Sensory Si Tubuh Mungil,., Kapan Indra Mulai Berkembang? - Kumpulan Artikel Bermanfaat | Anwariz.Com

Cari aja disini

Sensory Si Tubuh Mungil,., Kapan Indra Mulai Berkembang?

Sistem Sensoris awal pada bayi, Kapan indra mulai berkembang?

Kita mengenal panca indra yang dimiliki oleh setiap manusia, diantaranya ialah indra peraba/sentuhan, penciuman, perasa (pengecap), pendengaran, serta indra penglihatan. Dari kelima indra yang dimiliki manusia ini manakah indra yang paling pertama mulai berkembang? Dan kapan itu berkembang?    

perkembangan panca indra bayi
Pixabay.com
Untuk mengetahui dan menjawab semua rasa penasaran bunda dan para orangtua lainnya, mari simak penjelasan mengenai bebera kemampuan sensor awal yang brkembang pada bayi, yang diantaranya: 

Sentuhan dan rasa sakit
Sentuhan merupakan indra pertama yang berkembang, dan untuk beberapa bulan pertama merupakan system sensor yang paling matang. Contoh real pada saat bayi baru lahir ialah ketika bayi didekatkan dengan orangtuanya (area kulit ibu dan bayi bersentuhan) yang bertujuan untuk meningkatkan kedekatan antara bayi dan ibu, serta menjadi sumber ketenangan pada bayi. Kemudian, berkembangnya reflex rooting and sucking (mencucu dan menghisap). Dimana pada saat bayi yang baru lahir disentuh area pipinya, bagian mulutnya akan dengan segera mencari / mengarah ke sumber sentuhan tersebut, ini merupakan dua contoh nyata yang sangat mudah diamati pada bayi yang baru lahir sebagai tanda berkembangnya system sensor sentuhan.    

Mencium dan merasa

Indra penciuman dan perasa ini bahkan lebih awal berkembang, yaitu sudah mulai berkembang ketika bayi masih di dalam rahim. Rasa dan bau makanan yang dikonsumsi oleh ibunya dapat  ditransmisikan kepada janin melalui cairan amniotic. Setelah melahirkan, transmisi yang sama juga terjadi melalui ASI (Mennella & Beauchamp,1996).
Pemilihan aroma yang beragam oleh bayi sudah ia pelajari semenjak masih di dalam kandungan, ia cenderung memilih aroma-aroma yang menyenangkan , bayi pun sangat mengetahui aroma khas dari ibunya dibandingkan dengan aroma tubuh oranglain yang ada di sekitarnya, sehingga terkadang bayi akan menangis jika digendong oleh orang lain.



Begitupun dengan indra perasa yang lebih bertitik tekan pada organ lidah (indra perasa/pengecap), yangmana bayi akan cenderung memilih ASI ataupun air yang memiliki rasa manis ketimbang rasa-rasa yang lain (missal asam ataupun pahit).
Hal ini merupakan suatu bukti dimana sensori penciuman dan perasa/pengecap bayi berkembang sejak masih di dalam rahim/ dalam masa kandungan.  

Pendengaran
Respon terhadap suara dan getaran mulai berkembang pada bayi ketika menginjak usia 26 minggu kehamilan, terus berkembang dan meningkat kemampuannya sampai usia sekitar 32 minggu kehamilan. Dengan demikian, pada masa kehamilan sering dan banyak disarankan agar ibu memperdengarkan music klasik, lantunan ayat suci Al-Qur’an, maupun music-musik yang mampu meningkatkan ketenangan ibu dan janin, serta mengajak bayi berkomunikasi sejak masih dalam kandungan pun disarankan kepada orangtua, meskipun respon yang timbul mungkin hanya getaran ataupun gerakan berubahnya posisi bayi di dalam rahim. Namun, semua itu adalah respon positif yang mengindikasi bahwa janin di dalam kandungan ibu sehat dan bergerak aktif.

Setelah bayi lahir, kemampuan diskriminasi auditory (membedakan berbagai bunyi/suara) berkembang dengan sangat pesat. Bayi yang berusia 3 hari sudah bisa membedakan suara yang sebelumnya pernah ia dengar saat ia masih di dalam kandungan.




Alasan mengenai pentingnya indra pendengaran pada manusia ialah karena ia merupakan kunci dari perkembangan bahasa dan bicara, sehingga jika ada kekurangan dalam hal pendengaran yang terjadi pada bayi seharusnya bisa diidentifikasi dan ditangangi sedini mungkin. The National Institutes of Health (1993) merekomendasikan setiap bayi dilakukan skrining untuk mengetahui kelainan pendengaran dalam tiga bulan pertama.    

Penglihatan
Merupakan indra yang baru berkembang tepat ketika seorang bayi dilahirkan. Mata seorang bayi yang baru lahir, lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang dewasa, struktur retinanya belum komplet, dan sraf optiknya sedang berkembang.bayai yang baru lahir buta di cahaya yang terang. Peralatan penglihatan mereka sangat sempit, dan akan menjadi dua kali lipat lebih luas pada usia 2 hingga 10 minggu. Namun, pada bulan pertama semuanya akan berkembang lebih cepat, diantaranya kemampuan untuk mengikuti target yang bergerak, dan juga persepsi terhadap warna. hal ini semakin berkembang menjelang usia 4-6 bulan. Makanya bayi sering dan sangat senang jika diperlihatkan mainan dengan berbagai warna yang menarik yah bunda.

Seperti itulah kira-kira perkembangan panca indra setiap sensor yang ada pada setiap manusia (terutama pada bayi yah bunda),., semoga semakin nambah ilmu nya yah bunda terutama mengenai perkembangan sensorinya.,.,.,

Sumber : Human Development (Psikologi Perkembangan). Ed.9. Jakarta: 2009.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran & Kritik akan saya terima dengan lapang dada (bukan lapang bola, yaa) sebagai bentuk evaluasi konten blog ini.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jika Anda tidak terima, silakan mengajukan 'banding'!!