Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Bagi Pengangguran

Penghasilan Bagi Pengangguran, Anwariz.com - Pada zaman sekarang tentunya sudah sedikit anak yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD), dengan diwajibkannya pendidikan sembilan tahun tentu minimal pendidikan adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP), setidaknya pula perkembangan zaman menuntut kita bersekolah minimal sampai Sekolah Menengah Atas (SMA)  untuk bisa diterima kerja disuatu perusahaan, karena dengan usia lulusan SMP yang masih kisaran usia 15 tahunan sedikit sekali lowongan pekerjaan yang menerima pekerja di bawah usia 18 tahun terlebih lulusan SMP, selain dianggap masih kanak-kanak, wawasannya pun masih dianggap kurang luas. 
cara dapat penghasilan tambahan bagi pengangguran
Penghasilan Tambahan Bagi Pengangguran via ayopreneur.com
 Bagi mereka yang mempunyai izasah Perguruan Tinggi (PT) atau Universitas tentunya izasah yang didapatkan merupakan harapan untuk meraih cita-cita dan masa depan yang jauh lebih baik, namun pada kenyataannya jalan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan memang berbeda-beda, ada yang mudah ada pula yang membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. 

Cara Mendapat Penghasilan Ditengah Sulitnya Mencari Pekerjaan (Menganggur) 


Berbagai usaha tentu telah kita lakukan mulai dari bersekolah sampai selesai (sesuai kemampuan masing-masing) dan tidak lupa berdoa kepada Yang Kuasa dan meminta doa dari orang tua serta keluarga kemudian mencari pekerjaan dengan melamar kesana-kemari. Keberuntungan seseorang tidaklah sama, bagi mereka yang sulit atau belum juga mendapat pekerjaan jangan sampai putus asa dan tidak pula berkecil hati dengan izasah yang kita miliki (lulusan apapun itu), tetaplah semangat dan optimis bahwa Tuhan telah menetapkan rizki buat setiap orang dan kita hanya mencari cara yang tepat bagaimana menjemut rizki tersebut. 


Tunjukkan pada keluarga bahwa kita mampu membanggakan mereka, terutama bagi mereka yang mempunyai adik jadilah contoh yang baik agar adik kita tidak patah semangat untuk menuntut ilmu. Apabila kita belum mendapat panggilan kerja juga, sambil menunggu panggilan kerja yang sesuai dengan cita-cita dan harapan kita inilah beberapa cara mendapat penghasilan walau pekerjaan tetap masih belum didapat (menganggur):

1. Niatkan dalam hati untuk bekerja dan mendapat penghasilan dengan cara yang baik.

2. Hilangkan rasa ego dan gengsi yang berlebihan, karena hidup bukan hanya sekedar bergaya dan gengsi-gengsian. Hidup itu nyata dengan segala kebutuhan yang mengikutinya.

3. Sabar dalam menanti keberhasilan, karena usaha awal tidak langsung menghasilkan hasil yang banyak atau memuaskan.

4. Galilah potensi atau bakat kita walaupun yang tidak sesuai dengan jalur pendidikan kita (lulusan apapun bisa) contohnya memasak, jika kita hobi memasak misal membuat olahan dari tepung terigu seperti sistik/pangsit dengan berbagai rasa, makaroni goreng yang hanya tinggal menggoreng dan menambahkan berbagai rasa, kemudian kita titipkan ke warung-warung atau tempat bakso, memang dengan hanya bermodal tiga puluh ribu saja keuntungan  yang didapatkan pun hanya lima belas ribu rupiah tapi itu baru awalnya saja, setelah keuntungan kita sisihkan kembali menjadi modal, maka keuntungannya pun bertambah lagi. Bagi mereka yang memiliki teman banyak, media sosial akan lebih luas lagi dalam memasarkan dagangannya. Bagi kita yang hobi bernyanyi, masuklah ke grup bernyanyi yang biasa tampil menghibur dari panggung ke panggung sebuah acara. 

Terkait:
Penghasilan Tambahan Jadi Penulis Lepas



5. Carilah teman-teman yang berjualan pakaian atau barang apapun itu kemudian kita ajukan diri untuk menjualkan barang mereka, tentunya ini hanya bermodal kepercayaan dari teman kita, maka dengan itu jagalah kepercayaan itu baik-baik. tanpa mengeluarkan modal kita bisa berjualan yang artinya menjual barang milik teman, maka dengan itu usahakan janganlah kita mengkreditkan barang jualan kita, dan apabila sistem jualannya memang kreidit, carilah pasar atau peminat yang kita kenali, agar kita mengetahui karakter si pembeli. Uang yang kita dapatkan jangan dulu diambil sebelum uang teman kita kembali, jika modal awal (uang dari barang yang kita jual) sudah kita kembalikan pada teman-teman kita, maka artinya sisa uang ataupun sisa tagihan merupakan hak kita. Pilihlah barang yang sesuai selera pasar atau peminat disekitar kita agar barang dagangan cepat laku.

6. Bagi yang berijazah SMA dan Perguruan Tinggi, berpenampilanlah bersih dan menarik, kemudian promosikan diri kita kepada orang-orang terdekat untuk memberikan pelajaran tambahan (les Privat) kepada anak mereka, hal yang paling mudah adalah carilah anak sekolah usia Sekolah Dasar (SD) dengan pelajaran yang diberikan yaitu membaca, menulis dan berhitung. Promosikan diri kita dengan kisaran harga yang relatif murah untuk menarik peminat, untuk anak kelas 1 biasanya les hanya terdiri dari satu orang saja dengan kisaran lama waktu 1-1,5 jam seminggu dua kali dengan tarif 50rb rupiah. Sedangkan kelas 2-6 bisa sekelas maksimal 2 orang saja, karena agar hasil pembelajaran pun maksimal dan peminat semakin banyak. Untuk lebih jelasnya kita hitung dalam tabel dibawah ini dengan kesempatan minimal:

No

Jadwal Seminggu 2 X

Waktu

Total Banyak / Orang

Total Uang Perbulan

1

Senin Dan Selasa

Pagi Dan Siang / Sore

4

4 X 50.000 =200.000


2

Rabu Dan Kamis

Pagi Dan Siang / Sore

4

4 X 50.000 =200.000


3

Jumat Dan Sabtu

Pagi Dan Siang / Sore

4

4 X 50.000 =200.000









Rp. 600.000

4

Minggu



Libur

 

Semakin lama orang mengenal kemampuan yang kita miliki maka akan semakin banyak peminat dan biasanya jika anak yang kita les hasilnya bagus, maka akan terus berlanjut ke tingkatan kelas berikutnya, tentunya buatlah tarif harga yang baru misal 100 ribu / orang atau 150 ribu / orang dan silahkan kalikan sendiri berapa penghasilan yang didapat, itu pun hanya pada orang-orang yang kita kenal dan mereka mempromosikan dari mulut ke mulut, sedangkan untuk tarif atau biaya yang lebih mahal kita bisa memberikan les privat pada anak dengan jarak rumah yang sangat jauh. Jika kita beruntung maka anak yang tingkatan kelasnya sama bisa disatu jadwalkan (sekelas). Les privat pun bisa melatih vokal, bela diri, mengaji, menari dll.

Baca juga:
Peluang Usaha Modal Kecil Terbaru Tahun Ini

7. Berjualan pulsa dengan saldo awal 100 ribu rupiah kita akan memdapat keuntungan hampir 100 ribu rupiah lagi, dan sisihkan keuntungan tersebut untuk ditambahkan ke dalam saldo pulsa kita, catatlah orang-orang yang membeli pulsa kita dengan cara pinjam/ngutang dengan teliti dan berikan batasan atau tenggang waktu untuk mereka membayar, jika orang yang berutang melebihi batas waktu bahkan sampai tidak membayar, maka jangan lagi memberikan pulsa sebelum utangnya lunas kecuali jika dalam keadaan darurat dengan alasan kemanusiaan.

8. Berjualan di sekolah, apapun yang dijual biasanya laris manis, jika modal kita masih sedikit belilah mainan di grosiran yang apabila dijual hanya kisaran seribu sampai tiga ribu  rupiah dengan target anak Tk, SD dan SMP. Jika menjual makanan janganlah menjual makanan yang cepat basi.

Menjadi pengangguran bukanlah pilihan terbaik bagi siapapun. Anda masih bisa mendapat penghasilan walau belum mendapat pekerjaan tetap. Semoga Cara Mendapat Penghasilan Tambahan di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.

2 komentar:

  1. Terimakasih sudah berkunjung dan baca-baca koleksi artikel kami. Jangan sungkan untuk berbagi ke media sosial juga.

    ReplyDelete
  2. Kembali kasih infonya...

    ReplyDelete