Afirmasi Positif Meningkatkan Kualitas Hidup Anda, Coba Sekarang!

AFIRMASI MEMBANGUN POTENSI DIRI
Pengertian Afrimasi

Menurut kamus (KBBI) kata Afirmasi mengandung arti sebagai penetapan yang positif; penegasan; peneguhan; pernyataan atau pengakuan yang sungguh-sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yang menolak melakukan sumpah; pengakuan tersebut kemudian disebut sebagai definisi dari Afirmasi. Hampir sama seperti pengertian menurut wikipedia.

pengertian dan manfaat afirmasi positif
Afirmasi, Gambar dari Beverageinstitute.org
Afirmasi adalah pernyataan dari dalam diri sendiri untuk menerima kebebasan, kemakmuran dan kedamaian yang berlimpah. Afirmasi bisa merupakan rangkaian kalimat-kalimat positif sebagai pemicu tercapainya suatu harapan. Harus juga menyelaraskannya dengan alam semesta, karena memang hukum ketetapannya sudah demikian. Nyatakan setiap kalimat positif tersebut dengan penuh keyakinan serta dilandasi kepercayaan akan terwujudnya penegasan itu.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pepatah berikut ini “Anda adalah apa yang Anda pikirkan” kemudian itulah sebagai penegas dari afirmasi itu sendiri.  Afirmasi tesebut berguna untuk memprogram ulang pikiran dan membuang daya yang tidak seharusnya ada dalam pikiran Alam bawah sadar Anda. Sebab alam bawah sadar tidak memperdulikan daya/kepercayaan di pikiran, entah itu positif atau negatif maka itulah kenyataan lalu kemudian hadir menjadi suatu ide atau gagasan.

Apakah Afirmasi bekerja mengubah hidup manusia?


Ya.. Berguna. Jika saja dilakukan dan diaplikasikan secara baik. Sebaliknya, tidak akan terlalu berdampak kalau hanya melakukan pengulangan semata tanpa penghayatan dari dalam diri Anda sebagai manusianya.
Tak ubahnya seperti rapalan do’a dan hipnotis, ia akan bekerja ketika berada pada keadaan rileks dan tetap fokus. Dalam istilah ilmiah keadaan dimana ketika gelombang otak berada pada kondisi alfa-theta. Kondisi itu dinamakan “khusyuk” menurut istilah spiritualnya.


Bentuk dan Jenis-jenis Afirmasi


Afirmasi Lisan

Perkataan adalah ekspresi pikiran yang diutarakan lewat mulut. Kata-kata akan membawa energi disertai pesan afirmasinya. Ada 3 bentuk perkataan; netral, positif, dan negatif kemudian dikukuhkan oleh emosi penghayatan diri Anda. Penggunaan afirmasi lisan tentu saja dengan cara mengucapkannya lewat suara. Setiap kata yang diucapkan dipengaruhi harapan positif dan penuh emosi keyakinan, lahir dan batin. Kekuatan kata-kata afirmasi tetap akan memiliki kekuatan bagaimanapun caranya diucapkan,teriak atau hanya berupa bisikan saja.

Afirmasi Tulisan

Saat menuliskan kata-kata postitif dalam arifmasi, maka ketika itu pula Anda berbicara kepada diri Anda sendiri menungkan isi pikiran kedalam (tulisan) kertas. Proses pengukuhan terbentuk oleh afirmasi tertulis. Tulisan akan menghadirkan suatu bentuk, sebuah kesan atau gambaran nyata pada kertas atau media menulis lain. Ketika menulis sebuah afirmasi, saat itu pula pesan afirmasi itu sedang dalam berjalan mengarah pada kenyataan, hingga terwujud. Ya.. Melalui kata tertulis membuat afirmasi Anda semakin dekat kepada keterwujudan afirmasi.

Afirmasi Keyakinan

Keyakinan adalah tindakan yang berkaitan dengan sebuah gagasan, keinginan atau afirmasi yang diterima sebagai kebenaran dan bekerja berdasarkan keinginan yang bersumber dari akal budi. Jika hidup dipenuhi ketetapan hati, penuh keyakinan sudah dapat dipastikan Anda berada pada tingkat emosi serta mental yang akan mendekatkan suatu harapan pada kenyataan. Tinggi rendahnya unsur keyakinan pada afirmasi Anda sangat akan sangat berpengaruh berhasil tidaknya proses tersebut. Nimati serta syukuri atas afirmasi sebagai kenyataan saat ini dimanapun berada.
.
Afirmasi Hati

Proses berpikir dalam hati juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan afirmasi tak kasat mata. Bebaskan seolah-olah hati sedang memikirkan apa yang ingin terwujud dalam kehidupan nyata Anda. Dengan memusatkan perhatian dan fokus pada keinginan,harapan, sebagai sesuatu bentuk nyata dikehidupan sekarang! Berawal dari memikirkan impian, idaman, terpancar dari dalam hati sanubari.
.
Afirmasi Aksi

Beraksilah dengan menuliskan kalimat afirmasi lewat secarik kertas, mengandalkan potensi ragawi milik Anda. Tindakan tersebut secara perlahan namun pasti mengantarkan pada kesempatan, lalu membawanya pada alam kenyataan seiring waktu berjalan. Kemudian hadirkan “ruh” pada setiap afirmasi Anda untuk melakukan aksi-aksi selanjutnya sampai terwujudnya pengharapan.
.

Manfaat dan Fungsi Afirmasi

manfaat kekuatan afirmasi
Manfaat Afirmasi, Gambar dari Hipnotis.net

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Afirmasi positif adalah kalimat positif yang ditujukan kepada diri sendiri untuk berbagai keperluan. Afirmasi ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri lebih cepat dan hebat. Setiap orang juga dapat melakukannya karena aktivitas ini sangat sederhana dilakukan dimanapun, kapanpun mau. Dengan mengucapkan pada diri Anda sendiri bahwa Anda merupakan pribadi yang cerdas dan penuh dengan kreativitas positif atau Anda meyakinkan diri Anda bahwa Anda adalah pribadi menarik, berkelas, cerdas maka dengan sendirinya membuat semakin percaya diri.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Rasa senang merupakan penyembuh paling mujarab. Melakukan afirmasi diri sendiri akan sangat berguna ketika Anda dilanda kesakitan berkepanjangan tanpa adanya semangat dari orang-orang terdekat. Beri tahu diri Anda bahwa sudah memiliki karunia sehat dan senang dari sang pencipta kapanpun, dimanapun, maka Anda akan otomatis merasa suasana hati menjadi ringan dan senang. Kesembuhan dirasa akan lebih cepat menjalan keseluruh tubuh dengan melakukannya.

3. Meningkatkan Kenyamanan Diri

Ketika Anda merasa ada yang salah dari diri Anda dan Anda tidak pernah puas terhadap diri sendiri, apapun yang Anda lakukan, berafirmasi positif akan sangat baik. Dengan membayangkan apa yang ingin Anda lakukan atau raih, lalu mengatakan pada diri Anda bahwa Anda akan mencapainya atau Anda akan sukses akan membawa ketenangan dan kenyamanan dalam diri Anda. Setidaknya, katakan bahwa diri Anda sudah melakukan yang terbaik dan bagi orang yang selalu berusaha tidak akan ada kata gagal.

4. Meminimalisir Tekanan Hidup (Stres)

Seperti ketika orang lain menyemangati diri Anda, ada rasa puas dan semangat yang kemudian muncul dari dalam diri. Namun ketika Anda sedang stres tanpa ada orang sekitar yang menyemangati, cobalah untuk berafirmasi positif dengan menyatakan bahwa Anda sudah dan selalu mendapatkan kemudahan dalam setiap apapun proses yang dijalani. Atau, katakan pada diri Anda juga bahwa apapun kebutuhan Anda sudah dan selalu terpenuhi dengan cara yang mudah sehingga Anda tidak perlu lagi merasa stres akan satu pekerjaan atau kondisi yang menyulitkan.


5. Menjadi Pribadi Bahagia

Berafirmasi mengatakan jika diri Anda berhak atas segala kelimpahan, kemakmuran, atau menyatakan bahwa segala usahanya akan terwujud dalam aktivitas sehari-hari akan sangat membawa dampak positif. Percaya atau tidak, kalimat tersebut bukan hanya sekedar isapan jempol belaka melainkan didasari oleh rasa percaya, keyakinan yang besar. Itu akan menjadikan Anda nyama sebagai pribadi yang bahagia sepanjang waktu.


Contoh Afirmasi Positif


Contoh Afirmasi Kesuksesan dan Kaya Raya

“Saya bercita-cita untuk menjadi sukses dan kaya”.
“Pemikiran kreatif saya membukakan pintu menuju keberlimpahan”.
“Yang sekarang saya mimpikan sama dengan kenyataan yang saya raih”.
“Saya tangguh mengemban amanah, optimis, dan cerdas berkarya”.
“Saya yakin sukses seribu kalilipat dari sebelumnya ”.

Contoh Afirmasi Menumbuhkan Sikap Positif

“Saya percaya akan kemampuan saya, mampu mengendalikan diri sendiri, penuh dengan kemandirian dan tekad yang kuat”. 
“Saya memiliki citra diri positif dan memiliki jiwa pendamai”. 
“Saya percaya diri, optimis, dan antusias menatap ke depan untuk menghadapi tantangan-tantangan baru dan muncul sebagai pemenang.”

Contoh Afirmasi Kesehatan Jasmani & Rohani

“Saya adalah penentu nasib saya sendiri, pemimpin jiwa saya”.
“Apapun yang terjadi, kesabaran saya tidak terbatas”.
“Saya lebih percaya diri dan terbebas dari ketakutan”.
“Saya berprilaku bermartabat untuk menghargai diri sendiri dan orang lan”.
“Saya mejalani diet berkala dan berat badan kembali ideal”.
“Segala rasa sakit mulai hilang dan lenyap seketika”.

Contoh Afirmasi Meningkatkan Keerdasan Otak

“Seiring waktu saya semakin cerdas dan cemerlang”.
“Prestasi belajar terus meningkat setiap harinya”.
“Saya berpikir lebih kreatif dan inovatif”.

Contoh Afirmasi Membangun Kewibawaan

“Saya memancarkan aura batin positif serta energi persahabatan yang sempurna bagi semuaorang”.
“Saya mampu bangkit  dengan sendirinya, saya tegar, dan mandiri”.
“Saya berwawasan luas dan kecerdasan”.
“Saya seorang manusia berwibawa tinggi dan karismatik”.
“Saya adalah pemberi solusi disaat tepat”.

Contoh Afirmasi Menghilangkan Stress

“.Saya merasa tenang
“Saya merasa tenang dengan diri sendiri, dengan dunia dan dengan setiap orang yang ada di sekeliling saya jiwa dan  raga”.
“Saya begitu tenang, rileks dan damai dalam harmoni juga memiliki keseimbangan mantap”.
“Relaksasi sesungguhnya adalah milik saya”.
“Saya rileks, saya sungguh rileks”.

langkah mudah melakukan afirmasi positif
Gambar dari Ninchanese.com

Tips:
Pilih salah satu dari cara berikut untuk menggunakan afirmasi dalam setiap aktivitas dalam hidup Anda. 

Pilih satu kata afirmas.Tuliskan pada kertas lalu baca dengan keras menjalang waktu tidur.
Ucapkan dengan lantang untuk diri sendiri di kamar mandi, ditaman, dilapangan.
Ucapkan afirmasi secara bisik-bisik untuk diri sendiri jika berada dalam situasi mendesak
Tulis pada secarik kertas kemudian simpat ditempat yang sering terlihat, seperti pada dinding di samping tempat tidur, lemari pakaian, dekat cermin kamar mandi, atau pada dashboard mobil.
Tulis kalimat afirmasi tersebut dalam buku catatan harian atau menulisnya lewat blog pribadi Anda.

Terapkan dan nikmati proses tersebut pada setiap kesempatan lalu rasakan perubahan demi perubahan positif kehidupan Anda! Sampai juga dipenghujung artikel kali ini terkait berbagai jenis afirmasi lengkap dengan manfaatnya untuk mengembangkan potensi mewujudkan segala harapan, impian terbesar dari diri Anda. Selamat mencoba!

4 komentar:

  1. sitimiwir pak, tetap semangat :D

    ReplyDelete
  2. Harus dong, tetap menarik energi positif ke arah kita untuk perubahan besar yang lebih baik. :D

    ReplyDelete
  3. Mohon izin share dan mengamalkan. Trmjsh... Sangat bermanfa'at⭐⭐⭐⭐⭐

    ReplyDelete