Kuliner Khas Jepang Paling Populer Wajib Anda Coba

Makanan Jepang Paling Populer Wajib Anda Coba




anwariz.com | Kuliner Jepang Paling Populer – Negara Jepang adalah salah satu negara yang sangat memegang teguh kenbudayaan dan tradisi leluhurnya, maka tak heran ketika banyak sekali wisatawan asing setelah mengunjungi Jepang langsung jatuh cinta kepada kebuudayaan mereka yang unik. Jepang juga sangat kaya akan keanekaragaman makanan, kuliner khas jepang tentus saja memiliki rasa nikmat khas negeri sakura.


makanan khas jepang


Makanan Jepang hampir sama seperti kuliner di Indonesia. Ada makanan ringan untuk cemilan, ada pula makanan berat sebagai makanan pokok saat makan besar.

Oke, kali ini anwariz akan sedikit mengulas tentang beberapa makanan khas Jepang yang sering kita jumpai di tempat-tempat makan di tanah air. Seperti mochi, ramen, teriyaki, dan lain-lain.

Setidaknya ada beberapa macam makanan jepang yang harus anda cicipi apabila anda sedang berkunjung ke Negara Sakura atau Negara Jepang ini. Pada pembahasan kali ini halomuda.com akan membahas tentang makanan tradisional jepang dan juga makanan modern jepang.

Kumpulan Wisata Kuliner Makanan Jepang Yang Wajib di Di Icip-Icip


Sushi

sushiMakanan tradisional jepang ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena makanan khas jepang ini sangat populer di negara kita Indonesia. Khususnya anak muda banyak sekali yang menyukai makanan sushi ini, bahkan saat ini menjadi tren karena di Indonesia saat ini juga banyak tempat makan yang menjual makanan jepang.


Nasi yang di gulung kemudian di dalamnya berisi makanan laut seperti daging dan sayuran mentah kemudian di campur dengan cuka, garam dan gula merupakan ciri khas dari makanan jepang yang satu ini. Di percaya daging mentah yang terdapat dalam makanan jepang ini memiliki banyak manfaat.


Dorayaki
kue dorayaki enak dan lezatDorayaki adalah kue khas dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.

Di Indonesia, Jajanan ini mulai diperkenalkan di Indonesia bersamaan dengan film katrun anak-anak, Doraemon. Tokoh Doraemon sangat gemar sekali makan kue dorayaki. Dorayaki yang dijual di toko kue di Indonesia rasanya sudah disesuaikan dengan lidah lokal seperti dorayaki berisi campuran coklat, keju, atau lainnya. 

Yakiniku
yakinikuResep makanan jepang yang ke tiga ini adalah makanan yang mempunyai bahan dasar daging yang di masak dengan cara di bakar atau di panggang saja. Makanan Yakiniku ini biasanya menggunakan daging sapi, daging domba, barbeque dan jerohan.

Bentuk dari resep makanan jepang yang satu ini biasanya di bentuk atau di potong segi empat dan di tusuk kemudian di panggang atau di bakar. Makanan ini berbeda dengan sate yang merupakan makanan khas indonesia, bedanya adalah yakiniku dagingnya di tusuk besar-besar.

Onigiri
onigiriMenu makanan jepang yang berikutnya adalah sebuah makanan yang sangat sering keluar di film-film ninja. Karena biasanya makanan ini di pergunakan orleh orang jepang sebagai makanan bekal.

Bentuk dari menu makanan jepang onigiri ini adalah segi tiga dan agak bulat. Biasanya menu makanan jepang yang satu ini juga di sebut dengan nama omusubi yang tentunya apa bila anda sedang berkunjung ke Jepang maka anda akan sangat mudah untuk mendapatkan onigiri ini.


Teriyaki
teriyakiDaftar makanan jepang yang kelima ini adalah sebuah makanan yang sangat terkenal di indonesia karena sebuah produk di Indonesia membuat produk makanan yang bernama teriyaki atau Saus Teriyaki.

Saus teriyaki sendiri adalah makanan yang di buat dari sake, kecap asin dan juga gula pasir. Untuk urusan daging, biasanya yang di pergunakan untuk daftar makanan jepang teriyaki ini adalah jenis ikan dan daging.



Soba
sobaMemang benar aneka makanan jepang itu sangat banyak sekali, salah satunya adalah soba yang notabenenya adalah makanan jenis mie yang tentu saja di buat atau berbahan dasar tepung gandum kuda.

Biasanya aneka makanan jepang mie soba ini di campur atau di mix dengan kakesoba atau kuah soba. Uniknya saat kita makan mie soba sampai mengeluarkan suara, hal ini di anggap sebagai pujian kepada orang yang memasaknya.



Ramen

ramenNah, mie ramen ini salah satu makanan yang sangat populer karena di film-film kartun jepang sangat sering mie ramen ini keluar. Nama lain dari mie ramen ini adalah chuka soba.

Mie ramen ini biasanya di campur dengan kuah kaldu dan juga makanan khas jepang mie ramen ini berisi didalamnya seperti menma, chasiu dan juga irisan daun bawang yang membuat rasa mie ramen lebih gurih.




Okonomiyaki
okonomiyaki
Contoh makanan jepang yang ke delapan adalah sebuah makanan yang berbahan dasar teupng terigu yang kemudian untuk proses pengolahannya di encerkan dengan menggunakan air dan di mix dengan daging, telur, kol dan kemudian di goreng.

Biasanya contoh makanan jepang yang satu ini di makan dengan kote atau sendok datar yang juga berfungsi untuk membolak-balikkan okonomiyaki saat di penggorengan. Biasanya daging yang di pakai untuk okonomiyaki adalah daging babi dan daging cumi.

Takoyaki
TakoyakiMakanan khas jepang yang bernama takoyaki ini adalah resep makanan jepang yang sangat di gemari oleh banyak orang, terlebih lagi saat ini takoyaki merupakan makanan yang mulai ngetrend di Indonesia. Dengan bentuk bulat-bulat kecil, di rasa takoyaki dapat membuat ciri khas sendiri dalam hal bentuk.


Dengan berbahan dasar tepung terigu yang kemudian di dalamnya di isi dengan daging gurita, tentunya jenis makanan jepang takoyaki ini bisa menjadi makanan cemilan jepang yang sangat lezat.

Mochi
kue mochi khas jepangUntuk makanan khas jepang yang pertama ini adalah sebuah makanan yang mempunyai bentuk bulat lonjong dan kaya akan warna seperti warna hijau, kuning, merah dan putih. Bahan dasar atau bahan utama dari makanan khas jepang ini adalah dari beras ketan yang di haluskan kemudian di bentuk bulat lonjong.

Pada saat perayaan tradisional mochitsuki, biasanya makanan khas jepang kue Mochi ini di sajikan. Sensasi yang anda dapat ketika memakan Mochi ini adalah pada saat pertama masuk kedalam mulut, tekstur lembut akan anda rasakan, akan tetapi lama kelamaan akan berubah menjadi agak lengket.

Wasanbon
WasanbonMakanan terpopuler di Jepang selanjutnya adalah makanan atau lebih tepatnya adalah permen yang mempunyai warna yang sangat beragam. Di Jepang permen ini di sebut dengan Wasanbon yang bahan utamanya adalah gula yang asli berasal dari Negara Jepang.

Ternyata faktanya mengatakan bahwa produk pertanian dalam negeri lebih mahal dari pada produk pertanian yang di ambil dari negara lain. Inilah istimewanya Wasanbon ini yang di buat dari produk gula lokal khas japang yang tentu saja mempunyai rasa yang khas.

Hanabiramochi
HanabiramochiMakanan yang satu ini adalah makanan jepang yang di di sana biasa di kenal dengan nama Hanabiramochi yang sepertinya mempunyai arti yakni mochi kelopak bunga. Biasanya makanan jepang yang satu ini di konsumsi pada saat tahun baru, tepatnya pada upacara minum teh yang ada di jepang dan merupakan sebuah tradisi bagi orang-orang jepang dari mulai jaman dulu.

Makanan jepang yang bernama Hanabiramochi ini mempunyai warna dan bentuk yang sangat khas yang di dalamnya terdapat pasta kacang hijau dengan rasa khas Jepang. Jangan salah, ternyata warna dan juga bentuk dari Hanabiramochi ini mempunyai arti yang berhubungan dengan tahun baru di Jepang.

Sakuramochi
SakuramochiMakanan Jepang yang selanjutnya adalah Sakuramochi yang merupakan makanan yang sangat khas di Jepang. Sebenarnya makanan unik yang satu ini sangat mirip sekali dengan mochi yang merupakan makanan yang sudah di jelaskan di poin atas. Di dalam makanan Sakuramochi ini terdapat kacang merah yang mempunyai rasa yang sangat manis.
Untuk bungkus dari makanan jepang Sakuramochi ini menggunakan daun bunga sakura. Dan ternyata setiap tanggal 3 Maret di Jepang makanan ini merupakan sebuah makanan yang wajib, hal ini di karenakan untuk merayakan hari gadis atau biasa di sebut dengan hinamatsuri. Sumber: Halomuda.com

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar