Referensi Kampus Jurusan Agribisnis di Bandung

Referensi Kampus Jurusan Agribisnis di Bandung 


Al-Ma'soem dan Pendidikan

Ma’soem memberikan kebebasan kepada anak-anaknya untuk memilih bidang studi, karena yang paling penting bagi beliau adalah anak-anak harus sekolah setinggi-tingginya, dan tidak melupakan nilai-nilai luhur keislaman. Ma’soem juga ingin berbagi keberhasilan dengan orang lain serta memberikan manfaat jangka panjang. 


Referensi Kampus Jurusan Agribisnis di Bandung
Gambar: masoemuniversity.ac.id
Hingga pada akhirnya pada tahun 1986 didirikanlah Yayasan Pendidikan Al Ma'soem yang bertujuan mendidik anak bangsa dengan motto: "Cageur-bageur-pinter".


Jususan Agribisni di Bandung salah satunya ada di Ma'soem University


Dari yayasan tersebut lahirlah sebuah kampus yang menurut saya terbaik di kelasnya, karena sangat berpegang pada nilai-nilai Islam, yakni Ma'soem University. Di kampus itu terdapat banyak sekali program studi yang bisa menjadi pilihan buat kalian calon mahasiswa. Salah satunya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. 

Yup... Bener banget... Ngobrolin Jurusan Agribisnis di Bandung.


Referensi Kampus Jurusan Agribisnis di Bandung
Gambar: masoemuniversity.ac.id
Menurut Wikipedia, Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan. Agribisnis, dengan perkataan lain, adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. 

Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. Dalam konteks manajemen agribisnis di dalam dunia akademik, setiap elemen dalam produksi dan distribusi pertanian dapat dijelaskan sebagai aktivitas agribisnis. Namun istilah "agribisnis" di masyarakat umum seringkali ditekankan pada ketergantungan berbagai sektor ini di dalam rantai produksi.


Kenapa Harus Memilih Jurusan Agribisnis di Bandung?


1. Kondisi Bandung Yang Sangat Mendukung

Indonesia dikenal dengan kekayaan alam dan sumberdaya yang berlimpah. Kekayaan alam mendukung Indonesia menjadi salah satu negara penghasil komoditi pangan besar di dunia. Terlebih Bandung dikenal sebagai Kota Kembang, dimana kondisi tersebut sangat cocok untuk mengembangkan sektor pangan. Yakin gak mau ikut andil mengembangkan sektor ini?

2. Menghasilkan Komoditi Yang Selalu Dibutuhkan

Kebutuhan pangan adalah kebutuhan pokok setiap inividu. Artinya akan selalu dibutuhkan selama individu itu hidup. Menjadi lulusan jurusan Agribisnis bisa membuatmu menjadi pelopor pangan di Indonesia khususnya di Bandung, baik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan sebagainya.

3. Anak IPA Banget

Kamu anak SMA jurusan IPA? Jika iya, berarti selamat ya.. Karena Ma'soem University menghadirkan jurusan Agribisnis dan Teknologi Pangan yang cocok buat ngembangin minat dan bakat kamu di bidang Biologi. Kampus ini bisa menjadi referensi buat kamu mendalami dunia bisnis tanpa meninggalkan cintanya terhadap lingkungan alam.

4. Peluang Besar Masuk Jurusan Agribisnis

Ketika jurusan di kampus kurang diminati apa yang ada dibenak kalian? Apakah langsung berpikiran bahwa akan sulit mencari pekerjaan?. Tunggu dulu.. Sepertinya ada kesalahan cara pandang dalam hal ini. Padahal, peluang kerja yang dijanjikan sangat besar tetapi luput dari pengamatan. Justru ketika kita akan memilih kampus dengan jurusan yang peminatnya sedikit itu menjadi keuntungan karena kemungkinan masuknya pun menjadi besar. Terlebih jika jurusan Agribisnis ini menjanjikan pekerjaan cukup bergengsi dikemudian hari.

5. Menjadi Seorang Entrepreneur

Kata siapa jurusan Agribisnis akan membuat Kamu menjadi petani di sawah? Agribisnis akan mengajarkan ilmu sosial ekonomi petranian yang bisa membuatmu jadi seorang pengusaha muda. Saat orang lain sibuk mencari kerja, Kamu bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Keren, bukan?

6. Prospek Masa Depan Cerah

Selain peluang menjadi pengusaha muda dibidang pertanian, karir lulusan Agribisnis juga bisa berpeluang sukses. Ada banyak prospek kerja yang menunggu seperti penyuluh pertanian, pengembangan SDM, manajer lapangan dan lain sebagainya.

7. Gaji Atau Penghasilan Besar

Alasan memilih jurusan Agribisnis adalah memiliki kehidupan yang layak nanti. Pasalnya, jurusan ini bisa membuatmu menjadi seorang yang memiliki jabatan keren di pemerintahan atau pengusaha muda. Tentu gaji atau penghasilan yang diberikan sangat besar.

8. Pengembangan Usaha Maksimal

Coba bayangkan ilustrasi berikut! kamu menjadi seorang yang mengembangkan produk peternakan mulai budidaya hingga proses menghasilkan komoditi yang dijual atau diimpor ke luar negeri misalnya daging sapi. Sisa proses seperti kulit bisa dimanfaatkan menghasilkan barang bernilai jual lain. Kamu bisa menghasilkan banyak sekali produk loh!

9. Mempelajari Banyak Hal Sekaligus

Di jurusan Agribisnis, kamu bakal mempelajari sistem bisnis, ekonomi, pemasaran produk hingga mengelola lingkungan alam. Tidak hanya sekedar mencari untung semata namun turut serta melestarikan alam. Di sini kebermanfaatan kita sebagai insan yang cerdas menjadi kebanggaan tersendiri.

10. Menjadi Pribadi Produktif

Jika seorang mahasiswa lulusan Kedokteran pasti menjadi dokter maka kamu bisa menjadi orang yang lebih produktif. Mata kuliah yang mencakup banyak hal di jurusan Agribisnis bakal memberikan pelajaran penting. Bisa jadi, Kamu akan menciptakan produk baru yang dibutuhkan masyarakat selain menjadi pengusaha. Menarik, bukan?

Itulah Referensi Kampus Jurusan Agribisnis di Bandung khususnya, umumnya di Indonesia. Setelah menyimak ulasan di atas semoga bisa menjawab segala keraguan kamu tentang Jurusan Agribisnis dan Teknologi Pangan yang sebenarnya sangat prospektif jika diamati secara menyeluruh. 



Buat teman-teman yang ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Agribisnis dan Jurusan Teknilogi Pangan di Bandung bisa langsung mendaftar ke Ma'soem University yang beralamat di bawah ini:


👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 
Jawa Barat - Indonesia

Telpon : 022 7798340
Website : https://masoemuniversity.ac.id
👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

VISI & MISI MA'SOEM UNIVERSITY


VISI: 

Menjadi penyelenggara pendidikan di bidang agribisnis terbaik menuju komunitas akademik peringkat nasionaldengan karakter cageur, bageur, pinter pada tahun 2039


MISI: 

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi untuk menghasilkan ilmuwan, praktisi industri dan wirausahawan yang profesional dalam bidang teknologi pangan

2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi dalam bidang pangan

3. Ikut berperan aktif dalam pengabdian kepada masyarakat dengan menyebarluaskan aplikasi teknologi pangan untuk mendorong dan membantu perkembangan industri kecil, menengah dan besar

4. Bekerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi dalam dan luar negeri.

0 komentar

Post a Comment