7 Tempat Wisata Jogja Paling Populer Sebagai Destinasi Liburan

tempat wisata jogja favorit
Tempat Wisata Jogja
wisata malioboroBlog Personal Terbaik - Potensi pariwisata Jogjakarta tidak kalah menariknya dari Sanghyang Heuleut Bandung. Daerah Istimewa Yogyakarta yang biasa di singkat DIY juga akrab disapa Jogjakarta adalah kawasan wisata yang sudah terkenal sama halnya seperti objek wisata pulau Bali, walaupun turis asing yang berkunjung tidak seramai pulau Bali, jika di Bali terdapat banyak sekali Pura, di Yogyakarta terdapat banyak sekali Candi yang merupakan bangunan bersejarah pada jaman dahulu.

Yogyakarta merupakan Daerah Istimewa yang setingkat propinsi di Indonesia dan merupakan tempat peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta serta Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak pada bagian selatan dari Pulau Jawa bagian tengah yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Berikut ini ada 7 Tempat Wisata Jogja Paling Populer sehingga tak heran banyak pengunjung asing berdatangan ke lokasi ini.

1. Malioboro
Malioboro merupakan nama salah satu jalan di Jogja, menjadi destinasi favorit ketika mengunjungi kota gudeg. Di sekitar jalan Malioboro, Anda dapat mencicipi makanan dan aneka jajanan khas Jogja. Kawasan Malioboro juga menjadi tujuan utama pata pecinta wisata belanja Jogjakarta yang terkenal. Jalan Malioboro dahulu digunakan sebagai rute upacara hingga terbentuklah sebuah garis lurus jika ditarik dari Keraton Yogyakarta ke arah Gunung Merapi.

Di kawasan ini, Anda juga dapat menikmati suguhan kuliner sekedar untuk menyantap hidangan bergaya lesehan. Ketika malam menjelang, Anda pun bisa menikmatinya dikawasan ini. Malioboro adalah destinasi favorit di Jogja, sekedar untuk kopi darat bersantai di depan Monumen Serangan 11 Maret, Anda dapat menikmati suasana Malioboro bersama keluarga.

2. Kotagede

Kotagede merupakan Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru ketika mendirikan istananya pada tahun 1575 silam. Menurut sejarah, Panembahan Senopati adalah keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno saat mendirikan membangun Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Bagi Anda yang suka berjalan kaki maka Kotagede adalah pilihan tepat untuk dieksplor keindahan bangunannya. Di kawasan ini pula akan dijumpai toko-toko perak tradisional dan rumah berubin mozaik berjejer rapi di tepian jalan. Rumah-rumah tersebut merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan pada zaman dahulu. Anda dapat melihat-lihat dan membeli kerajinan perak unik menarik buatan tangan sang perajin dilokasi ini. Pada masa sekarang kawasan Kotagede adalah pusat industri perak di Yogyakarta.
3. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu terbesar di kawasan Asia Tenggara, berketinggian 47 meter dan telah dinyatakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Inilah pula candi Hindu paling megah yang ada di Indonesia. Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yakni Jogjakarta dan Jawa Tengah. Objek wisata Jogja ini memiliki panorama nan memikat, sungguh eksotik di kala senja tatkala cahaya matahari menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang mempesona. Dari dekat, Anda dapat menyaksikan pemandangan arsitektur dan desain candi yang begitu indah.

Candi Prambanan adalah sebuah tempat wisata di Jogja dengan cerita uniknya yang bergitu memukau. Lokasi candi Jogja yang satu ini berdekatan dengan Candi Borobudur, hal ini memberikan pesan kuat bahwa sejak dahulu kala telah terjadi keharmonisan antar pemeluk agama Buddha dan Hindu khususnya untuk wilayah Pulau Jawa. Jika Anda berkunjung ke Jogjakarta akan lebih asyik jika menyempatkan berkunjung ke lokasi Candi Prambanan untuk menyaksikan kemegahan bangunan kuno tersebut dari dekat.

4. Pantai Parangtritis


Konon katanya, menurut cerita masyarakat lokal, pantai ini dianggap suci atau keramat. Menurut legenda, pantai Parangtritis adalah kediaman Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Pantai Selatan yang terkenal dengan pakaiannya serba hijaunya. Oleh sebab itu, pengunjung pantai dilarang menggunakan pakaian warna hijau ketika berada di kawasan pantai Parangtritis ini.

Gemuruh ombak menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke lokasi wisata pantai ini. Bukit hijau bernuansa tetuh menjadi tamahan daya pikat pantai Parangtritis. Jika suka, Anda dapat pergi ke Parangwedang, sebuah tempat sumber air panas di Jogja sekedar untuk berendam guna menyegarkan kembali tubuh Anda yang mulai lelah. Selain itu, bersantai di gubug yang berjejer di pinggir pantai adalah pengalaman menarik tatkala menikmati wisata pantai Parangtritis.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah contoh keunikan karya arsitektur tradisional tanah Jawa. Menurut catatan sejarah keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790-an dan merupakan pusat kegiatan kesultanan di Jogja. Sultan Yogya adalah gubernur di provinsi Yogyakarta, sekaligus pula adalah kepala budaya di Jogja yang dihormati dan dicintai oleh seluruh masyarakat Jogja.

Menyusuri setiap jengkal bangunan di kompleks kerajaan adalah cara terbaik menikmati salah satu tempat wisata di Jogja ini. Salah satu bangunan yang paling mengesankan di Keraton Yogyakarta adalah Bangsal Kencono, yakni berupa “paviliun bertahtakan emas” cantik dipandang mata. Bangunan megah ini merupakan contoh kesenian Jawa yang mencerminkan keragaman agama dan budaya daerah. Anda tidak akan menemukan penjaga militer di dalam kompleks keraton ini karena diyakini wilayah keraton dilindungi energi ghaib.
6. Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah  laboratorium dengan gaya asyik rekreasi yang sangat bermanfaat bagi para pelajar. Terlerak di pusat kota Jogja, tempat pelajar dapat secara bebas dan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah secara  langsung.

Sebagai sarana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum juga bagi rombongan pelajar dari berbagai kota. Tersedia berbagai fasilitas pendukung, diantaranya adalah tempat makan, ruang audiovisual, area bermain, dan ruang pertemuan multifungsi. Anda cukup membayar tiket masuk Taman Pintar Yogyakarta ini sebesar Rp 15 ribu per orang (dewasa), Rp 8 ribu per orang (anak-anak), dan Rp 15 ribu per orang jika hendak mengunjungi planetarium ditempat ini.

7. Museum Sonobudoyo
Pada zaman dahulu Museum Sonobudoyo adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Yayasan ini berdiri di Surakarta pada tahun 1919 bernama Java Instituut. Dalam keputusan Konggres tahun 1924 Java Instituut akan mendirikan sebuah museum di Yogyakarta. Pada tahun 1929 pengumpulan data kebudayaan dari daerah Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Panitia Perencana Pendirian Museum dibentuk pada tahun 1931 dengan anggota antara lain: Ir.Th. Karsten P.H.W. Sitsen, Koeperberg. 


Museum Sonobudoyo terbuka untuk umum, buka dari pukul 8 pagi hingga 14 sore. Pada hari senin, hari libur, dan hari besar akan tutup untuk kunjungan publik. Untuk dapat masuk ke tempat wisata Jogja yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Museum Sonobudoyo sebesar Rp 3 ribu per orang (dewasa) dan Rp 2.500 per orang (anak-anak). Untuk wisatawan asing, harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Itulah beberapa tempat wisata paling terkenal di Jogja, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca setia ANWARIZ.com.

0 komentar

Post a Comment