Cara Menabung dari Tiga Sumber Penghasilan Berbeda

jenis sumber tabungan

Cara Menabung Dengan Tiga Macam Penghasilan yang Berbeda, Bisa!

Pengeluaran adalah salah satu  komponen keuangan yang dapat kamu prediksi dengan cara kamu membuat budget bulanan, namun untuk penghasilan kamu mungkin tidak dapat diprediksi dengan semudah itu. Hal tersebut dikarenakan ada tiga macam penghasilan. Maka, dibutuhkan  tiga strategi menabung yang berbeda pula. Bagi kamu yang belum mengetahui tiga macam penghasilan dan bagaimana strategi menabungnya. Check this out!



Cara Menabung dari 3 Jenis Penghasilan Berbeda | ANWARIZ.com - Cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang jika ingin menjadi kaya secara keuangan adalah dengan menabung. Jika sudah memiliki tabungan pasti banyak hal yang dapat kamu lakukan. Salah satunya seperti ingin membeli mobil, perhiasan atau bahkan rumah sendiri atau bahkan kamu dapat membuka usaha sendiri. Jumlah yang akan kamu tabung berasal dari penghasilan kamu setiap bulan yang sudah kamu kurangi dengan pengeluaran bulanan yang rutin kamu lakukan. 

Pengeluaran adalah salah satu  komponen keuangan yang dapat kamu prediksi dengan cara kamu membuat budget bulanan, namun untuk penghasilan kamu mungkin tidak dapat diprediksi dengan semudah itu. Hal tersebut dikarenakan ada tiga macam penghasilan. Maka, dibutuhkan  tiga cara menabung yang berbeda pula. Bagi kamu yang belum mengetahui tiga macam penghasilan dan bagaimana strategi menabungnya. Check this out!



1.    Penghasilan Berbentuk Gaji Tetap



Pada dasarnya, karyawan kantoran pasti menerima penghasilan atau dengan kata lain mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Jika gaji tetap sekeras apapun kamu bekerja, penghasilan yang kamu peroleh setiap bulan akan sama selalu sama. Keuntungan memiliki gaji tetap salah satunya adalah kamu bisa dengan mudah menghitung pengeluaran yang harus dilakukan setiap bulannya. Ini merupakan salah satu strategi yang dapat kamu lakukan jika memiliki penghasilan berbentuk gaji tetap. Sebagai contoh jika kamu memiliki penghasilan setiap bulan sebesar 5 juta dan memilki target menabung 500 ribu  (10% dari gaji). Maka kamu harus dapat sisihkan jumlah tersebut langsung pada saat kamu menerima gaji. 



2.    Penghasilan Berbasis Insentif



Untuk penghasilan ini agak sedikit berbeda dari yang sebelumnya karena terdiri dari komponen gaji tetap dan ditambah dengan uang insentif yang besarnya tergantung pada kondisi tertentu. Contohnya, karyawan yang bekerja di departemen Sales dan Marketing pada umumnya memiliki gaji tetap. Namun, tidak hanya itu saja penghasilan yang akan didapatkan. Penghasilan mereka akan ditambah dengan insentif per bulan sesuai prestasi kerja di bulan tersebut. 

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Mudah

Untuk penghasilan jenis ini, kamu bisa menggunakan cara persentase alokasi menabung yang berbeda untuk komponen gaji tetap dan insentif.  Namun, patokan utama tetap perlu didasarkan pada komponen gaji tetap. Hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk antisipasi atas kemungkinan jika tidak memperoleh insentif sama sekali di bulan tersebut. 

Contoh penerapan strategi menabung dapat kamu lihat pada tabel di bawah:

tabungan dari 3 sumber pernghasilan berbeda



3.    Penghasilan Tidak Tetap



Untuk penghasilan yang terakhir biasanya dimiliki oleh wiraswastawan dan freelancer.  Dalam kondisi tertentu, kamu bisa saja tidak memperoleh penghasilan sama sekali. Begitu pula sebaliknya, ada kalanya kamu justru memperoleh penghasilan yang besar. Strategi terbaik untuk menabung dengan kondisi ini adalah dengan cara melakukan pengecekan terhadap penghasilan bulanan selama setahun belakangan ini. Lalu kamu bisa memilih bulan dengan penghasilan terendah untuk kamu jadikan patokan menabung. 

Contohnya kamu adalah seorang wiraswasta dengan memilki usaha catering. Jika dalam setahun terakhir, penghasilan yang kamu dapatkan berkisar di antara Rp 5 juta – Rp 10 juta. Namun, ada satu bulan di mana penghasilan yang didapatkan hanya sebesar Rp 3 juta. Maka, lebih baik kamu gunakan penghasilan terendah yang Rp 3 juta sebagai patokan kamu menghitung alokasi tabungan dan membuat budget. Nah, itu dia tiga cara menabung dan cara strategi yang dapat kamu lakukan. Selamat mencoba dan selamat berhemat !



Penulis Tamu : Saskia Nikita Sibo
Website : Halomoney.co.id

0 komentar

Post a Comment