Jangan Lewatkan 3 Rahasia Merawat Mesin Mobil Ini!

Merawat Mesin Mobil Anda Sendiri - Mesin mobil merupakan perangkat yang sangat penting. Didalamnya terdapat beberapa alat komponen mobil yang sangat penting. jika dianalogikan, mesin mobil ibarat nyawa bagi mobil. Jika mesin mobil rusak, maka mobil Anda tidak akan berjalan. Lalu, bagaimana mobil Anda bisa berfungsi dengan baik jika mesin Anda rusak? 

cara merawat mesin mobil
Gambar dari Electroschematics.com
Dengan demikian, pastikan mobil Anda selalu dalam kondisi baik agar mobil Anda tetap bisa mengantarkan kemanapun Anda ingin berpergian. Terkadang hanya faktor yang terlihat sepele dikemudian hari hal tersebut bisa menjadi masalah besar, oleh karena itu Anda sendirilah yang harus memperhatikan keadaan mobil Anda.

Nah kalau sudah tahu bahwa kondisi mesin mobil itu juga perlu diperhatikan, saatnya kita masuk ke dalam rahasia bagaimana cara merawat mesin mobil yang tepat. Berikut caranya: 

1. Rutin Melakukan Pergantian Oli


Jika mesin adalah nyawanya mobil, maka oli mobil bisa diibaratkan sebagai darahnya. Dengan demikian salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan rutin melakukan pergantian oli. Seringlah mengecek jarak tempuh mobil Anda. Jarak tempuh merupakan cara Anda untuk mengetahui kapan Anda harus segera mengganti oli mobil Anda.  Hal ini berguna agar mesin mobil Anda lebih awet dan terhindar dari berbagai kendala.

2. Sering Bersihkan Kaburasi dan Rutin Mengecek Radiator Mobil Anda

Gambar daei Pulsk.com

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan sering membersihkan karburasi mobil Anda. Pastikan karburasi Anda dalam keadaan bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang membuatnya mudah berkarat atau rusak. 

Selain sering memperhatikan kaburasi, pastikan pula Anda sering melakukan pengecekan pada radiator mobil Anda. Pengecekan yang dimaksud adalah dengan sering membersihkan bagian radiator mobil dari kotoran, serta memastikan radiator dalam kondisi optimal tanpa kebocoran, atau jenis gangguan lainnya. Jika hal ini sudah dilakukan, bisa dipastikan Anda bisa terhindar dari masalah serius terhadap mobil Anda. 

3. Rawat Pula Tangki Bensin Mobil Anda

cara merawat tangki bensin mobil
Gambar dari Google Plus
Bagian tangki mobil acap kali diabaikan oleh pengguna mobil. Padahal bagian ini juga merupakan bagian yang tak kalah pentingnya bagian lain pada mobil Anda. Dengan merawat tangki bensin mobil Anda, itu juga berarti Anda merawat mesin mobil Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas bensin. Jika tangki Anda kotor, secara otomatis mesin kendaraan Anda akan terisi oleh bahan bakar yang sudah terkontaminasi oleh debu dan kotoran dan itu bisa menyebabkan masalah baru.


Oleh karena itu rawatlah tangki bensin mobil Anda, yakni dengan selalu memperhatikan kebersihannya. Anda bisa melakukannya sendiri dengan melihat panduan service tangki melalui situs ini ataupun jika ragu cobalah minta bantuan pada teman yang mengerti cara membersihkan tangki bensin.  

Sebagai kebutuhan khususnya bagi masyarakat tertentu yang memang membutuhkan mobil untuk melancarkan kegiatannya, salah satu kendaraan ini tentu saja perlu perawatan. Namun perawatan yang dimaksud tidak hanya perawatan bagian dalam saja, namun perawatan bagian dalam yakni bagian mesin mobil yang justru lebih penting bagi keawetan mobil. 

Menurut temuan ulasan berikut ini, “menghindari suku cadang yang tidak asli bisa menjadi faktor yang membuat kondisi mobil Anda lebih terawat dengan baik karena terjamin kualitasnya”. Yah, semua tentu ada harganya, namun apabila Anda merawatnya dengan benar, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra mahal untuk permasalahan yang terjadi. 

Demikian ulasan tentang tips perawatan mesin mobil sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun. Semoga membawa manfaat bagi Anda pecinta otomotif. 
Selamat mencoba!! (adm-)

Oleh Penulis Tamu: Alfonsus Filius

0 komentar

Post a Comment