Jenis Tulisan Blog dan Font Terbaik Rekomendasi Blogger Pemula - BLOG Anwariz

Jenis Tulisan Blog dan Font Terbaik Rekomendasi Blogger Pemula

jenis tulisan pada blog

anwariz.com - Mengenal Jenis Tulisan pada Blog | Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas secara ringkas namun mendalam tentang masalah seperti apa saja jenis postingan yang terdapat dalam blog, tulisan apa saja biasa di tulis oleh para blogger?


Saya yakin Anda sudah semakin mengenal manfaat blog  yang begitu beragam, mulai dari sekedar sebuah catatan harian, media sosialisasi ataupun kampanye berbagai kepentingan panggung politik, sampai dengan program milik perusahaan guna memasarkan produk mereka tak jarang menggunakan media blog. Pada umumnya blog dikelola oleh seorang penulis sekaligus administratornya biasa di sebut Blogger, namun seiring berkembangnya dunia blogging kini hadir pula blog memiliki banyak penulis yang disebut konsorsium.

Ada pula blog dengan fasilitas berinteraksi langsung kepada pembacanya, seperti menghadirkan fitur buku tamu dan kolom komentar yang membolehkan pengunjungnya memberikan tanggapannya atas isi artikel di blog melalui kolom komentar dipublikasikan, walau tidak semua blog seperti itu sebab ada blogger tertutup hanya sebatas memberikan informasi saja tanpa memberikan kesempatan pengunjungnya memberikan tanggapan, dalam artian hanya digunakan pada kalangan tertentu saja yang bisa mengakses semacam institusi sekolah, perguruan tinggi, atau komunitas tententu.

Sebaiknya mari langsung simak jenis tulisan pada blog, tahukah jika terdapat beberapa jenis tulisan blog? Biasanya jenis-jenis tulisan tersebut sudah dikategorikan oleh si pemilik blog maupun kategori berdasarkan keilmuan tertentu. Apa saja jenis tulisan itu? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Jenis Tulisan Definisi

Sebenarnya jenis tulisan definisi kurang banyak diminati oleh blogger dijaman sekarang karena memang lebih ke tulisan ringan mengikuti trend. Jenis tulisan definisi ini memerlukan pemahaman yang cukup baik, akurat, serta memiliki keahlian di bidangnya. Akan sangat aneh jika orang tidak memiliki keahlian dibidang itu kemudian menuliskan definisi sesuatu, oleh karenanya tulisan jenis ini biasanya dibuat oleh kalangan ilmuan, akademisi, pengamat. Jangan sampai menuliskan sesuatu informasi tanpa diketahui dulu duduk perkaranya, nanti malah menyesatkan masyarakat internet (netizen) saat membacanya.

Kalaupun hendak membuat blog jenis ini maka persiapan matang perlu dilakukan mulai dari persiapan bahan, materi, sumber referensi terpercaya sebelum memulainya. Setidaknya mengetahui permasalah terlebih dahulu melihat fakta-fakta dari sumber tersebut agar tidak mengurangi esensi dan substandi dari artikel. Tidak menutup kemungkinan mendapat predikat ahli dari para pembaca ketika Anda berhasil menyajikan tulisan definisi disertai sumber terpercaya, karena mereka akan merasa terbantu oleh informasi yang disajikan di blog Anda.

Menuliskan dari sudut pandang berbeda akan menghasilkan output berbeda pula pada reaksi pembaca, misalnya masukan pula pendapat pribadi ketika menulis definisi mengenai suatu hal. Karena dengan begitu kita pun dapat ikut untuk menyalurkan aspirasi pemikiran kita untuk definisi tersebut. Seperti halnya Wikipedia, bisa saja digunakan untuk memperkuat isi pemikiran ketika dituangkan kedalam tulisan di blog. Dampaknya kredibelitas Anda sebagai blogger akan semakin mendapat perhatian lebih dari pengunjung.

2. Jenis Tulisan Motivasi

Untuk tetap memiliki semangat, orang terkadang membutuhkan sumber energi dari luar. Disinilah tulisan-tulisan jenis motivasi menjalankan perannya guna memenuhi kebutuhan kebanyakan orang tersebut. Maka, jangan heran ketika belakangan semakin bermunculan blog motivasi karena tingkat permintaan pembaca yang sangat tinggi.

Matahari telah terbit dan hari baru mulai kembali terbuka. Mulailah hari dengan penuh semangat agat gairah semakin terjaga. Tataplah cermin dan yakinkan bahwa Anda siap menghadapi segala kemungkinan dakam hidup dan berhasil hari menaklukan hari ini untuk esok lebih baik. Baca kata kata motivasi hidup ini untuk membangun kembali semangat. Begitulah kira-kira uangkapan motivasi berbagai konten blog. 

3. Jenis Tulisan Daftar (list)

Tulisan berbentuk daftar (list) cukup mudah pahami. Tulisan jenis daftar banyak sekali disukai karena mampu memberikan wawasan luas mengenai suatu hal. Sebagai contohnya tentang 20 Blog Terbaik Indonesia versi anwariz ini. Kalau Anda sering menonton acara TV tentu tak asing dengan acara On The Spot salah satu stasiun TV swasta bukan? Ya.. Mereka menyajikan konten jenis daftar dalam bentuk audio visul, hanya saja blog menyajikannya pada konten berbentuk tulisan dibalut oleh gambar/ilustrasi yang membantu menjelaskan apa isi pesannya.

4. Jenis Tulisan Solutif (memberi solusi)

Pengunjung blog sangat menyukai jenis tulisan seperti ini. Pada tulisan jenis ini dibahas tentang cara melakukan sesuatu, cara membuat, bahkan cara mengatasi suatu masalah secara praktis. Karena itulah pembaca cenderung lebih menyukainya, sebab akan mendapat jalan keluar atas permasalahan yang sedang ia hadapi. Jenis tulisan ini tergolong jenis "How To.." karena pada umumnya dimulai dengan kata "Bagimana...". Diharapkan penulis mampu menguasai berbagai permasalahan disekitar ketika akan menyajikan artikel pada blognya.

Sebagai contoh saat menulis tentang "Bagaimana Cara Menginstall Windows 10 Versi Terbaru?" pada judul tulisan. Sudah barang tentu isi tulisan tersebut mengandung jalan keluar dari masalah itu seperti menjabarkan langkah-langkah menginstall, alat yang diperlukan, dan lainnya. Setidaknya penulis sudah pernah melakukan itu, mempraktikan cara menginstall sesuai ketentuan ataupun diperkuat olehn sumber referensi berkualitas sehingga tidak menimbulkan keraguan pencari informasi. Meski sedikit sulit namun percayalah Anda bisa membuat jenis tulisan ini, faktanya masih banyak dicari orang ketika berselancar di browser.

5. Jenis Tulisan Simulasi

Jenis tulisan ini biasanya berupa langkah-langkah yang secara sistematis untuk membuat sebuah hal tertentu. Biasanya jenis tulisan ini diawali oleh kata angka seperti “3 cara..”. Disamping akan mengikat banyak pengunjung karena tampilan judulnya yang menggoda untuk dibaca, tulisan jenis ini juga akan lebih mudah untuk dicerna karena tersusun secara sistematis melalui langkah yang bertahap berurutan.

Dalam membuat tulisan semacam ini memang kita tidak perlu menjadi ahli dibidangnya. Yang penting adalah kita tahu tentang apa yang sedang kita tuliskan, dan selebihnya kita bisa mencari referensi lain yang dibutuhkan. Usahakan juga dalam membuat tulisan seperti ini kita dapat menysipkan materi pemecahan masalah. Mengapa? Karena seorang pembaca itu umumnya suka sekali dengan pengetahuan-pengetahuan baru yang mengulas tentang solusi permasalahan sebuah hal.

6. Jenis Tulisan Kursus Membuat atau Melakukan

Jarang sekali menemukan tulisa seperti ini saat browsing di internet? Yaaa, memang E-course tidak begitu banyak terlihat, tapi ada. Jenis tulisan e-course ini biasanya mengandung semacam pelatihan untuk mengajarkan membuat sesuatu kepada pengunjungnya. Misalnya “cara membuat lampu tidur cantik”. Di dalamnya kita harus menjelaskan secara keseluruhan tentang satu proses membuat tampu tidur secara lengkap. Walaupun tidak begitu populer, tulisan jenis ini cucup memberi wawasan luas kepada pembaca sehingga memiliki tingkat manfaat tinggi. Jangan lupa menyertakan sumber relevan dari ahlinya agar memerkuat kualitas tulisan Anda dimata pembaca.

Pada dasarnya jenis tulisan di blog diperngaruhi oleh karakter blogger itu sendiri. Akan tetapi, apapun jenis tulisannya, memberikan manfaat kepada pengunjung adalah paling penting. Untuk itu tetaplah menulis, tetaplah berbagi karya terbaru kepada publik. Baik itu hasil pemikiran sendiri maupun hasil pengamatan, asalakan tidak melakukan tindak kecurangan seperti membajak tulisan orang lain tanpa mengubah gaya bahasa sesuai diri penulisnya.

7. Jenis Tulisan Pendapat (opini)

Tulisan jenis ini memberikan tentang cara pandang kita terhadap sebuah permasalahan yang sedang terjadi di sekitar. Memberikan pendapat atas peristawi, pernyataan orang lain, dan sebagainya. Bahasan mengenai panggung politik biasanya menyedot perhatian pembaca dalam memberikan pendapatnya. Ranah politik terbilang cukup luas, sehingga permasalahan apapun itu akan menarik untuk dibahas secara mendalam.

Terlepas dari itu, jenis tulisan ini biasanya juga dipakai oleh blogger yang menuliskan blognya yang bersifat pribadi dalam mengulas kehidupannya. Dalam menuliskan hal-hal tertentu mereka akan banyak menambahkan opini-opini mereka di dalamnya. Karena pada dasarnya dalam blog pribadi ini seorang blogger akan mencurahkan seluruh ekspresi pemikiran dan perasaan mereka ke dalam sebuah tulisan yang merupakan catatan-catatan perjalanan hidupnya.

Mengenal Jenis Huruf (Font) pada Blog Paling Banyak Digunakan Blogger


Berbicara soal jenis tulisan di blog tentunya erat kaitannya dengan penggunaan jenis huruf saat menuliskan sesuatu pada blog pula. Untuk itu saya juga akan menambahkan tentang beberapa jenis huruf (font) yang baik untuk digunakan pada Blog. Jenis huruf (font) apa sajakah yang baik untuk Blog?

jenis huruf untuk blog


5 Jenis Font Terbaik untuk Blog Anda

1. Font Arial

Font ini memang berukuran cukup besar bila kita sering menemuinya di Microsoft Word. Namun dengan sedikit pengaturan ukuran mungkin tidak menjadi kendala. Mas Yudiono salah satu blogger master menggunakan jenis font ini pada blognya terdahulu, tak heran jika beliau memiliki banyak pengunjung di blognya. Sepertinya tidak ada salahnya mencoba membuktikan hal tersebut siapa tahu memiliki pengaruh sama pada blog, pengunjung menjadi semakin ramai.

2. Font Arial Narrow

Huruf ini masih termasuk kedalam keluarga Font Arial. Tapi, jenis huruf ini menerapkan bentuk yang agak berbeda. Dari segi ukuran dia lebih kecil dan terkesan lebih ramping ketika digunakan menulis. Huruf ini terkesan baik bila Anda memberikan spasi dan pengaturan ukuran yang pas.

Jenis blog tertentu tidak sedikit yang menggunakan huruf Arial Narrow, mereka biasanya mereka menyukai jenis font ini karena bentuknya mirip dengan Arial namun lebih ramping dan terkesan mungil sehingga keren saat dibaca.

3. Font Georgia

Jenis font ini digunakan oleh Blogodolar salah satu blog favorit saya. Hurufnya enak saat dibaca dan terkesan lebih profesional. Tidak ada kesalahan sedikitpun jika Anda ingin mencoba menggunakan huruf jenis ini pada blognya. Karena ini merupakan salah satu cara membuat blog sebagai sumber rezeki lewat jaringan internet.


4. Font Helvetica

Dengan pengaturan sedikit di blogspot mungkin font ini cukup mudah ditemukan. Mungkin bisa dengan menambahkan sedikit modifikasi pada kode CSS blog. Huruf ini menjadi terbaik karena memang akan memberikan efek teretlihatan secara jelas ketika digunakan pada kegiatan presentasi.

5. Font Verdana

Font yang satu ini banyak dipakai oleh Blogger Adsense. Seperti yang sudah diterangkan oleh Mas Yudiono pada salah satu postingan beliau dengan judul Jenis huruf apa yang terbaik bagi Blog? Banyak blogger berpengalaman merekomendasikan agar memilih jenis huruf Verdana. Penggunaan font ini juga dipercaya oleh sebagian publisher Google Adsense dapat meningkatkan nilai CTR.

Demikianlah ulasan mengenai Jenis Tulisan Blog dan jenis font pada blog di atas. Semoga semakin menambah semangat belajar menuliskan sesuatu hal sesuai ketertarikan masing-masing blogger ya.
Apapun jenis tulisan pada blognya, selama dikemas secara menarik serta memiliki manfaat serta kualitas yang baik tentu saja tulisan itu akan banyak dicari orang di internet. Pada akhirnya blog akan semakin ramai dikunjungi oleh pembaca dari berbagai penjuru dunia. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran dan kritik sangat saya harapkan.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jadilah Warganet yang bijak !!




DMCA.com Protection Status