BRIsat, Satelit Indonesia Milik Bank BRI

satelit brisat manfaat bagi inklusi keuanganbrisat satellite
Ilustrasi Satelit
Satelit Indonesia, BRIsat mengorbit pada slot 150.5 Bujur Timur dimana sebelumnya diduduki oleh satelit Indosat. Palapa C2 juga mengorbit di jalur orbit tersebut. Pemerintah memberikan jalur orbit tersebut kepada BRIsat dikarenakan Indosat tidak lagi menggunakan slot di jalur itu.



Anwariz Blog - Salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) sedang akan menyiapkan satelit bernama BRIsat. Dari beberapa sumber seperti Wikipedia, Satelit Indonesia ini dibuat oleh Space System Loral dan diluncurkan di pusat peluncuran Arianespace. Satelit tersebut ditaksir diluncurkan oleh roket Ariane 5 di Pusat Antariksa Guyana, Pelabuhan Angkasa Eropa pada tahun 2016. Satelit BRIsat memiki daya jangkau untuk wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Timur, Australia Barat, Hawaii, dan sebagian wilayang Tiongkok.


Satelit BRIsat mengorbit pada slot 150.5 Bujur Timur dimana sebelumnya diduduki oleh satelit Indosat. Palapa C2 juga mengorbit di jalur orbit tersebut. Pemerintah memberikan jalur orbit tersebut kepada BRIsat dikarenakan Indosat tidak lagi menggunakan slot di jalur itu.



Seperti dilansir tempo.co, biaya investasi satelit BRIsat mencapai angka Rp 3,375 triliun. Direncanakan BRIsat akan mengorbit di langit Papua menggantikan satelit Indosat yang telah habis masa tugasnya. Bank Rakyat Indonesia sebagai pemilik BRIsat mengklaim bahwa satelit ini mampu meminimalisir gangguan jaringan di lebih dari 10 ribu kantor cabang BRI.


Hadirnya satelit BRIsat membawa angin segar bagi perkembangan dunia perbankan di Indonesia. Bagaimana tidak, ditengah luasnya wilayah Indonesia terutama daerah-daerah terpencil seringkali hanya mampu di jangkau oleh BRI. Kehadiran satelit mungkin saja memberi dampak positif bagi wilayah pelosok untuk dapat menikmati fasilitas mumpuni dalam mengembangkan segala potensinya.

Manfaat Satelit BRIsat

Seperti yang dilansir oleh kompas.com, Direktur Utama BRI, Asnawi mengungkapkan diantara manfaat BRIsat dikemudian hari.

"Kami juga ingin melakukan otomasi di kantor internal. Jadi kita mengurangi penggunaan terlalu banyak kertas. BRI juga ingin membuat BRI Zone, yakni akses wifi di ruang publik yang merupakan tanggung jawab sosial BRI,"


Ya. WiFi di ruang publik sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang terutama di kalangan eksekutif muda dan pelaku bisnis online saat ini. Dengan hadirnya BRI Zone tentu diharapkan memberikan terobosan-terobosan baru terkait hal itu. 


Pembuatan BRIsat dilatarbelakangi oleh pemangkasan pengeluaran komunikasi antar badan pegawai selain itu juga dengan pelanggan baik di seluruh Indonesia maupun di luar negeri. BRI mengklaim akan mampu menghemat biaya telekomunikasi sebesar 1/2 dari biaya semula dengan memanfaatkan teknologi satelitnya.

Sebagai rakyat Indonesia tentu saja kita harus bangga dengan hadirnya teknologi satelit BRIsat ini. Diharapkan akan memberi dorongan inovasi layanan serta produk perbankan berbasis teknologi tingkat tinggi. Semoga akan membawa dampak baik terhadap perekonomian negara yang otomatis membawa harapan baik pula bagi segenap masyarakatnya dikemudian hari. Perkembangan tersebut bisa saja memperluas kesempatan bisnis bagi UMKM, kecepatan akses teknologi internet, dan lain sebagainya untuk bisa dinikmati oleh para nasabah. 

Selamat mengorbit Satelit Indonesia BRIsat, jaya selalu diudara!

0 komentar

Post a Comment