Wisata Edukasi ke Villa Isola Bandung

isola upi bandung gedung rektor
Pesona Villa Isola
ANWARIZ.com - Wisata Edukasi di Bandung - Villa Isola adalah bangunan villa yang terletak di kawasan pinggiran utara Kota Bandung. Terletak didataran tinggi, sebelah kiri Jln. Setiabudhi akses menuju tempat Wisata Lembang, gedung ini digunakan oleh IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung, yang sekarang namanya menjadi Universitas Pendidikan Indonesia-UPI). Villa Isola adalah salah satu bangunan bergaya arsitektur Art Deco yang banyak dijumpai di Bandung.
Villa Isola didirikan pada tahun 1933, dahulu kala ternyata gedung eksotis ini milik seorang hartawan Belanda bernama Dominique Willem Berretty. Kemudian bangunan mewah yang dijadikan rumah tinggal ini dijual dan menjadi bagian dari Hotel Savoy Homann. Mengikuti perkembangannya, Villa Isola digunakan sebagai kantor rektorat oleh Universitas Pendidikan Indonesia (dulu IKIP) hingga sekarang.

villa isola upi
Villa Isola Bandung
gedung isola upi bandung
Villa Isola Tempo Dulu
Gedung Bumi Siliwangi
bumi siliwangi
Isola UPI Bandung

 Villa Isola menjadi Bumi Siliwangi
Setelah kematian Berretty, Villa Isola menjadi milik Hotel Savoy Homann. Pada masa pendudukan Jepang, tempat ini menjadi markas tentara kerajaan… nasib buruk bagi bangunan yang dibangun pada tahun 1933 oleh uang dari Jepang sendiri.
Setelah kemerdekaan Indonesia., Villa ini direnovasi dan diberi nama Bumi Siliwangi. Di bagian paling atas kemudian dibangun satu lantai lagi. Pada tanggal 20 Oktober 1954, Mr. Ali Sostroamidjojo, Perdana Menteri saat itu, mempersembahkan gedung sebagai markas besar UPI dan Prof Moh. Yamin, Menteri Pendidikan saat itu, menanam pohon beringin di dekat kolam renang pada peresmian selesainya renovasi bangunan ini. Sayangnya sekarang kita sulit menemukan kecantikan arsitektur bangunan ini.

Villa ini sudah beralih fungsi dari rumah tinggal menjadi kantor rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Taman bunga, sawah dan kolam kecil berisi 5 ekor angsa hitam sekarang sudah tidak ada lagi. Daerah sekelilingnya sekarang sudah dipenuhi dengan ruang kelas, mahasiswa yang lalu lalang, tempat tinggal dan jalan raya yang ramai.
Dilahirkan di Banyu Biru (dekat Ambarawa, Jawa Tengah) pada tahun 1882, Schoemaker dikenal sebagai Bapak gaya arsitektur Art-Deco di Bandung. Dia dikenal mahir menyelaraskan arsitektur Eropa modern dengan lingkungan tropis. Keahliannya memadkan elemen dekoratif kuno dan arsitektur modern menjadikan dia arsitek Indonesia terbaik pada jamannya. Kelak di kemudian hari dia menjadi profesor di Institut Teknologi Bandung. Di antara murid-muridnya, adalah Ir. Soekarno yang menjadi presiden pertama Republik Indonesia. Beliau meninggal pada tahun 1949 di kota Bandung yang dicintainya, dan dimakamkan di Pemakaman Pandu.

Villa Isola Tampak Malam

Desain arsitektur Villa Isola ini sangat ketal bergaya art deco. Di masa itu, Belanda memang sedang dalam pamornya membangun bangunan-bangunan yang memiliki ciri khas dan keunikannya. Schoemaker nampaknya mewujudkan ciri tersebut dengan desain bangunan vila yang terbilang unik atau berbeda dengan desain bangunan yang umumnya bergaya campuran Eropa dan Hindia Belanda. Namun Villa Isola, lebih kental gaya bangunan Eropanya dibanding gaya bangunan tropis. Menurut beberapa arsitek Indonesia, detil desain bangunan Villa Isola dinilai tidak ramah dengan cuaca Indonesia dengan curah hujan yang rapat. Ada banyak bagian-bagian yang mudah menjebak air hujan dan membuatnya menjadi lembab. Benarkah demikian? Silakan sempatkan main ke Bandung lalu mampir ke lokasi, nanti akan berjumpa dengan saya disitu. :D 

Baca juga:  Wisata Kuliner Garut

Sekedar informasi saja bahwa Villa Isola ini sering dijadikan latar belakang saat mahasiswa melakukan foto-foto bersama dilokasi taman dekat gedung ini. Anda tertarik mengunjunginya? Demikian ulasan tentang Villa Isola sebagai Tempat Wisata di Jawa Barat juga sebagai tempat wisata edukasi di bandung.

0 komentar

Post a Comment