhasabah sangatlah dianjurkan karena jika muhasabah bisa dijalankan dengan baik akan memberi banyak manfaat baik yang akan di dapatkan di dunia maupun diakhirat kelak.


motivasi islami muhasabah diri

Inilah manfaat serta keutamaan jika Anda senantiasa bermuhasabah-introspeksi diri dalam setiap keadaan, diantaranya:


  • Dengan senantiasa bermusahah diri, makan setiap muslim akan bisa mengetahui akan kelemahan serta sadar akan aib dari dirinya sendiri, baik itu dalam hal amalan ibadah, maupun aktivitas lain dalam kehidupan duniawi. Sehingga, dengan begitu ia akan tahu apa yang harus ia lakukan untuk memperbaiki diri dan berbuat baik.


  • Dalam hal ruhani, kita akan lebih menyadari akan hak dan kewajiban sebagai seorang hamba Allah SWT, serta seorang hamba akan lebih memahami hakekat dari ibadah yang sebenarnya, bawasannya segala apa-apa yang dilakukan, segala perbuatan serta amal-amal ibadah semata-semata hanya karena Allah Ta’ala, semoga senantiasa kita smeua mendapati rahmat dan cinta kasih-Nya dan Allah mengampuni segala dosa-dosa yang ada di dalam diri kita.


  • Seseorang akan lebih mengetahui segala sesuatu yang dimana itu baik atau buruk, seseuatu kebenaran atau kebatilan baik itu besar mauoun sekecil apapun dari keduannya itu, seseorang akan sadar bawasannya segala apa-apa yang ia lakukan akan ia pertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT di akhirat nanti. Inilah salah satu hikmah dari seorang hamba yang senantiasa bermuhasabah diri.


  • Seseorang yang di dalam dirinya senantiasa bermuhasabah akan takut akan kemaksiatan dan keburukan, ia sadar bahwa setiap tingkah perbuatan setap saat setiap waktu senantiasa di awasi oleh Allah SWT. Serta didalamnya, ia sadar bahwa kedamaian ialah berbuat kebaikan dan amal sholeh untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga seorang hamba yang selalu bermuhasabah akan sangat membenci hawa nafsu dan selalu mewaspadainya.

Baca: Manfaat Memberi Kepada Sesama

KATA-KATA MUHASABAH DIRI


“Hidup lebih indah jika dihadapi dengan bijak

Dijalani dengan penuh keikhlasan

Dibingkai dengan kesabaran

Disampul dengan kebaikan

Dan dibalut dengan hati penuh kasih saying.”

“Hati yang bersih tajam firasatnya.”

“Yakin dan percayalah setelah kesulitan pasti datang kemudahan..

Dan sesudah kegagalan akan darang kejayaan.”

“Kejayaan dalam kehidupan itu bukan milik siapa yang pintar dan cerdas.. Melainkan milik merekan yang mau berjuang bersungguh-sungguh dan berkerja keras.”

“Orang hebat boleh bangkit di malam hari dan mempunyai impian di siang hari.”

“Kamu boleh saja menyembunyikan kesalahan… Tapi tidak untuk penyesalan.

Kamu boleh saja menyembunyikan kebohongan… Tapi tidak untuk ketenangan.”

“Persiapan terbaik untuk menghadapi hari esok adalah dengan melakukan pekerjaan hari ini dengan sangat baik.”

Baca: 
Kata Mutiara Islami Terbaru 2019
Kata Kata Mutiara Ust. Evie Effendi Paling Populer

“Jangan mudah menyerah jika kita gagal. Karena dimana ada kemauan insyaallah ada jalan. Selama mau berusaha dan berdoa terhadap Sang Pencipta. Jika belum berhasil terus lakukan introspeksi diri.”

“kesuksesan tak semudah membalikkan telapak tangan. Selalu diperlukan sebuah proses menggapai pencapaian itu. Lakukan dengan usaha sungguh-sungguh dan berdoa, karena doa merupakan bagian dari muhasabah diri.”

“Blajar adalah peroses berubah: Pengalaman menjadi pengetahuan… Pengetahuan mnjadi pemahaman… Pemahaman menjadi kearifan… Kearifan menjadi tindakan.”

“Musuh paling berbahaya dalam diri kita adalah mengikuti rasa malas serta cepat merasa puas diri.”



KESIMPULAN


Buah manis dari muhasabah diri adalah taubat. Dengan bermuhasabah diri, sudah dapat dipastikan diri ini akan merasa kekurangan, merasa lemah dihadapan Allah SWT. Maka tak heran jika semakin merasa lemah akan semakin merasa diri penuh dosan dan sangat megharapkan ampunan-Nya. Disitulah kentara terasa puncak taubat setelah mengoreksi diri dengan bermuhasabah. 

Demikian artikel kali ini seputar muhasabah diri sebagai motivasi islami. Memantaskan diri, menambah kapasitas diri seoptimal mungkin dengan niat menggapai ridho Allah SWT. Jika dirasa bermanfaat silakan share postingan ini ke sosial media favorit Anda agar manfaatnya semakin melangit luas.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!