Resep Praktis Kue Balok Khas Garut Lengkap dengan Cara Membuatnya




anwariz.com - Selamat sore buat pembaca setia blog sederhana ini dimana saja Anda berada. Kali ini saya tertarik sekali mengulas tentang Kue Balok Khas Garut yang Lembut. Yaa... Mungkin pernah menyaksikan sinetron yang dibintangi Kang Mus, dan Kang Komar, waktu itu tayang setiap sore menjelang maghrib. Betul sekali, Preman Pensiun judul sinetron komedi tersebut. Kalau Anda perhatikan, di salah satu adegan Kang Komar yang kerap kali berkumpul di areal pasar, sering memesan makanan ringan sambil ngopi bareng anak buahnya. Bahkan dia pernah menyuruh salah satu anak buahnya Iwan untuk membeli Kue Balok ke Garut. Kan greget banget yaa.. Mungkin ia tau kenikmatan Kue Balok Khas Sunda khususnya Garut ini.. hehehe

Oh ya, kenapa sih kok disebut Kue Balok? Kue Balok memiliki bentuk yang lebih kecil dari kue bolu, dan bentuknya agak mirip balok gitu. Kue balok ini biasanya dijual di gerobak-gerobak khusus penjajak kue balok dan paling direkomendasikan disantap saat masih hangat kuku. Meskipun barangkali belum banyak orang yang mengetahuinya atau mungkin masih kalah populer sama kue cubit, tapi bagi mereka (mungkin juga Anda) yang sudah pernah mencicipi kue balok akan sangat terkagum-kagum akan citarasa nikmat dan lembutnya.

Untuk Anda yang belum pernah mencicipi Kue Balok tidak usah khawatir. Tenang saja yaaa., saat ini tdak perlu jauh-jauh memesan kue balok itu ke Garut lagi. Karena dengan Resep Membuat Kue Balok yang Enak dan Lembut ini Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Yuk langsung saja simak resepnya dibawah ini!


Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 1/2 kg telur
  • 1/2 kg gula pasir
  • Margarin secukupnya
  • 1 buah susu sachet
  • 2 buah soda kue
  • 2 bauh vanili bubuk
Cara Membuat Kue Balok Khas Garut yang Lembut:

1. Kocok gula dan telur sampai mengembang, kemudian masukkan mentega dan kocok terus sampai mentega tercampur rata dengan kocokan telur. Matikan mikser, masukkan susu bubuk, tepung, soda kue dan vanili. Aduk-aduk terus selama 3 menit, lalu diamkan selama 15 menit.

2. Panaskan cetakan, olesi dengan minyak, lalu masukkan adonan (jangan sampai penuh, cukup 1/2 tinggi cetakan, lalu masak sampai adonan mengembang. Kemudian tutup, dan masak dengan api kecil sampai matang (bagian atas tidak lengket).


3. Ini dia kue baloknya sudah jadi, siap disajikan bersama keluarga tercinta.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara Membuat Kue Balok khas Garut agar Lembut dan Nikmat. Sebenarnya kue balok khas Bandung juga bisa Anda buat sendiri dengan mengkreasikan resep di atas. Saat penganan lembuk nan lezat selesai dibuat maka sajikan bersama keluarga tercinta agar menambah keakraban anggota keluarga. Jika resep di atas bermanfaat, maka jangan sungkan membagikannya kepada teman-teman di media sosial ya. Terimakasih banyak, selamat mencoba resep-resep kue tradisional, masakan , kuliner khas Indonesia pada rubrik Kuliner!

0 komentar

Post a Comment