Media Sosial ~ Meningkatkan Pengunjung Blog untuk Bisnis

optimasi blog via medsos efektif
Sumber Gambar via Maxmanroe.com

Media Sosial ~ Meningkatkan Pengunjung Blog Lewat Jejaring Sosial

anwariz.com | Seberapa besar pengaruh media sosial terhadap perkembangan blog bisnis? Maksudnya mampukah jejaring sosial mendatangkan banyak pengunjung blog dengan cepat dan efektif? Pertanyaan seperti ini sudah sering terlontarkan dari para penggiat blog (Blogger) terutama yang bergerak dibidang blogging for money. Sebentar lagi kita akan sama-sama bahas tentang menggembangkan bisnis melalui blog dengan dukungan media sosial untuk memperkokoh posisi blog dipermukaan mesin pencarian.

              
Mengutip dari Wikipedia definisi Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Media sosial merupakan media untuk berbagi dengan teman-teman, membuat halaman tentang diri pribadi kemudian membagikan cerita-cerita bermanfaat dan bersosialisasi didalamnya. Media sosial terpopuler saat ini sebut saja Facebook, Instagram, dan Twitter. Internet menjadi motor konektivitas sesama pengguna media sosial, kebalikan dari media konversional yang masih menggunakan media cetak untuk mendistribusikan informasinya. Dengan adanya jejaring sosial, penggunanya diajak untuk berpartisipasi, saling berkomentar satu sama lain, hingga saling bertukar informasi tanpa batas.

Pertumbuhan Media Sosial
Perkembangan media sosial mengalami peningkatan pesat saat ini disebabkan oleh karena setiap orang seperti memiliki medianya sendiri. Untuk memiliki media sendiri via jejaring sosial juga lebih murah jika dibandingkan harus memiliki sebuah media siaran seperti radio atau televisi. Setiap pengguna akan diberikan kemudahan mengakses medianya hanya bermodalkan konektivitas internet. Tidak harus memiliki kecepatan internet cepat karena jaringan lambatpun sudah bisa menggunakannya.

Fungsi Media Sosial Sebagai Alat Promosi

Saat ini media sosial masih menjadi alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, mengakibatkan jangkauan pemasaran bisnis lewat blog menjadi semakin luas. Media sosial menjadi bagian penting sebagai media pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik dalam menjangkau konsumen mereka. Media sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.

Bagaimana Mendatangkan Pengunjung Blog via Media Sosial?


Sebagian dari para pengguna media sosial sengaja menghilangkan identitasnya (anonymous) ketika bersosialisasi. Hal ini harus Anda hindari dalam branding melalui sosial media. Untuk mendapatkan reputasi baik dijejaring sosial itu tidak akan didapatkan jika masih menjadi orang lain. Maka, tunjukan jati diri Anda. Jadilah diri sendiri saat melakukan promosi bisnis.

Perkenalkan Diri Kepada Orang Lain

Sebenarnya poin berikut masih ada kesamaan dengan poin diatas. Pada dasarnya Anda harus bisa menunjukkan jati diri Anda kepada orang lain. Tunjukan diri yang sesungguhnya kepada teman-teman jaringan Anda, sebab dari sinilah branding itu akan mulai terbangun dengan sendirinya.

Perbanyak Teman Anda

Carilah teman sebanyak mungkin, dan jangan pernah membatasi diri. Mulailah dengan menambahkan orang lain ke daftar pertemanan Anda, dengan demikian teman Anda akan merespon sikap ramah tersebut. Memiliki banyak jaringan pertemanan akan semakin memudahkan langkah ketika akan membagikan sesuatu informasi dan gagasan kepada mereka. Buatlah konten yang menarik minat mereka.

Bagikan Suatu Konten yang Memiliki Value

Jangan lantas terfokus pada promosi produk dari blog bisnis Anda, hal tersebut akan membuat mereka jenuh. Berikan teman-teman Anda sajian bermanfaat, konten berbobot, atau sesekali memberikan mereka motivasi itu akan jauh lebih menjalin kedekatan personal.




Jadilah Aktif dan Responsif

Sebaiknya menjadi pengguna media sosial aktif jangan pasif. Tidak peduli seberapa banyak teman-teman dijaringan Anda, mereka tidak akan memberikan apa yang Anda harapkan jika hanya diam berpangku tangan tanpa melakukan tindakan. Sapalah mereka lebih dulu, lalu berikan mereka perhatian lebih agar dimasa mendatang mereka akan memperhatikan Anda.

Manfaatkan Fasilitas Jejaring Sosial
Sebagian besar situs jejaring sosiak telah menyediakan berbagai fitur menarik serta berguna bagi para membernya dalam aktivitas sosialisasi. Jika pada Facebook terdapat fitur Fans Page, kemudian pada Google Plus ada Koleksi. Buatlah halaman khusus untuk menjangkau orang-orang dengan kesamaan minat dan kriteria sesuai konten blog bisnis Anda.




Bangun atau Kunjungi Komunitas

Membuat komunitas sendiri atau menemukan komunitas untuk mempromosikan konten blog secara tepat. Dari sekian banyak pengguna aktif media sosial, maka jangan terlalu khawatir dengan kriteria kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan juga keteryarikan dengan konten blog bisnis.

Lakukan Secara Berkala

Hindari melakukan promosi konten blog dalam jangka waktu bersamaan. Apapun itu aktivitasnya, baik berbagi konten blog maupun berbagi secara langsung tentang produk jualan sebaiknya dilakukan secara tersistem. Artinya lakukan semuanya secara terjadwal, agar tidak mengganggu pengguna lainnya. 

Demikian artikel terbaru mengenai Media Sosial Meningkatkan Pengunjung Blog untuk Bisnis diatas, semoga dengan aktivitas sosialisasi melalui jejaring sosial akan mendatangkan visitor blog dengan cepat kemudian berimbas kepada hasil penjualan produk bisnis semakin berkembang.

4 komentar:

  1. saya mau menambah teman dulu mas di medsos..
    biar semakin banyak kemungkinan mendapatkan pengunjung ke blog..

    ReplyDelete
  2. Benar mas, maksimalkan dulu jumlah teman. Semakin banyak akan berdampak positif bagi branding blog.

    ReplyDelete
  3. bener banget mas. banyak sosmed yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pengunjung. dari mulai goigle+ , twitter, facebook, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  4. Mulai melakukannya menjadi langkah tepat guna mendapatkan performa blog yang maksimal.

    ReplyDelete