Cara Monetisasi Facebook Creator Agar Menghasilkan Uang

Syarat dan Ketentuan Cara Monetisasi Facebook Creator Agar Menghasilkan Uang


BLOG Anwariz - Sedang hangat diperbincangkan belakangan ini terutama bagi pengguna setia Facebook, yakni cara memonetisasi facebook agar bisa menghasilkan uang. Pasalnya tim FB baru-baru ini telah meresmikan fitur baru yang dinamakan Facebook Creator. Fitur ini tentu saja bukan hal asing bagi YouTuber, karena tidak jauh dari YouTube Creator sendiri. Dalam hal ini Facebook sedang bersaing dengan YT dalam hal memberikan layanan kepada penggunanya.
Syarat Monetisasi Facebook Creator Agar Menghasilkan Uang
Facebook Creator, sumber: techcrunch.com
Tak disangka sebelumnya bahwa sekarang kita bisa menghasilkan uang dari Facebook hanya dengan mengunggah (upload) video ke laman kita. Seperti halnya di YouTube, tidak semua jenis video dapat dimonetisasi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sebelumnya, kita harus memonetisasi akun laman terlebih dahulu sebelum video bisa dimonetisasi. Daripada kalian penasaran bagaimana cara monetisasi facebook agar menghasilkan uang, mending kita langsung bahas saja ya...

Syarat Monetisasi Laman Facebook Supaya Menghasilkan Uang


Beberapa bulan lalu pihak FB telah mengumumkan kepada seluruh penggunanya terkait syarat dan kebijakan sebuah laman agar dapat mendorong perkembangan bisnisnya. Sistem baru ini sangat tergantung pada fitur video yang disarankan oleh facebook. Dimana bisanya facebook akan menunjukan konten video mana yang sering ditonton oleh para pengguna facebook.

Setelah pengguna menonton video, akan ada jeda iklan diantara tontonan tersebut. Istilahnya pada FB disebut Ad Breaks. Iklan tersebut sangat mirip dengan iklan yang sering muncul pada video youtube. Jika dulu facebook hanya menampilkan iklan berupa banner atau text saja, saat ini iklan juga muncul pada video tertentu yang telah memenuhi syarat monentisasi.

Apa itu Ad Break?


Ad Break atau dikenal sebagai jeda iklan merupakan fitur iklan yang dipasang pada suatu konten video. Jika Anda familiar dengan youtube tentu saja akan mengenali jenis iklan seperti ini. Iklan akan muncul tiba-tiba ketika penonton sedang menonton sajian dari video yang telah diupload oleh admin laman tertentu.
Syarat dan Ketentuan Monetisasi Facebook Creator Agar Menghasilkan Uang
Facebook AdBreak, sumber: mysmartsupport.com
Model periklanan seperti ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum era internet. Dulu (hingga sekarang) mungkin di televisi sering melihat dan mendengar pembawa acara mengatakan "kami segera kembali setelah pesan-pesan berikut ini", kemudian munculah tayangan iklan. Kurang lebih seperti itulah konsep Ad Break pada Facebook.

Syarat Monetisasi Laman Facebook Creator


Monetisasi Facebook Creator baru bisa diterapkan jika fanpage sudah memenuhi syarat sebagai berikut:
syarat dan ketentuan ad break facebook creator

1. Memiliki Fanspage dengan jumlah pengikut minimal 10.000 orang
2. Dalam 60 hari terakhir harus memiliki video berdurasi 3 menit dengan jumlah tayangan 3. 30.000 tayangan video 1 menit
4. Memenuhi standar kelayakan menetisasi
5. Ketersediaan negara mendukung layanan Facebook Ad Breaks

Sebelum memonetisasi konten, pengguna diwajibkan memenuhi syarat dan ketentuan dari Facebook Creator. Standar kelayakan menjadi syarat pertama sebelum melangkah kepada persyaratan berikutnya. Standar kelayakan pada FB meliputis seluruh aktivitas dan kelayakan konten pada laman facebook.

Baca: Memanfaatkan Sosmed untuk Menjaring Konsumen

Kemudian syarat kedua adalah laman telah memiliki 10.000 pengikut. Paling penting diketahui, pastikan video tersebut berada pada laman bukan pada profil facebook. Ketiga yaitu tayangan 1 menit untuk video yang berdurasi 3 menit. Ketika Anda mengunggah video berdurasi 3 menit, maka diharuskan setidaknya telah ditonton selama 1 menit dari keseluruhan video tadi.

Syarat berikutnya adalah tayangan video di fanpage facebook harus memiliki 30.000 tayangan 1 menit untuk video berdurasi 3 menit. Artinya adalah pada video durasi 3 menit harus memiliki penonton mencapai 30.000 dalam selama kurun waktu 60 hari (2 bulan) saja. Sepintas memang sepertinya sulit, namun jika konten videonya menarik dan disukai banyak orang tentu saja syarat ini akan mudah dilewati agar bisa dimonetisasi.

Artikel Terkait: Jadi Blogger 1000 Tahun Lagi

Kabar baiknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang telah mendukung layanan Ad Break. Jadi, sekarang bermain facebook benar-benar bisa menghasilkan uang. Layanan ini sudah resmi hadir di Indonesia sejak awal tahun 2019 dan menjadi salah satu alternatif selain Youtube agar menghasilkan rupiah cara upload video menarik. Pastikan fanpage sudah memiliki minimal 10.000 pengikut agar bisa mengikuti program Ad Bread dari Facebook.

Demikian ulasan singkat mengenai syarat dan ketentuan monetisasi facebook creator agar bisa menghasilkan uang. Anda bisa mencoba membuat video semenarik mungkin, kemudian unggah ke fanpage masing-masing. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa share ke sosial media favorit jika dirasa berguna. Terimakasih, sampai jumpa di artikel menarik berikutnya.

0 komentar

Post a Comment