Thursday, September 14, 2017

Wajib Baca! Manfaat Utama Memberi (Sedekah) Kepada Sesama

Manfaat Sedekah atau Berbagi Terhadap Sesama

Semangat pagi sahabat Anwariz Blog dimana saja Anda berada, semoga senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat serta berada dalam lindunga Allah SWT. Pada kesempatan kali ini saya mengangkat tema "SEDEKAH" dalam postingan yang terinspirasi dari seorang pria dewasa beberawa saat lalu sebelum tulisan ini dibuat. Sebelum kisah nyata ini dilanjutkan alangkah baiknya kita simak dulu definisi sedekah dibawah ini.

keutamaan sedekah kepada sesama

Definisi Sedekah menurut Wikipedia Indonesia; Sedekah (Bahasa Arab:صدقة; transliterasi: sadakah) adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadis digambarkan, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.”

Mari lanjut lagi kisah seorang pria tadi... 

Beliau memberikan secarik kertas, sambil mengatakan "Seikhlasnya saja bang... Sukarela saja". Tanpa pikir panjang saya merogoh saku celana, mengambil uang kemudian langsung diberikan saja tanpa melihat berapa rupiah. 

Sekalipun pria tersebut tampak sehat, segar bugar, bahkan belum begitu tua menurut saya (mungkin Anda mengerti maksud saya, bukan?). Tapi bukan itunya yang akan saya bahas kali ini melainkan isi dari secarik kertas tersebut. Isinya seperti ini...


Beberapa Manfaat Berbagi atau Sedekah


1. Mengundang datangnya rezeki. Memberikan berkah pada harta yang ada pada kita, menjauhkan daripada bala bencana, serta menambah keuntngan. Seperti pernyataan Khalifah Ali Bin Abi Thalib, “Pancinglah rezeki dengan sedekah”.

2. Dapat menolak bala. Menjauhkan dari api neraka dan melepaskannya dari kepicikan dunia akhirat. Menjadi naungan di hari kiamat nanti.

3. Dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Menghilangkan kesalahan dan membersihkan kecemasan serta mensucikan dari dosa.

4. Dapat memperpanjang usia dan menunda kematian.

5. Sedekah dapat mendatangkan pertolongan yang diperlukan dalam setiap usaha yang kita kerjakan.

6. Sedekah dapat meruntuhkan segala benteng setan dan mematahkan kekurangan mereka.

7. Sedekah memupuk cinta kasih terhadap sesama.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat Az-Zalzalah ayat 7-8; “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarrah pun, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya ia akan melihat (balasannya) nya pula.”

Tuhan tidak lupa, tidak mengantuk, tidak tidur, tidak repot untuk memperhatikan perbuatan baik hamba-Nya, walaupun perbuatan baik itu nilainya tak seberapa bahkan sebesar atom. Setiap kebaikan akan dibalas sesuai kehendak Tuhan, ada yang dibalas 10 kali hingga 700 kali lipat. Betapa Maha Pemurahnya Tuhan (Allah Subhanahu Wata’ala) terhadap makhluknya.

Baca juga:

“Maka beruntunglan bagi orang yang Allah menjadikan kunci-kunci kebaikan lewat kedua tangannya, dan celaka bagi orang yang Allah Subhanahu Wata’ala menjadikan kunci-kunci kejahatan lewat kedua tangannya.” (HR. Ibnu Majjah)

Sabda Nabi Muhammad SAW. tentang sedekah:
“Jagalah harta kamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan sedekah dan hadapilah segala cobaan atau bahaya dengan doa serta tawadhu (kerendahan hati)”.

Wasiat Nabi Muhammad SAW. kepada Sahabat Ali:
“Wahai Ali! Sedekah yang sembunyi-sembunyi itu dapat mereda murka Allah dan dapat menarik rezeki serta berkah yang banyak. Maka berpagi-pagilah kalau bersedekah. Karena sesungguhnya bahaya itu turun pagi hari, sebelum bahaya turun, bersedekahlah sehingga dapat menolak bahaya di udara”. (HR. Ali Bin Abi Thalib).

Dari Rafi’ bin Makiits, dan dia termasuk orang yang datang pada Hudaibiyah:
“Bahwa Rasulullah bersabda: “Baik hati menambah (kebaikan), buruk akhlak itu kemalangan, dan berbuat baik itu menambah umur, dan sedekah itu memelihara dari bentuk mati buruk”.

Maka sedekah merupakan penolak yang terbaik terhadap malapetaka, dan pencegah terbesar terhadap keburukan dan semua ini atas izin Allah SWT. Karena pada hakikatnya Allahlah yang mencegah dan memberi manfaat. Sedangkan sedekah ataupun bentuk amal lainnya hanya sebab-sebabnya saja. Oleh sebab itu apabila malapetaka dan kejelekan itu dengan qadha Allah dan takdir-Nya, meka sedekah dapat menolah malapetaka dan kejelekan itupun dengan qadha Allah dan takdir-Nya. Beginilah Nabi Muhammad SAW. memberi tahu kita.

Bahwasannya sedekah itu dapat mencegah malapetaka. Memperbanyak sedekah dapat menghadirkan keluasan rezeki, mencapai beberapa maksud dan dapat menjadi sebabnya kemenangan, kejayaan, kesembuhan serta memperoleh apa yang diharapkan.

Sebelum bahasan tentang Manfaat Utama Sedekah ini kita akhiri, saya secara pribadi ingin mengajak Sahabat Anwariz untuk sedikit demi sedikit membiasakan amalan bersedekah kerana dengan bersedekah selain manfaat di atas juga akan mendapat ganjaran pahala yang besar. Contoh terbaik dalam bersedekah adalah Nabi Muhammad SAW. Rasul sering kali memberikan makanannya kepada golongan miskin sehingga Rasul sendiri kerap merasakan lapar. Rasulullah sangat takut jika di rumahnya terdapat hanya sedikit saja harta atau makanan yang belum dibagikan. Bahkan pakaian Rasul sendiri terbuat dari bahan kasar dan berharga paling murah.  Beliau memang teladan (uswatun hasana) yang baik bagi pengikutnya. Semoga kita termasuk di dalamnya. Aamiin

Jangan lupa share artikel sedekah membawa berkah ini kepada teman-teman Anda di media sosial atau ditempat yang baik. Terimakasih
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner