7 Tips Sederhana Mencari Inspirasi (Ide) Menulis di Blog

tips mencari ide tulisan di blog
Temukan inspirasi menulismu via rocketnews.com
anwariz.com - Dalam dunia ngeblog tentu sangat erat kaitannya dengan tulis menulis. Dalam artian suatu tulisanlah yang menjadi inti utama atau jantung dari hidupnya sebuah blog. Jika blog semakin banyak tulisan didalamnya makan semakin terkenal pula blog tersebut, begitupun sebaliknya jika malas memerbaharui postingan blog akan semakin redup dan tenggelam di SERP mesin pencarian. Pertanyaannya, dari manakah bisa menemukan ide sumber tulisan dalam blog tersebut?



Pada dasarnya banyak sekali sumber tulisan di sekitar kita yang kemudian bisa dijadikan ide baru untuk update informasi di blog, diantaranya simak dibawah ini;

1. Buku atau majalah

Untuk jenis blog berisi konten tutorial dan tips-trik menggunakan/melakukan sesuatu hal, maka tidak ada salahnya menggunakan buku dan majalah relevan sebagai salah satu sumber dan referensi dalam menulis sebuah postingan blog. Dengan begitu, konten tutorial blog akan semakin diperkuat oleh sumber referensi terpercaya dari buku dan majalah sehingga tingkat kepercayaan pembaca semakin meningkat.

2. Google trends dan trend sosial media

Jika ingin mengetahui apa saja berita terhangat di dunia maya yang sedang banyak diperbincangkan netizen, cobalah buka fitur Google Trends dengan begitu Anda akan mengetahui informasi info yg benar-benar sedang ngetrend. Begitu pula tulisan blog nantinya lebih mudah mengikuti trend terbaru di dunia maya. Jadi jangan heran jika tulisan Anda menjadi serbuan pembaca karena tampak lebih relevan dengan isu saat ini.

3. Forum diskusi blogging
Ketika mengunjungi suatu forum disana akan disajaikan berbagai tulisan/artikel/postingan sesuai katogeri forum tertentu. Jika sudah berada disana tugasnya cukup mudah, cukup baca saja beberapa tulisan menarik sekiranya bisa menjadi sumber referensi buat postingan di blog, kemudian ambil gagasan utamanya dan modifikasi menggunakan gaya bahasa blog Anda sendiri. Hal tersebut diperbolehkan, mendaur ulang postingan orang lain namun pastikan tidak copy paste.

4. Blog Walking (Berkunjung ke blog lain)

Biasanya dalam sebuah posting tertentu terutama yang berbau tutorial ada kalanya beberapa pengunjung menanyakan beberapa pertanyaan yang meski tidak menyinggung langsung tetapi berkaitan dengan posting yang kita bahas. Nah, komentar tersebut dapat menjadi sumber penulisan postingan kita dengan memberikan jawaban dalam bentuk postingan pada waktu berikutnya.

5. Portal berita digital

Sumber berikutnya dapat kita peroleh dari situs warta digital yang sekarang ini banyak beredar. Cara kerjanya sama dengan sumber yang berasal dari forum, kita hanya mendaur ulang postingan yang sudah pernah ada dan dimunculkan dalam situs tersebut.

6. Modifikasi judul headline berita dunia

Sudah barang tentu judul pada majalah berita dunia pastinya sangat laku di buru pencari berita. Tugasnya hanya memodifikasi judulnya kemudian mencari referensi dari judul yang sudah dimodifikasi tadi. Sebagai contoh;

10 Warning Signs That You Chose the Wrong Blog Topic
Do You Make These 7 Mistakes When You Write?


Bisa di ubah menjad;

10 Tanda Peringatan Bahwa Anda Memilih Baju yang Salah
Apakah Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini Saat Berolaraga?

Coba berpikir terbuka ketika hendak memodifikasi judul-judul headline itu. Jangan dulu dipusingkan seperti apa isinya, karena hanya akan menyulitkan saat pemilihan judul. Baru setelah menemukan judul terbaik, mulailah memadukan dengan isi artikel berkualitas. Tentunya akan menjadi perbaduan judul dan isi saling menguatkan.

7. Berkeliling di sekitar rumah

Jika ke enam cara di atas masih belum memberikan Anda pencerahan tentang tulisan terbaru, mulailah untuk berjalan-jalan santai ke luar rumah, berkeliling menikmati udara segar. Tak peduli apapun kegiatan diluar sana, cobalah lihat keadaan di sekitar. Amati dan perhatikan secara seksama aktivitas di sekeliling Anda. Percaya atau tidak, kejadian sederhana di luar sana bisa membuat Anda kebanjiran ide tulisan. Saatnya membuktikan sendiri!

Setidaknya tujuh sumber inspirasi menulis di blog tersebut dapat Anda gunakan untuk menulis sebuah postingan terbaru di blog. Kita juga perlu memperhatikan kesesuaian tulisan yang kita buat dengan topik yang kita usung dalam blog kita. Perhatikan juga jenis tulisan yang akan kita pakai dalam menulis. Jangan sungkan menambahkan sumber ide menulis di kolom komentar yaa... Selamat mencoba!

0 komentar

Post a Comment