Saturday, July 22, 2017

Motivasi Menulis dari Penulis Hebat Dunia Ini Bisa Membakar Semangat Berkarya

Anwariz.com - Motivasi Menulis dari Penulis Hebat | Tak jarang para penulis kenamaan baik di Indonesia mupun penulis mancanegara memberikan kalimat-kalimat terbaiknya sebagai motivasi kepada penulis pemula. Karena saking banyaknya motivasi menulis dari penulis hebat tersebut, saya yakin Anda pernah membacanya walau sekali saja. Sudah pernah ditulis bukan berarti tidak boleh ditulis ulang, selagi kita punya gaya tersendiri dalam menyampaikan pesan kepada orang lain kenapa tidak?
motivasi jadi penulis hebat
Motivasi Menulis: Nasehat Penulis Hebat Dunia, sumber di sini
Profesi penulis mulai dari zaman dulu hingga orang menyebutnya kekinian pun masih tetap ada saja nasehat yang disampaikan. Misalnya orang-orang pandai menulis pada era kenabian, seperti Sahabat Ali Bin Abi Thalib r.a., dari kalangan ulama besar ada Imam Al-Ghazali, penulis era modern dari mancanegara sebut saja diantaranya J.K Rowling. Sedangkan penulis lokal tempo dulu ada Hamka, Pramudya Ananta Toer yang sudah banyak memberikan motivasi bagaimana menulis dan menjadi penulis. Sedangkan pada era kekinian ada banyak diantara ribuan penulis hebat, Raditya Dika, Andrea Hirata, Asma Nadia, Habiburrahman El Shirazy, Dewi Lestari dan masih banyak lagi... In Sya Allah Cepi Ali Anwari akan menjadi salah satunya di masa mendatang. (Aamiin-kan via kolom komentar yaaa.. :D)


foto imam al ghazali
Ilustrasi Imam Al-Ghazali
Mereka adalah orang-orang hebat yang memiliki jiwa sosial tinggi lewat karya-karyanya. Sebagai contohnya Imam Al-Ghazali (ulama termahsyur) menulis banyak buku dan sampai sekarang masih digunakan sebagai rujukan serta masih relevan dengan kondisi saat ini. Kenapa hal itu bisa terjadi, sedang pada masa lampau teknologi kepenulisan tidak secanggih saat ini, bukan?. Salah satunya karena mereka memiliki tekad kuat membagikan ilmunya lewat media tulisan dalam segala keterbatasan.
Jika dulu menulis itu susah, beda halnya zaman sekarang. Menulis bisa dilakukan dimana dan kapan saja selama ada kemauan dibantu oleh hadirnya teknologi Internet. Hal tersebut menjadi poin penting bagi kelangsungan penulis-penulis pemula, seperti saya. Sebab, terdapat kemudahan saat mencari sumber-sumber bacaan, referensi bahan tulisan lewat laman-laman online di browser. Ternyata teknologi memang banyak membantu kehidupan manusia selama digunakan dijalur yang positif.

Terkait: Belajar Menulis Dengan Hati

Dibalik semua cerita di atas, masih ada harta karun tak ternilai harganya dari penulis-penulis hebat seperti beliau-beliau tersebut. Benar sekali... Inti sari judul artikel ini memang tentang nasehat penulis hebat untuk penikmat karya tulis. Apa saja motivasi menulisnya? Mari kita simak satu per satu mulai dari masa lampau;

Ali Bin Abi Thalib r.a.

“Ikatlah ilmu dengan menulis”.

Imam Al-Ghazali

“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”.

Fatimah Mernissi
    
"Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa"

Barbara
    
“Menulis merangsang pemikiran, jadi saat anda tidak bisa memikirkan sesuatu untuk di tulis, tetaplah mencoba untuk menulis”.

Stephen King 
    
“Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan nafas hidupnya.”
    
“Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya”.
    
“Ketika seorang penulis hanya menunggu, maka sebenarnya ia belum menjadi dirinya sendiri”.

“Kita tidak harus menunggu datangnya inspirasi itu kita sendirilah yang menciptakannya”.


Pramoedya Ananta Toer 
    
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”.

J.K. Rowling
“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”.

Kuntowijoyo
   
“Syarat untuk menjadi penulis ada tiga, yaitu: menulis, menulis, menulis”.

Hernowo 
“Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik".

Nasehat Penulis Hebat (Kompilasi) Sebagai Motivasi Menulis untuk Pemula

nasehat penulis hebat
Nasehat Penulis Hebat, image by kompasiana.com

“Seorang penceramah akan menginspirasi orang-orang dalam ruangan. Seorang penulis mampu mampu menginspirasi seluruh dunia disaat yang bersamaan. Dan berlangsung ber abad-abad”.

“Buku adalah sahabat orang-orang berilmu. Saat mereka berdiskusi dengan bukunya, mereka diam-diam mengagumi dan mendoakan penulisnya”.

“Anda tak selamanya bisa berbicara, tak selamanya bisa bergerak membantu orang. Tapi tulisan yang anda tulis akan selamanya mampu dimanfaatkan orang”.

“Sebuah tulisan yang menggugah, akan menjadi amal yang tak mampu anda hitung jumlahnya”.

“Pada zaman dulu, kita tidak wajib untuk belajar menulis. Tapi di zaman modern ini, apakah ada alasan menyakinkan untuk tidak perlu pintar menulis?”.

“Seorang penulis adalah pembicara yang mampu menembus ruang dan waktu”.

“Belajar menulis hampir sama dengan belajar berbicara. Awalnya kita berbicara dengan kaku, sekarang kita mampu berbicara dengan cepat dengan ide yang mengalir bebas”.

Baca juga:
Cara Praktis Menjadi Penulis Hebat

“Kunci keahlian menulis adalah mulai menulis. Dan kunci memulai menulis adalah menulis kalimat pertama”.

“Cukup tulis apa yang anda pikirkan. Mengenai bagus tidaknya, anda bisa memperbaiki di kemudian hari”.

“Selembar artikel yang anda tulis hari ini, bisa jadi menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di masa mendatang”.

“Buku selalu disanjung-sanjung oleh orang-orang berilmu. Itulah sebabnya penulis mampu mengubah dunia”.

“Tulisan yang anda tulis hari ini akan menyemangati diri anda yang sedang bersedih di masa depan”.

“Dijaman teknologi ini, jutaan alasan baru untuk segera menulis tercipta”.

“Menulis akan menambah pengetahuan anda, dan juga menjaga ilmu anda agar tidak hilang”.

“Anda tidak akan mampu menghitung jumlah orang yang anda bantu melalui satu buku bermanfaat yang anda tulis”.

“Kita mampu menjadi ilmuan meskipun tanpa sekolah, tapi tidak tanpa tulisan”.

“Jika hari ini anda pintar menulis, itu akan menjadi salah-satu kemampuan yang paling anda syukuri. Di masa mendatang”.

Nah, kurang lebihnya seperti itulah nasehat penulis hebat untuk dijadikan dorongan tersendiri sehingga meningkatlah semangat serta kemampuan menulis kita. Saya yakin dulu mereka juga seperti saya yang menulis asal-asalan, asal terlintas dikepala itu yang dituang kedalam sebuah karya tulis. Tapi lihat mereka sekarang, you know... Mereka adalah Penulis Hebat!

Tak terasa sudah paragraf terakhir, selamat menulis. Tetap berdoa dan mendekat kepada Tuhan, sebab semua potensi, inspirasi, kehendak yang mengatarkan Anda pada posisi saat ini hakikatnya bermuara kepada-Nya. Jangan lupa doa terbaik untuk saya lewat kolom komentar yaa... Share!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner