5 Tanda Mau Melahirkan Yang Musti Diketahui - Anwariz.com

5 Tanda Mau Melahirkan Yang Musti Diketahui




Bunda yang sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya, terkadang masih bingung untuk mendeskripsikan apa sih tanda mau melahirkan yang sebenarnya. Ini karena terlalu bnyak tanda awal kelahiran  yang kadang mudah disalah artikan. Seperti saja saat bunda merasa ada kram di perut, apakah ini tanda kontrksi atau karena makan pedas semalem ya? Apakah barusan yang keluar air ketuban yang pecah atau air urin ya?. Nah agar bunda tidak cemas dan bingung, ada baiknya mengenali tanda umum yang menunjukkan bahwa bayi akan segera lahir. Penasaran? Berikut 5 tanda mau melahirkan yang musti diketahui.

1.    Ketuban Pecah
Mungkin bunda merasa khawatir saat ketuban pecah sedangkan posisi sedang di kantor tau bepergian. Namun yang perlu bunda ketahui adalah bahwa saat ketuban pecah, bunda hanya akan merasa seperti ada sesuatu yang bocor namun bukan air yang mengalir deras karena biasanya kepala bayi akan menyumbat jalannya ketban untuk bocor dalam jumlah yang banyak. Dalam kondisi ini, 80% wanita dapat langsung melahirkan dalam kurun waktu 12 jam setelah ketuban pecah. Dan jika bayi tidak segera dilahirkan dalam kurun waktu tersebut, perlu dilakukan induksi untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi.

2.    Kontraksi yang Kuat dan Berulang
Rasa sakit saat proses persalinan tida akan berkurang sebelum bayi benar-benar keluar dari rahim. Bahkan rasa sakit tersebut akan semakin bertambah dan lebih parah hingga proses melahirkan selesai. Nah jika kontraksi itu terasa sejenak llu hilang dengan sendirinya, bisa jadi itu bukanlah pertanda melahirkan atau kontraksi palsu. Biasanya kontraksi dirasakan yang dirasakan ketika hendak melahirkan adalah kontraksi seolah-olah ada sabuk ketat yang mengikat mulai dari area punggung dan menyebar hingga kebagian perut yang membuatnya terasa kencang.

3.    Ada Bercak yang Keluar dari Miss V
Selama masakehamilan, serviks akan menutup karena tersumbat oleh lendir. Ini merupakan cara alami untuk melindungi bayi dari infeksi. Namun saat kamu akan melahirkan, serviks akan melebar dan melunak yang menyebabkan semya lendir yang menyumbatnya dapat keluar dengan sendirinya. Nah saat pembuluh darah pecah dan serviks terbuka, akan muncul bercak seperti keputihan namun berwarna merah. Jika hal itu terjadi, proses persalinan akan terjadi dalam kurun waktu beberapa jam, hari, bahkan minggu kemudian. Karena itu adalah tanda awal bahwa serviks sedang mengalami perubahan.

4.    Mengalami Diare
Pada awal proses kelahirna, tubuh akan mengeluarkan prostaglandin/ senywa yang terdapat dalam kelenjar kelamin pria dan wanita. Nh senyawa ini akan membuat uterus kontraksi dan melunakkan serta melebarkan serviks dengan alami. Namun perlu diketahui pula bahwa prostaglandin juga bisa menstimulsi isi perut yang menyebabkan seringanya buang air besar bahkan diare.

5.    Rasa Sakit yang Amat Sangat di Bagian Punggung
Sebagian ibu yang akan melahirkan akan mengalami yang namanya back labor. Dimana rasa sakit dibagian punggung terasa sangat menyikas. Bunda biasanya akan merasakan rasa sakit punggung selama kehamilan. Namun jika rasa sakit itu sudah sangat menyiksa dan tak bisa ditahan lagi, ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa bunda akan segera melahirkan.

Itulah 5 tanda mau melahirkan yang musti diketahui dan sangat penting untuk memastikan bahwa bunda dapat melakukan antisipasi dan mendapatkan penanganan yang tepat pada saat ini. Ada baaiknya bunda selalu ditemani oleh keluarga atau teman dekak saat sudah mendekati waktu melahirkan.



No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!