Kenapa Internet Satelit Harus Lebih Dimanfaatkan di Indonesia?

Manfaat Teknologi Internet Satelit untuk Menjangkau Wilayah Terpencil di Indonesia

Internet adalah salah satu keperluan utama kita dalamkehidupan sehari-hari, saat bepergian kita membuka GPS, bekerjapunperlu mengirim email, dirumah download musik dan nonton Youtube, bahkan ketika liburan diluar kota kita pasti memerlukan internet untuk upload foto di Instagram atau Facebook. Dimanapun dan apapun yang kita lakukan, koneksi Internet merupakan sesuatu yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

memanfaatkan internet satelit di indonesia
Internet Satelit
Terlebih lagi, berdasarkan perbandingan laporan wearesocial.com tahun 2015-2016, terdapat lonjakan jumlah pengguna aktif internet di Indonesia sebanyak 15.4 juta orang. Hebatnya, angka ini dicapai hanya dalam satu tahun saja! Ini menunjukan bahwa terdapat kesadaran di masyarakat luas terhadap kebutuhan koneksi Internet dalam kehidupan sehari-hari, dan kesadaran ini terus meluas dan menjalar ke masyarakat di daerah-daerah di Indonesia.

Walaupun begitu, ternyata masih banyak sekali daerah daerah di Indonesia yang belum terjangkau oleh koneksi internet.Padahal menurut saya banyak sekali perubahan positif yang terjadi dengan adanya koneksi internet.Contoh perubahan positif paling besar adalah pada bidang :

1. Telekomunikasi: Dengan adanya internet, komunikasi jarak jauh menjadi sangat mudah dan praktis. Kita tidak lagi perlu bayar pulsa untuk telepon, atau malah surat menyurat lewat pos dan menunggu lama. Cukup dengan langganan paket internet, kita sudah bisa telpon dan kirim pesan melalui aplikasi-aplikasi seperti Whatsapp, Line, Skype atau Facebook Messenger. Untuk para professional, biasanya menggunakan email untuk berkomunikasi tentang pekerjaan.

2. Ilmu Pengetahuan: Internet merupakan perpustakaan terbesar di dunia, di dalamnya terdapat jutaan buku yang dapat di download dengan gratis. Kita tidak perlu lagi memiliki rak besar untuk menyimpan ratusan buku, cukup satu gadget untuk menyimpan ratusan e-book. Ditambah lagi banyaknya website-website yang bertema edukasional dan mendidik, contohnya seperti Wikipedia dan Google Scholar. Untuk belajar tentang apapun, kita tinggal mencari di Google dengan keyword yang sesuai dengan apa yang ingin kita pelajari. Kemudian google akan memberikan referensi-referensi yang dianggap terbaik. Dalam waktu yang singkat kita bisa mengetahui banyak hal tentang bidang yang kita ingin pelajari dari berbagai sumber terpercaya.

3. Ekonomi: Internet sangat berpengaruh terhadap bisnis-bisnis kecil hingga bisnis besar. Dengan adanya internet, mengumpulkan informasi menjadi lebih mudah. Sehingga calon pembeli dapat mencari penjual atau toko lengkap dengan alamat, nomer telepon, website, bahkan hingga katalog produknya. Ini sangat berpengaruh kepada semua pihak penjual dan pembeli, namun terutama sangat berguna kepada pembeli dan supplier-supplier yang berada di daerah atau bahkan diluar negeri. Karena itu, penghasilan penjual dapat meningkat pesat karena tokonya menjadi jauh lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Gojek merupakan salah satu aplikasi transportasi online yang sangat berguna bagi pihak penjual (ojek) dan pembeli. Membuat ojek bisa ditemukan dimana saja anda berada. Terlebih lagi adanya marketplace-marketplace online seperti Tokopedia dan Bukalapak, penjual dan pembeli menjadi sangat mudah untuk saling berinteraksi dan bertransaksi. Terutama karena sekarang pembayaran dapat dilakukan via online, perputaran uang menjadi lebih cepat. Ini sangat membantu dalam meningkatkan ekonomi negara dan kesejahteraan bisnis lokal. 

Tidak hanya itu, internet juga mempengaruhi bidang-bidang lain seperti entertainment, transportasi, teknologi, dan lain-lain. 

Sayangnya, perubahan-perubahan positif yang sangat signifikan ini tidak dapat dinikmati oleh orang-orang yang tinggal di daerah terpencil tanpa koneksi internet. Contohnya daerah-daerah kepulauan, pedalaman dan tambang lepas pantai. Daerah-daerah ini merupakan daerah terpencil yang sulit untuk dijangkau oleh provider-provider fiber optikterbesar di Indonesia, karena biaya instalasi infrastrukturnya sangat mahal sekali.

Nah disinilah peran satelit telekomunikasi buatan manusia. Pernah dengar yang namanya internet satelit?  Dengan menggunakan satelit, orang-orang yang tinggal di hutan belantara, tambang lepas pantai, atau pulau-pulau kecil dapat menikmati layanan internet via satelit. Cukup hanya dengan memasang perangkat dirumahnya dan berlangganan internet satelit dengan provider VSAT. Kalau belum pernah denger sama sekali, silahkan dibaca apa itu VSAT atau internet satelit. Singkatnya, VSAT adalah sebuah antena penerima dan pengirim sinyal ke satelit. Aplikasi VSAT tidak hanya pada internet satelit, tapi juga pada TV, VoIP, dan lain-lain.

vsat antena telekomunikasi satelit
VSAT atau Antena Telekomunikasi Satelit
Internet satelit cocok untuk digunakan di tempat terpencil atau terisolasi karena tidak harus tarik tarik kabel tembaga atau fiber optik. Sangat bagus karena terutama Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, lebih dari 17.000 pulau lho. Bayangkan kalo harus tarik-tarik kabel keseluruh penjuru negeri? Kan sangat sulit dan mahal biayanya yang harus dibayar oleh provider internet. Sehingga internet satelit merupakan solusi yang paling tepat digunakan sebagai alternatif pada tempat-tempat terpencil.
Walaupun VSAT/Internet satelit ini merupakan solusi alternatif yang cukup baik, namun teknologi ini juga memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. 

Kelebihan menggunakan Internet Satelit di Indonesia :

1. Jangkauan sangat luas, dapat mencakup sebuah negara bahkan benua.
2. Praktis, karena instalasi cukup mudah dan bisa selesai dalam 1 jam.
3. Dapat dipindah-pindah, bisa dipindah dari satu tempat ke tempat lain. Bisa dibawa dari hutan pedalaman ke pulau terpencil tanpa harus menunggu teknisi, tinggal bawa perangkat dan lakukan instalasi.
4. Solusi instan internetan di tempat-tempat terpencil atau pulau. Tidak perlu berharap provider akan sampai jangkauannya ke tempat anda, karena coverage area luas biasanya pasti terjangkau.

Kelemahan menggunakan internet Satelit di Indonesia :

1. Biaya langganan relatif lebih mahal dibandingkan kabel, karena biaya penyewaan bandwidth satelit yang juga mahal. Ini menjadi masalah terbesar dalam berlangganan internet satelit.
2. Adanya delay pada koneksi VSAT. Karena sinyal harus dikirim dulu ke satelit baru turun lagi ke bumi, maka ada delay yang terjadi pada komunikasi ini. Oleh karena itu online games yang memerlukan presisi tidak disarankan dimainkan dengan internet via satelit. 
3. Dapat terpengaruh cuaca. Hujan yang pekat akan sangat menggangu koneksi internet via satelit. Namun seiring berkembangnya teknologi, pengaruh hujan terhadap koneksi satelit ini makin dilemahkan.
4. Harus tidak terhalangi. Adanya pohon, bangunan, atau tiang di depan antena bisa mengganggu koneksi.
5. Kebanyakan provider internet satelit di Indonesia tidak memiliki website yang user friendly. Banyak provider internet satelit yang tidak memiliki website yang representatif.

Apabila anda tertarik untuk mengetahui, mengenal lebih jauh soal internet satelit atau bahkan berlangganan, salah satu provider internet satelit yang cukup representatif adalah internet satelit Qilat. Websitenya jelas, dan memberikan informasi yang lengkap tentang harga, tata cara berlangganan.

Namun tentunya anda harus matang-matang memperhitungkan kelebihan dan kelemahan menggunakan internet satelit. Biaya yang dibutuhkan cukup besar dengan koneksi yang tidak secepat internet fiber optik. Tapi saat anda diluar jangkauan fiber optik atau operator jaringan selular, internet satelit ini wajib dipertimbangkan. Mengetahui pentingnya koneksi internet terhadap kehidupan sehari-hari, terutama untuk para pengusaha di daerah.

Baik, saya rasa cukup tentang manfaat internet dan solusi internet via satelit di daerah terpencil. Semoga berguna untuk anda, dan jangan ragu-ragu dishare ya. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! 

Artikel Sponsor

0 komentar

Post a Comment