7 Tips Paling Ampuh Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

menjaga kesehatan musim hujan
Menjaga Kesehatan Musim Penghujan
Anwariz.com | Pentingnya Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan - Musim Hujan membawa bakteri serta penyakit yang menjadi penyebab kesehatan kita menurun. Mungkin pada sebagian orang akan merasa lebih nyaman  ketika musim hujan, karena cuaca yang tidak panas dan lebih enak untuk menikmati secangkir kopi hangat. Namun, bahayanya adalah berbagai penyakit akan mudah menyerang seperti demam berdarah dan infeksi bakteri. Virus akan menjadi lebih aktif karena tingkat kelembaban yang tinggi.



Nah, oleh karena itu kita perlu melakukan tindakan untuk mencegah infeksi bakteri dan virus agar dalam kondisi seperti ini kita tetap dalam keadaan sehat. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan.

1. Selalu mencuci tangan
Bakteridan virus menjadi aktif selama musim  hujan dan tanpa sengaja kita selalu melakukan kontak dengan benda-benda yang menyimpan banyak bakteri seperti di panggar rumah, penyebrangan jalan dan sebagainya.Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mencuci tangan dengan sabun dan air hangat lakukan sesering Anda selama itu dirasa perlu.

2. Jangan terlalu sering menyentuh wajah
Virus flu dapat memsuki tubuh kita melalui mata, hidung dan mulut. Jika Anda sedang berkering atau ingin menggosok mata dapat menggunakan sapu tangan atau serbet bersih sebagai penggantinya. Atau jika Anda tetap ingin menggunakan tangan pastikan terlebih dahulu tangan dalam keadaan bersih dan sudah di cuci.

3. Hindari air kotor yang tergenang dan selokan
Selokan yang tersumbat dan genangan air kotora dalah pemandangan umum selama musim hujan. Namun hal tersebut menjadi salah satu sumber penyakit sepert idiare, influenza, kolera dan infeksi kulit jamur. Jadi untuk menghindarinya dapat menutup tubuh dengan jaket, celana panjang dan alas kaki tertutup ketika berada di sekitar genangan air kotor.

4. Jangan membeli makanan yang ada di pinggir jalan
Saat musim hujan sebaiknya hindari membeli makanan yang sering di jual di pinggirjalan. Makanan yang dimasak dan di jual di tempa tterbuka kemungkinan besar menyimpan berbagai bakter-bakteri yang tersalur melalui udara dan air. Lebih baik membuat makanan yang segar di rumah sendiri dan selalu mengkonsumsi vitamin serta berbagai zat baik lainnya.

5. Menghindari gigitan nyamuk
Populasi nyamuk tumbuh lebih cepat selama musim hujan karena banyaknya air yang tergenang menja ditempat perkembangbiakan nyamuk.Untuk mengatasi hal tersebut. Anda perlu melakukan pembersihan di beberapa tempat. Seperti membersihkan pot bunga, parit, sampah-sampah, dan beberapa genangan air yang berada di tempat Anda. Jangan lupa selalu menutup bak mandi selama musim hujan dan menggunakan produk untuk mencegah gigitan nyamuk.

6. Minum teh herbal
Teh herbal biasanya memiliki kandungan yang bersifat kuratif untuk batuk, pilek dan sakit tenggorokan yang merupakan penyakit umum pada musim hujan. Untuk lebih bagus lagi Anda dapat menambahkan cengkeh, jahe, merica, basil dan mint (ini tidak menambah kelezatan minuman Anda).


7. Selalu sediakan minyak kayu putih
Aroma minyak kayu putih membantu kita bernapas menjadi lebih mudah. Dan membuat tubuh lebih rileks. Anda dapat berjaga-jaga ketika mengalami hidung tersumbat, jadi dapat mencium aroma minyak kayu putih ini atau di usapkan untuk menghangatkan tubuh selama musim hujan.

Demikianlah artikel tentang 7 tips menjaga kesehatan saat musim hujan. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi Anda yang mungkin mudah sakit di saat musim penghujan dan selalu jagakesehatan karena kesehatan sangat penting dan mahal. Sekian dan trimakasih.



Penulis Tamu: gans 696

0 komentar

Post a Comment