Cara Memasang Lantai Kayu Sendiri


Setiap jenis lantai memiliki cara tersendiri untuk memasangnya sebagai alas rumah anda. Pemasangan untuk jenis lantai yang terbuat dari bahan kayu tentunya akan berbeda teknik dengan pemasangan lantai jenis lainnya seperti keramik ataupun marmer.
Hal ini terjadi karena setiap jenis lantai memiliki pola ataupun tekstur yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan satu sama lain dalam pemasangannya. Normanya untuk memasang lantai perlu dilakukan oleh orang-orang yang memang memahami hal tersebut sebagai contoh tukang bangunan.
Namun jika anda ingin mencoba memasang lantai sendiri pun bisa anda lakukan dengan membaca langkah-langkah memasang lantai pada artikel ini. Artikel yang akan saya share ini khusus memberikan penjelasan mengenai pemasangan lantai kayu saja. Seperti apa caranya meri kita baca lebih dalam lagi.
  • Langkah pertama adalah tentukan pemasangan lantai seperti apa yang akan anda terapkan. Semisal yang akan kita bahas adalah parket lurus. Maka tahapan yang pertama adalah aturlah parket/lantai kayu dengan sisi lidah menghadap tengah ruangan. Jangan lupa beri jarak antara lantai dengan dinding.
  • Kemudian mulai buatlah pola sebagai jembatan awal pemasangan lantai kayu pada pembatasan. Setiap sudut dicocokkan dengan material yang tersedia.
  • Setelah mencapai pemasangan lantai kayu baris kedua, kuncilah lidah dan alur serta tekan material tersebut secara bersamaan.
  • Tahap Blind Naill atau sering disebut Baris kuku buta melalui lidah dan ulangi proses tersebut hingga anda dapat menggunakan alat Nialer. Jika mau menggunakan nialer, pastikan lantai terlindungi.
  • Jika sudah mencapai pada baris paling akhir, mulailah dengan memaku menggunakna tangan. Jangan lupa gunakan juga sedikit lem kayu untuk lidah dan masukkan potongan dengan bar dan sepotong kayu bekas untuk melindungi dindingnya.
Itu dia beberapa langkah atau tahapan dalam memasang lantai kayu, yang mungkin bisa anda coba jika anda ingin memasang lantai secara mandiri. Dengan demikian harga lantai kayu yang Anda pasangpun semakin murah. Namun saran saya tetap menggunakan jasa pemasang lantai rumah. Tentunya supaya hasilnya pun jauh lebih rapi dan bagus.

0 komentar

Post a Comment