Ini Dia 6 Faktor Terbesar Pemicu Kanker Serviks, Bisa Jadi Anda Salah Satunya




HPV atau yang dikenal sebagai Human Pappiloma Virus merupakan virus yang menyebabkan penyakit kanker. Ini adalah pembunuh yang paling mematikan di dunia, apalagi banyak sekali jenis-jenis kanker yang dapat menyerang manusia, mulai diantaranya adalah kanker payudara, kanker kulit dan salah satu jenis yang paling rentan menyerang wanita adalah kanker serviks atau leher rahim. Mungkin sudah banyak yang tidak asing dengan hal yang satu ini, mengingat angka kematiannya semakin lama juga kian mengalami peningkatan.

Sering kali penderita kanker leher rahim ini tidak menyadari bahwa mereka sudah terserang penyakit tersebut, hal inilah yang kemudian membuatnya terlambat dalam mendapatkan pengobatan. Karena pada dasarnya kanker tersebut baru terdeteksi ketika sudah memasuki tahap kronis atau parah, tentunya pengobatan yang dilakukan tidak akan berdampak serius untuk menolongnya bukan. Adapun beberapa hal yang tanpa disadari sering dilakukan dan dapat memicu penyakit ini, diantaranya adalah:

  1. Melakukan hubungan seksual terlalu dini, yaitu dengan rentan usia di bawah 17 tahun, nyatanya ini sangat berbahaya, karena akan menyebabkan infeksi dari virus HPV kian mudah, apalagi sekarang ini banyak diantara remaja yang belum mendapatkan vaksinasi virus HPV, sehingga organ reproduksi akan semakin rentan terkena penyakit tersebut.
  2. Sering kali bergonta-ganti pasangan, bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan seksual nantinya akan mempermudah penularan virus HPV, karena tanpa disadari bisa jadi satu pasangan membawa bibit virus tersebut dan nantinya akan ditularkan kepada pasangan yang lainnya, sehingga semuanya terkena kanker serviks
  3. Merokok, sudah bukan rahasia lagi jika seandainya rokok ini adalah bahan yang memiliki banyak sekali kandungan senyawa berbahaya atau racun di dalamnya, bahkan sudah ada peringatan dalam setiap label kemasan bahwa rokok bisa menjadi penyebab kanker. Khususnya adalah kanker serviks sel skuamosa yang paling umum terjadi pada perokok.
  4. Kekebalan tubuh yang lemah, tidak semua orang dewasa memiliki sistem imuns yang baik, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat atau jarang berolahraga, maka menyebabkan sistem imuns lemah. Kondisi semacam ini nantinya akan membuat seseorang mudah sekali terserang penyakit.
  5. Memiliki riwayat penyakit menular seksual, jika sebelumnya seorang wanita sudah pernah terjangkit penyakit menular seksual, maka nantinya akan semakin mudah baginya untuk terserang kanker serviks.
  6. Menggunakan alat kontrasepsi dalam jangka waktu panjang, pemakaian alat kontrasepsi baik itu dalam bentuk obat oral ataupun juga obat suntikan dalam kurun waktu 5 tahun, nantinya meningkatkan resiko seseorang terkena kanker serviks.

Untuk itu mulai dari sekarang lakukan vaksinasi virus HPV ini, lebih baik mencegah dibandingkan dengan mengobatinya bukan.

2 komentar:

  1. Anonymous6/23/2019

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hatur nuhun boy.... Kajeun nya ah ngacaprak oge, bae da ente sarua teu ngarti kana Basa Sunda.

      Delete