Perbedaan Bit dan Byte yang Wajib Anda Ketahui

perbedaan bit dan byte
Perbedaan Bit dan Byte, sumber gambar di sini
APA SIH PERBEDAAN BIT DAN BYTE
Dalam hal komputer dan internet pasti selalu ditemukan istilah bit dan byte, kebanyakan orang masih bingung dalam membedakannya. Namun sekarang anda tak perlu bingung lagi, karena di bawah ini sudah tersedia penjelasan tentang perbedaan bit dan byte yang dapat mengatasi kebingungan anda. Silahkan disimak.

Apa Itu Bit?

Bit adalah kependekan dari binary digit atau lebih tepatnya digit biner yang merupakan satuan unit paling kecil dalam hal komputasi digital. Istilah binary digit pertama kali dikemukakan oleh seorang ilmuwan yang sedang bekerja di Bell Laboratories yaitu Jhon Tukey pada tahun 1947, tetapi dalam penyebaran luasnya di seluruh dunia istilah bit diperkenalkan oleh Claudia E. Shannon pada karya ilmiahnya sekitar tahun 1948. Sehingga dipakailah istilah bit ini dalam penyimpanan data pada komputasi yang tidak akan menggunakan angka-angka desimal tapi sebaliknya akan digunakan binary digit (angka-angka biner) untuk penyimpanan data, yang disebut dengan bit disini maksudnya adalah 2 nilai yang berbeda atau biasa disebut basis 2. 

Lebih jelasnya Bit atau binary digit bekerja seperti layaknya saklar lampu, artinya sebuah bit dapat "menyala" ataupun "mati". Sebuah bit bisa memiliki nilai "satu" atau juga "nol", dan bisa dinyatakan"benar" atau "salah". Selain itu, Bit juga memuat informasi yang berguna dalam membedakan dua hal bertentangan antara satu dengan yang lain. Bukan hanya pada penyimpanan data komputasi tetapi juga dalam informasi digital pun pasti menggunakan angka-angka biner sebagai level tegangannya. Bit menggunakan lambang 'b' sebagai contoh penggunaan bit sendiri antara lain dapat dilihat pada kecepatan jaringan smartphone atau modem, misalkan 90 kbps yang adalah 90 kilobit persecond.

Apa Itu Byte?

Byte merupakan unit data yang sering digunakan pada informasi komputasi maupun telekomunikasi. Dalam pandangan secara umum byte adalah sejumlah bit untuk melakukan pengkodean dalam setiap karakter teks pada komputer. Satu byte bernilai 8 dalam satuan bit yang tergabung menjadi satu. Jadi artinya byte merupakan satuan informasi data yang lebih besar daripada bit. Istilah 'byte' pertama kali dikemukakan oleh Dr. Werner Buccholz pada tahun 1956 yang sedang bekerja sebagai ilmuan di IBM. 

Baca juga: 
Manfaat Internet Satelit di Indonesia

Informasi data byte didasarkan pada bilangan desimal 10 angka yaitu 0 sampai 9, sehingga semua data dalam pemrosesan komputer berbentuk angka-angka dari 0 sampai 1. Dalam telekomunikasi digital, kedua nilai yang dimiliki byte dapat mewakili level tegangan. Byte menggunakan lambang 'B' sebagai contohnya, angka biner 0 dapat menyatakan ketiadaan voltase, dan angka biner 1 dapat menyatakan voltase positif (konstan). Contoh lainnya, ketika akan melakukan suatu proses pengolahan data, komputer yang digunakan bekerja dengan keyboard, kurang lebih ada 101 kata yang telah mewakili karakter A, B, C, D, dan selanjutnya.

Intinya, pembeda antara bit dan Byte berada pada unit informasinya yakni bit merupakan satuan unit paling kecil sedangkan byte merupakan unit data yang berisi 8 bit. Dapat dibedakan juga melalui lambang yang di gunakan. Kalau masih ingin mengetahui lebih dalam tentang perbedaan bit & byte, monggo silahkan dibaca artikel perbedaan antara bit & byte.

[Sponsored Post]

0 komentar

Post a Comment