Adsense Blogger vs Adsense Youtube: Mana yang Paling Baik?

Anwariz Blog | AdSense Blogger vs AdSense YouTube - Saat ini dunai blogging sedang mengalami peningkatan pesat, baik dari segi pengguna maupun dari sisi popularitas di dunia maya. Banyak blogger memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagai keperluan, diantaranya; Media hiburan, mengekspresikan diri, mengasah bakat menulis dan bahkan menjadikan blognya sebagai mesin penghasil uang melalui program Google AdSense. Bagi sebagian pihak mengikuti program AdSense Blog untuk menarik banyak keuntungan.

mana yang tebaik adsense blog atau adsense youtube
www.zapmediahd.blogspot.co.id
Kemudian bagaimana peluang menghasilkan uang via Youtube? Apakah AdSense YouTube berpotensi sama dengan AdSense Blog? Sudah banyak yang membuktikan keberhasilannya memanfaatkan konten video YouTube kemudian beberapa diantara mnereka menjadi jutawan bahkan milyarder kenamaan.

Pendapat saya, baik YouTube maupun Blog sudah barang tentu memiliki fitur yang agak berbeda. Sudah menjadi rahasia umum keduanya memilik pangsa pengguna juga spesilisasi masing-masing dalam pengoperasiannya. Dalam hal ini blog lebih mengedepankan konten tulisan (text) sedangkan YouTube mengandalkan video sebagai bahan baku utama kontennya. Keduanya memiliki persamaan dari segi fungsi yakni sebagai media berbagi informasi dan memberikan hiburan kepada netizen.

Saya rasa tiga paragraf di atas cukup untuk menggambarkan kedua platform sebagai media penyampai pesan. Namun kali ini akan di bahas lebih detail tentang peluang AdSense di kedua platform tersebut. Mana sih yang lebih potensial buat di ikuti? Apakah lebih berpotensi menghasilkan uang dari AdSense Blogger atau malah sebaliknya AdSense YouTube lebih menggiurkan? Mari sama-sama simak penjelasan di bawah ini:

AdSense Blogger vs AdSense YouTube Mana yang Lebih Potensial?


Sebenarnya baik Blogger ataupun YouTube keduanya terintgrasi ke Google AdSense (terutama Blogger yang menggunakan platform Blogger.com) secara otomatis. Hanya saja cara mendapatkan komisi keduanya ada beberapa perbedaan. Pertanyaannya mana yang lebih diunggulkan?


Sudah jelas akan unggul Blogger jika di tanyakan kepada penghobi menulis via blog. Namun, YouTubers akan mengatakan hal yang sama karena memang mereka senang dan mendapatkan hasil dari sana. Sebagai contoh mari kita simak kisah di bawah ini;

Pewdiepie adalah seorang YouTuber yang paling dikenal di dunia YouTube berkat kekayaannya. Sampai-sampai gelar Bapak Youtuber disematkan kepadanya. Setidaknya Pewdiepie memiliki pelanggan terbanyak di saluran YouTubenya yakni 50 Juta lebih subscribers sampai saat ini.

Sementara blogger pun tidak mau kalah, pasalnya sudah banyak menghasilkan milyarder blogger, sebut saja pemilik ProBlogger. Situs ini menghasilkan ratusan ribu dollar setiap bulannya. Itulah berkat ketekunan sang pemiliknya.

AdSense blog biasanya lebih sudah di ikuti oleh para blogger karena memiliki persayatan dan kriteria khusus untuk dapat mengikuti program tersebut. Tidak jarang blogger frustasi karena beberapa kali mendaftar terus saja di tolak oleh pihak AdSense, hingga akhirnya memilih alternatif lain di luaran sana. 

Kemudahan mendaftar AdSense via YouTube menjadikan orang –orang berbondong-bondong menjadi YouTuber dengan harapan bisa seperti Bapak YouTuber di atas. Ya.. Untuk mendapatkan akses ke akun AdSense cukup dengan menampilkan beberapa video original saja via YouTube. Dalam waktu singkat maka akun AdSense dsudah bisa tersemat di akun YouTube Anda. Tidak percaya? Silakan praktikan sendiri aja ya...

Fitur Iklan pada Adsense Youtube

potensi adsense youtube dan adsense blogger
www.getsignordie.com
Untuk sebagian fitur adsense mungkin sangat berbeda antara blog dan juga youtube. Kebanyakan Iklan Blog yang menggunakan Adsense adalah iklan yang memiliki sistem pembayaran CPC (cost per click) jadi kalian akan dibayar jika iklan itu di click.

Jenis iklan yang pertama adalah iklan kecil yang ada di pojok kanan video, dinamakan Display Ads. Iklan ini tidak memberikan banyak pengaruh terhadap pendapatan seorang youtubers dalam adsense.

Jenis iklan kedua adalah overlays ads. Dimana iklan ini seperti iklan cpc didalam blog dimana jika penonton mengklik iklan ini maka youtubers mendapat sedikit keuntungan dari klik yang dilakukan.

Untuk iklan keempat ini boleh dibilang iklan dengan bayaran termahal

Skippable ads ini adalah iklan yang bisa di skip. Namun iklan ini akan memberikan kalian uang jika iklan ini tidak di skip selama 30 detik. Hmm cukup sulit jika menemukan penonton yang tidak sabaran.

Untuk iklan yang terakhir ada 2 jenis. Dimana iklan ini tidak bisa di skip sama sekali. Namun peluang munculnya nonskippable ads ini sangat kecil, ada dua tipe dalam unskippable ads ini.

Lalu mana yang lebih baik dari keduanya?

Walau banyak orang terkenal dari Blogger maupun YouTube karena penghasilan mereka melebihi rata-rata bakan mendadak menjadi milyarder bukan berarti bisa seperti itu dalam waktu seminggu dua minggu. Terdapat pelajaran yang dapat diambil jika ingin menjadi blogger atau youtuber terkenal. Mereka menawarkan karya nyata untuk memberikan informasi dan hiburan kepada banyak orang secara konsisten tanpa kenal lelah. Jadi, lupakan sejenak melihat hasil ribuan dollar jika belum memberikan karya luar biasa kepada khalayak. Lihat karyanya jangan lihat dollarnya, dengan begitu saya yakin bisa seperti itu.


Sebab tidak ada istilah instant di dunia ini, melainkan butuh proses panjang yang harus di lalui blogger untuk bisa memiliki blog seperti ProBlogger atau menjadi YouTuber seperti Pewdiepie. Setidaknya harus konsisten menyajikan karya, konten, informasi sebagai bekal menemukan keberhasilan meraih hasil sesuai harapan.

Kesimpulan: 

Pada dasarnya kedua platform tersebut di atas memiliki fitur berbeda, begitu pula cara memberikan reward pun terdapat perbedaan. Namun, AdSense Blogger dan AdSense YouTube juga memiliki kesamaan yakni harus sama-sama perlu diperjuangkan dengan konsisten oleh penggunanya untuk dapat menghasilkan sesuatu darinya. Pilihan tepat ada di tangan Anda karena bukan saya yang menjalani.

Demikianlah ulasan mengenai AdSense Blogger vs AdSense YouTube, Mana yang Lebih Unggul? Semoga bisa memberikan sedikit banyak gambaran kepada Anda calon Blogger hebat dan calon YouTubers terkenal. Selamat berkarya!

0 komentar

Post a Comment