Sanghyang Heuleut Saguling Pesona Green Canyonnya Bandung Barat

ANWARIZ Blog | Sanghyang Heuleut Bandung Barat - Baru-baru ini sedang menjadi perbincangan hangat pecinta wisata atau bahasa kerennya travellers. Sebuah keajaiban alam tepian Saguling Cipatat - Kab. Bandung Barat. 
sanghyang heuleut bandung
Gambar via rjsyahrulloh[dot]blogspot[dot]com
Mungkin Anda jadi teringat akan legenda Jaka Tarub yang mencuri selendang bidadari kahyangan ketika sedang mandi, bukan? Atau mungkin saja sebagian diantara pembaca ada yang sudah pernah mengcicipi indahnya bumu Belitong seperti yang diceritakan dalam Film Laskar Pelangi dengan batu-batuan besarnya nan eksotis? Sensasi seperti itu bisa Anda rasakan terutama untuk warga sekitar priyangan timur seperti Bandung, Garut dan sekitarnya.

lokasi sanghyang heuleut saguling
Gambar via sebandung[dot]com
Ya. Telah ditemukan sebuah lokasi indah dan eksotis di Bandung layaknya dalam film Laskar Pelangi. Lebih tepatnya lagi Anda dapat mengunjungi Sanghyang Heuleut Saguling yang berlokasi di Bandung Barat, Padalarang. Konon katanya menurut beredarya mitos warga setempat, Sanghyang Heuleut Saguling ini merupakan tempat mandinya bidadari yang turun dari Khayangan. Namun, terlepas dari Mitos yang beredar belakangan ini Sanghyang Heuleut ini memang menjadi salah satu objek wisata yang tidak pantas untuk dilewatkan. Disana anda akan menemukan danau kecil yang dikeliling oleh bebatuan yang cantik. Anda bahkan berkesempatan untuk naik ke batu-batu tebing besar sekedar untuk berfoto bersama keluarga tercinta di Sanghyang Heuleut Saguling - Cipatat. 

wisata sanghyang heuleut bandung
Gambar via rjsyahrulloh[dot]blogspot[dot]com
Bandung sendiri memiliki pesona wisata yang indah selain Sanghyang Heuleut. JIka Anda berada diluar Kota Bandung maka tidak ada salahnya merasakan sensasi tebing-tebing besar dan genangan air kehijauan seperti Geen Canyon. JIka diartikan dari namanya, Sanghyang sendiri berarti tempat yang suci sedangkan untuk Heuleut artinya diantara dua waktu. Sanghyang Heuleut merupakan tempat yang pada awalnya tidak terjamah oleh manusia bahkan dianggap keramat karena tertutup oleh banyaknya bebatuan yang menjulang tinggi. Tetapi, pada kenyataannya saat ini Wisatawan baik domestik maupun dari luar kota Bandung banyak yang berdatangan merasakan sensasi Sanghyang Heuleut.


Terkait: 
10 Tempat Wisata Lombok Paling Indah Destinasi Liburan

Sekarang sudah memasuki musim penghujan, rasanya menjadi saat yang tepat untuk berkunjung kesana menikmati keindahan tersembunyi yang tersimpan di Sanghyang Heuleut. Anda tidak perlu khawatir bila ingin mengunjungi Sanghyang Heuleut sebagai rekomendasi tempat yang hendak dikunjungi. Karena kini Anda dapat dengan mudah berkunjung ke Sanghyang Heuleut menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Perjalanan menuju lokasi terbilang cukup mudah. Sanghyang Heuleut ini letaknya hanya 5 kilometer saja dari Gate/Gapura PLTA Saguling.

objek wisata sanghyang heuleut cipatat saguling
Gambar via ink361[dot]com
Eksotisme tebing bebatuan menjulang yang mengelilingi permukaan danau membuat pengunjungnya berdecak kagum Atas Kemahakuasaan Tuhan. Sanghyang heuleut juga menawarkan keindahan berupa hijaunya pepohonan nan rimbun yang menampilkan kesan teduh serta menyejukkan. Bahkan di sepanjang perjalanan menuju Sanghyang Heuluet, Anda akan menemukan gunung kecil didalamnya terdapat sebuah gua yakni Gua Sanghyang Poek namanya.


Sebelum pemberangkatan kelokasi disarankan membawa perlengkapan makanan yang cukup khususnya air minum. Karena selama perjalanan Anda tidak akan menemukan pedagang maupun kamar kecil. Gunakan sepatu yang tidak licin dan pakaian yang tidak membuat sulit bergerak. Dianjurkan tidak datang kesini ketika musim hujan. Ada berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Sanghyang Heuleut. Berkemah, bersantai di tebing batuan besar, berenang, bermain air di sungai, memancing, hunting foto, dan masih banyak aktivitas lain.

Demikian ulasan singkat tentang gambaran Sanghyang Heuleut Pesona Green Canyon Bandung Barat lokasi wisata Bandung yang menyejukan mata. Semoga menginspirasi rekan-rekan Travellers.

0 komentar

Post a Comment