Resep Kue Getuk Goreng Singkong Lengkap dengan Cara Membuatnya

anwariz.com - Resep Getuk (gethuk) serta proses membuat getuk masih sangat tradisional dan sederhana, namun mampu menghasilkan kue tradisional yang memiliki citarasa kelas dunia. Setelah singkong dikukus kemudian dihaluskan dan diberi warna sesuai keinginan bahan getuk dimasukkan ke dalam gilingan putar, gilingan ini akan membuat adonan getuk berbentuk spserti mi namun dengan ukuran lebih besar. 
resep membuat kue getuk goreng
Resep Kue Getuk Goreng
Getuk adalah makanan ringan berupa kue berbahan dasar singkong yang dikukus kemudian ditumbuk halus dan diaduk dengan gula merah, biasanya kue getuk. Kreasi terbaru dari getuk diantaranya ada getuk goreng, getuk pisan ataupun getuk lindri. Pada kesempatan kali ini saya mau mengupas tentang getuk goreng, resep getuk goreng dan cara membuat getuk goreng.

Pada umumnya kue getuk dipasaran menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, maka berbeda dengan getuk goreng. Warnanya sedikit kecoklatan berasal dari gula merah tersebut. Getuk goreng sedikit sulit ditemukan dibanding  getuk pisang maupun getuk lindri.
Tak jarang getuk disajikan bersama macam-macam penganan kue lainnya diberbagai acara seperti hajatan, pernikahan dan lain-lain. Rasa gurih bercampur manis menjadikan getuk goreng digemari dikalangan masyarakat.

Bagaimana Cara Membuat Getuk Goreng?


Dibawah ini resep kue getuk, dan getuk goreng yang sebelumnya harus Anda persiapkan sebelum menjadi penganan nikmat keluarga.

Bahan kue getuk goreng:
  • ½ kg singkong yang sudah dikupas lalu direbus hingga empuk
  • Gula merah ~ Bisa menggunakan gula pasir untuk mengkreasikan varian rasa lain
  • Kelapa parut
  • Garam
  • Vanili
  • 80 gr tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • Air secukupnya
Baca juga: Wisata Kuliner, Jajanan Tradisional Khas Garut

Cara membuat kue getuk goreng:

Campur semua bahan pencelup lalu aduk rata, sisihkan. Singkong ditumbung saat masih panas samapi halus campur bersamaan dengan gula merah, vanili, garam dan kelapa parut kemudian tambahkan air secukupnya jika diperlukan. Bentuk adonan sesuai selera kemudian celupkan ke adonan pencelup. Setelah itu goreng hingga menguning kecoklatan, angkat , tiriskan hingga hangat kuku. Kue getuk goreng siap disajikan.

Itulah resep kue getuk dikreasikan menjadi getuk goreng yang bisa Anda coba sendiri pembuatannya di rumah. Tidak ada salahnya sesekali menyajikan penganan khas daerah bagi keluarga Anda. Cara membuat kue getuk di atas gampang bukan? Selamat mencoba!

0 komentar

Post a Comment