5 Alasan Kenapa Domain Itu Penting untuk Bisnis Online Anda?

Nama Domain Itu Penting untuk Bisnis, Benarkah?

Apa itu Nama Domain?


Jika Anda baru terjun ke dunia online, website, dan hosting pasti masih asing dengan, apa itu domain? Jika dianalogikan kedalam alamat fisik, domain itu ibarat alamat rumah/toko kita. Contohnya, navigasi di Google Maps membutuhkan nama jalan atau kode pos agar sistem bisa menunjukkan ke arah alamat tersebut. 

Kenapa Nama Domain Itu Penting untuk Bisnis

Begitu pula dengan web browser yang membutuhkan nama domain untuk mengarahkan Anda atau para pengunjung ke website tertentu. Dalam hal ini mengarahkan calon pembeli kepada website bisnis milik Anda.

Dalam sebuah nama domain terdiri atas dua elemen utama. Misalnya, nama domain Anwariz.com memuat nama website (Anwariz) dan ekstensi nama domain (.com). Pada saat perusahaan (atau pribadi) membeli (sewa) nama domain, mereka bisa menentukan server agar nama domain bisa diarahkan.


Pendaftaran nama domain dikelola oleh organisasi yang disebut ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN menentukan ekstensi nama domain yang tersedia dan menjaga database agar tetap terfokus dan stabil dalam mengawasi ke mana nama domain mengarah.


Peran Penting Nama Domain untuk Bisnis

Saat memulai bisnis online, tentunya Anda paham bahwa penjualan produk atau jasa akan dilakukan via jaringan internet. Pada umumnya pebisnis online menggunakan website, blog atau media sosial sebagai sarana promosi/transaksi.


Nama domain juga biasa dikatakan sebagai alamat website, yakni nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.


Contoh nama domain adalah Wikipedia.org, Google.co.id, dan Anwariz.com.

Isi dari website yang ingin diakses tersebut diletakkan di dalam hosting, seperti file PHP, dan lainnya.

Sederhananya, domain itu ibarat alamat rumah teman lama Anda. Ketika sudah menemukan alamat rumahnya, dan sudah bisa mengunjungi rumah tersebut, maka Anda akan bisa tahu apa saja (isi) yang ada didalam rumah tersebut. 


Oleh karena itu, nama domain itu penting untuk bisnis online. Domain itu sifatnya unik, tidak ada alamat domain yang sama persis di dunia internet. Ketika Anda memiliki domain untuk bisnis Anda sendiri, itu artinya menjadi nilai tambah tersendiri dimata calon pelanggan.

Alasan Kenapa Nama Domain Penting untuk Bisnis Online?

Berikut ini beberapa alasan kenapa nama domain penting untuk bisnis online, yang telah Anwariz rangkum sedemikian rupa. Yuk kita simak uraiannya di bawah ini;


Saat ini banyak sekali platform untuk membuat situs website sendiri secara gratis. Sudah umum dikalangan penggiat nara blog biasanya menggunakan Blogger dan Wordpress sebagai sarana mengatur konten situs mereka.

Namun, jika Anda ingin membuat website untuk bisnis dengan domain sendiri, ada baiknya meminta bantuan kepada pengembang website atau penyedia Hosting Indonesia. Pihak tersebut akan membantu mengarahkan domain web bisnis kepada server mereka sehingga website bisa diakses dengan baik.

Adapun kelebihan membuat website dengan nama domain dan hosting sendiri adalah website kita akan;
  • Terbebas dari iklan
  • Lebih profesional
  • Disukai oleh mesin pencarian
  • Mudah ditemukan oleh pengunjung
Tentu saja ada risiko yang harus ditanggung jika menggunakan nama domain sendiri, yakni harus membayar setiap periode tertentu. Akan tetapi, karena konteksnya domain untuk bisnis maka hal ini saya anggap bukan sebuah kekurangan melainkan bagian dari aset.

Seiring perkembangan teknologi informasi seperti saat ini, memiliki website itu menjadi sebuah kewajiban bagi pelaku bisnis online, kenapa?

Karena sekarang hampir setiap orang memegang ponsel, sibuk dengan komputer mereka. Hanya perlu sedikit sentuhan jempol saja untuk mencari informasi yang dibutuhkan melalui browser di ponsel/komputer.

Selain itu, saat ini jaman sudah serba canggih. Tentunya harus mengikuti perkembangan jaman jika tidak ingin ketinggalan dan mendapatkan jangkauan lebih luas lagi. Misalnya, dengan cara mengirimkan give away atau promo melalui email, sosial media, dan atau whatsapp.

5 alasan kenapa nama domain penting untuk bisnis adalah sebagai berikut:

• Sarana Pengenalan Merek Bisnis

• Meningkatkan kredibelitas perusahaan.
• Menunjukkan profesionalisme dan inovatif
• Sarana promosi dan iklan
• Kemudahan Transaksi

1. Sarana Pengenalan Merek Bisnis

Jika dulu mengenalkan merek dengan cara mengandalkan orang lain membicarakan manfaat produk Anda dari mulut ke mulut, Maka sekarang, Anda bisa mengajak mereka membicarakannya secara online. Dengan memiliki nama domain sendiri, buatlah pelanggan Anda membagikan alamat domain tersebut ke media sosial milik mereka. Dengan begitu, harapannya tentu saja membangun kesadaran merek bisnis Anda kepada publik di jaringan perteman media sosial tersebut.

2. Meningkatkan Kredibelitas Perusahaan

Dengan memiliki nama domain untuk bisnis Anda sendiri, hal ini berdampak pada kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Bisnis Anda akan tampil lebih baik dibandingkan pesaing Anda yang belum menggunakan nama domain. Kepercayaan pelanggan bisa dibangun sejak dini dengan cara menjalin kedekatan dengan pelanggan dan menjaganya. 


Disarankan menggunakan domain sendiri, tanpa menggunakan nama domain dari pihak ketiga, baik itu Blogger (bisnisanda.blogspot.com) maupun Wordpress gratisan. Pasalnya, nama domain tingkat atas berekstensi (.com, .net, .id, dan lainnya) lebih mendapat kepercayaan baik dimata pengunjung maupun dimata search engine.

3. Menunjukkan Profesionalisme dan Inovatif

Memiliki nama domain dapat membuat bisnis Anda tampil lebih profesional. Terutama bagi kalangan pelaku bisnis UMKM, tidak ada salahnya mulai menggunakan nama domain untuk kepentingan bisnis. Nama domain mencerminkan bahwa bisnis Anda mengutamakan profesionalitas dan selalu bertumbuh dengan inovasi-inovasi yang memang dibutuhkan oleh pasar.

4. Sarana Promosi dan Iklan

Pemasaran digital atau internet marketing akan semakin mudah dilakukan jika sudah memiliki nama domain sendiri. Walaupun tidak menutup kemungkinan masih bisa dilakukan melalui media sosial atau marketplace. 

Namun, sekali lagi nama domain untuk bisnis menjadikan bisnis Anda semakin didepan beberapa langkah dibandingkan kompetitor Anda yang masih menggunakan sarana promosi dan iklan sebatas di media sosial, marketplace dan semacamnya.

Dengan memiliki nama domain untuk bisnis, artinya bisnis Anda bisa tampil di laman pencarian (Yahoo, Google, Bing) dan semakin menjangkau calon pelanggan tanpa batas.

5. Kemudahan Proses Transaksi

Kehadiran website memberikan kemudahan kepada pelanggan, sehingga pelanggan tidak harus keluar rumah untuk membeli produk/jasa Anda. Mulai dari proses pemesanan, pembayaran, hingga berakhir pada transaksi yang menghasilkan profit sangat bisa dilakukan melalui website dengan domain bisnis Anda sendiri. 


Sadar atau tidak, ketika bisnis Anda sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan maka hal itu menjadikan mereka loyal untuk kembali membeli produk/jasa Anda.

Domain itu Penting

Berikut ini beberapa poin penting sebelum menentukan nama sebuah domain. Setidaknya ada 5 poin penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih domain, diantaranya:

1. Nama Domain, Akses Menuju Situs

Nama domain ini lazimnya dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web, disebut pula dengan istilah URL, dan kita mengenalnya sebagai alamat website seperti yang sudah dijelskan diatas. Itulah sebabnya Anda bisa mengunjungi situs saya karena dijembatani oleh nama domain.

2. Pilih Nama Domain Sesuai Topik Bahasan

Timbul pertanyaan, sebenarnya apa manfaatnya relevansi antara nama domain dengan topik pembahasan suatu website? Jawabannya adalah untuk memberikan informasi diawal sebelum calon pengunjung benar-benar mengunjungin situs kita. Profesionalisme juga semakin terlihat ketika ada kesesuaian antara isi artikel/info saling keterkaitan nama berikut isinya.

3. Nama Domain Mudah Diingat

Pilihlah nama domain yang mudah diingan guna memudahkan netizen menemukan website, dan kemudahan juga saat melakukan promosi situs.

4. Hindari Penambahan Angka atau Simbol

Domain menggunakan unsur angka dan simbol terlihat sangat tidak profesional dan identik dengan situs-situs spam. Terkecuali ketika merek/brand bisnis Anda memang menggunakan angka, itu sah-sah saja dan tidak menjadi patokan baku saat pemilihan nama domain itu sendiri.

5. Usahakan Nama Domain Sesingkat Mungkin

Pentingnya nama domain, terutama untuk website bisnis. Penggunaan nama terlalu panjang pada sebuah domain akan sulit diingat oleh pengunjung. Selain itu, akan semakin memperbesar kemungkinan kekeliruan saat pengetikan. Untuk itu pilihlah nama domain sependek dan sesimpel mungkin.

KESIMPULAN

Waktu memang cepat berlalu, hingga akhirnya sampai di kesimpulan artikel tentang pentingnya domain kali ini. Bagaimana sudah mulai menemukan titik terang? Syukurlah jika sudah. Nah, mari kita tarik benang merah dari ulasan panjang di atas agar mengerucut pada poin penting domain. Bahwa domain itu sangat penting bagi kelangsungan bisnis, terlebih bisnis yang berhubungan langsung dengan dunia digital marketing. 

Agar bisnis Anda tidak mati terlindas kompetitor maka hadapi dengan memiliki nama domain untuk bersaing di panggung bisnis online. Siapkan alamat website berkualitas serta relevan dengan jenis bisnis tersebut. Cobalah lebih fleksibel. Jika nanti nama domain berekstensi .com, .co.id sudah didaftarkan. Buatlah website menggunakan nama domain unik, beda dari yang lain, dan pastikan bahwa brand tersebut hanya satu-satunya milik Anda.


Demikian ulasan saya tentang Alasan Kenapa Nama Domain itu Penting untuk Bisnis. Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial favorit Anda jika dirasa bermanfaat bagi keberhasilan bisnis Anda. Terimakasih.

6 comments:

  1. Anonim8/13/2019

    Mantap min.
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak sudah berkunjung dan baca artikel di Anwariz.Com...
      Mantaaapp!!

      Hapus
  2. Domain penting buat bisnis karena beberapa hal, diantaranya:
    1. Saat ini bisnis online sedang memasuki masa jayanya
    2. Website sangat diperlukan dalam menunjang bisnis era digital
    3. Branding itu penting
    4. Menjangkau lebih luas calon pelanggan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat brader... Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan jaman agar tidak ketinggalan informasi. Terlebih jika berhubungan dengan bisnis, maka domain itu penting buat bisnis lebih berkembang.

      Terimakasih atas tambahannya...

      Hapus
  3. Informasinya sangat lengkap dan bermanfaat banget buat saya yang lagi mulai melek pada dunia digital. Terimakasih banyak bang, sudah ngasih pencerahan tentang nama domain buat bisnis. Sukses selalu blog Anwariz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih gan, semoga bisnisnya semakin maju dan berkembang ya... Websitenya juga makin ramain dikunjungi calon konsumen.

      © 5 Alasan Kenapa Domain Itu Penting untuk Bisnis Online Anda? - BLOG Anwariz
      Source: http://www.anwariz.com/2019/07/nama-domain-itu-penting-untuk-bisnis.html?showComment=1568395122687#c4217713681230347421

      Hapus

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar