10 Tempat Wisata Lombok Paling Indah

ANWARIZ.com | 10 Tempat Wisata Lombok Destinasi Liburan Keluarga Anda - Lombok memiliki objek wisata populer diantaranya ada gunung berapi dikenal dengan nama Rinjani tingginya mencapai 3.726 meter DPL. Gunung Rinjani Lombok merupakan gunung tertinggi ke-tiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.805 m dpl), dan Jaya Wijaya /Punak Cartenzs (4.884m dpl) tertinggi pertama. Berbagai tempat wisata di Lombok yang populer lebih didominasi oleh keindahan wisata alamnya nan eksotis.

tempat wisata di lombok tujuan liburan favorit
Sumber gambar balikoala.com


Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Lombok memiliki keindahan alam, seperti pantai, gunung, dan pulau. Berkunjung ke tempat wisata populer di Lombok mungkin akan jadi perjalanan mengesankan Anda sekeluarga. Anda suka surfing?, Cobalah mengarungi deburan ombak di laut Lombok. Sebab deburan ombak laut lombok sangat menantang bagi para pecinta olahraga ekstrim ini.

tempat wisata lombok
Sumber gambar ndahsaja.com

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Lombok paling Indah untuk Anda  coba kunjungi.


1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah objek wisata Lombok yang telah diresmikan sebagai taman nasional oleh pemerintah Republik Indonesia, yakni sebuah ekosistem yang dilindungi pemerintah Indonesia dengan karakter hutan hujan pegunungan dan savana. Taman Nasional Rinjani memiliki luas area sekitar 40.000Ha (hekta are).

Kawah Gunung Rinjani sangat luas, ada danau kawah yang disebut Danau Segara Anak. Disarankan untuk melakukan bersih diri dan berjiwa tenang sebelum memandang kembali Danau Segara Anak. Danau ini dapat digunakan juga sebagai tempat pemancingan masyarakat atau pengunjung.

2. Pantai Senggigi

Ini adalah tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Pantai Senggigi di Lombok memiliki keindahan pantai yang menawan hati. Banyak wisatawan luar negeri yang datang ke pantai ini. Pantai Senggigi menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, sungguh menawan bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.

Dengan garis pantai yang panjang dan tegas, Pantai Senggigi Lombok menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Hal-hal inilah yang membuat Pantai Senggigi di Lombok menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan mancanegara.

Turis-turis yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, dan bermain-main di tepi pantai.

3. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong ini terletak di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Salah satu tempat wisata di Lombok ini mudah dijangkau dari berbagai rute. Rute ke Pantai Sekotong dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 60 mm melewati Pelabuhan Lembar. Jika mengambil rute dari Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah, maka jarak tempuh ke Pantai Sekotong ini akan berjarak sekitar 75 – 85 km.

4. Pantai Kuta Lombok

Ini bukanlah pantai Kuta yang ada di Bali, melainkan sebuah pantai indah yang terletak di arah selatan Pulau Lombok. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu dari sejumlah tempat menarik di Lombok yang menawan.

Secara geografis kawasan pantai ini dikelilingi oleh alam perbukitan. Selain itu, Pantai Kuta Lombok memiliki pasir pantai yang putih dan secara umum belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jangan heran jika pantai ini terasa sepi manakala Anda mengunjunginya.

Pantai Kuta di Lombok secara administratif berada di Desa Kuta, lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Rute perjalanan ke Pantai Kuta Lombok jika ditempuh dari Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 1.5 jam. Anda akan melewati Kota Mataram jika mengambil rute perjalanan Senggigi – Pantai Kuta.

5. Gili Air, Meno,Trawangan Lombok

Lombok menjadi destinasi wisata turis mancanegara kerena keindahan dan keeksotisan alamnya. Maka tak heran jika setiap musim libur tiba tempat ini semakin dipadati pengunjung.

Gili Trawangan terletak di bagian barat Lombok ini memiliki air laut yang bening dan jernih, pasir putih yang bersih, terumbu karang, serta aneka ikan hias yang menawan.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur. Tersedia banyak fasilitas publik yang lengkap di tempat wisata Lombok yang satu ini, di antaranya hotel dan penginapan, restoran, cafe, diskotik, dan tempat ibadah. Dari daratan Lombok, perjalanan menuju 3 gili ini akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Gili Trawangan adalah pulau yang terjauh di antara ketiga gili. Banyak anak-anak muda yang datang ke Gili Trawangan karena sering digelar pesta pantai dengan alunan musik sepanjang malam.

Gili Meno adalah tempat relaks yang tepat untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana pantai yang relatif sunyi. Posisi Gili Meno ini terletak di tengah-tengah diantara ketiga gili. Sementara Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok. Banyak wisatawan datang ke Gili Air bersama dengan keluarga mereka. Gili Air memiliki jumlah penduduk lokal yang lebih banyak ketimbang gili lainnya.

6. Pantai Selong Belanak

Selain Senggigi, ini adalah salah satu wisata pantai di Lombok yang menawan. Pantai Selong Belanak ini terletak di Kabupaten Lombok Tengah, memiliki pasir pantai yang putih dan bersih.

Butiran pasir di pantai ini begitu halus, namun saat terkena air laut akan mengeras. Oleh karenanya, Anda akan melihat sejumlah kendaraan dapat lalu lalang melewati bibir pantai. Ini adalah salah satu tempat wisata pantai yang menarik di Lombok.

7. Pantai Tanjung Aan

Untuk sampai di Pantai Tanjung Aan ini, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram.

Pasir putih yang bersih serta air laut yang kebiruan dan jernih adalah salah satu karakteristik di tempat wisata Lombok ini. Secara geografis, posisi Pantai Tanjung Aan berada dekat dengan Pantai Kuta Lombok. Perjalanan ke Pantai Tanjung Aan dari kota Mataram akan berjalan lancar sebab jalanan beraspal dan mulus akan mengantarkan Anda dengan cepat ke tempat tujuan.

8. Tanjung Bloam

Tempat wisata Lombok yang satu ini memang kurang banyak dikenal oleh banyak wisatawan. Selain itu, akses jalan menuju Tanjung Bloam juga tidak begitu baik. Jalan menuju tempat ini masih belum beraspal, juga Anda akan sering mendapatkan pemandangan gersang dan tandus di sepanjang perjalanan menuju Tanjung Bloam.

Tanjung ini berada di bagian selatan Lombok, secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Barat. Rute ke Tanjung Bloam jika ditempuh dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 2.5 jam. Kekuatan Tanjung Bloam adalah panorama pantai yang indah yang adalah pula potensi utama yang dimiliki salah satu pantai Lombok ini.


Baca juga: 10 Tempat Wisata Murah Meriah di Bandung

Di Tanjung Bloam, Anda akan menyaksikan konservasi penyu dengan habitat di sekitar tebing dan berada di sepanjang garis pantai yang terbentang dari ujung utara hingga selatan. Di Tanjung ini, Anda akan melihat dua tebing batu padas yang mengapit pantai. Panorama alam di pantai ini demikian indah, Anda akan mendapati hamparan pasir putih dan memandang betapa biru dan jernihnya air laut yang dimiliki Tanjung Bloam.

9. Bangko Bangko Lombok

Inilah tempat surfing di Lombok yang patut Anda kunjungi jika ingin menikmati surfing atau kegiatan berselancar. Salah satu tempat surfing terpopuler Indonesia ini telah dinobatkan pula sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas  versi International surfing Association.

Jika Anda tertantang untuk surfing di Desert Point, maka Anda dapat mengambil rute perjalanan dengan menaiki kapal Ferry dari Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Desert Point, masyarakat lokal menyebutnya sebagai Bangko-Bangko, adalah pantai tujuan surfing yang terletak di Barat Daya Pesisir Lombok.

10. Rumah Adat Dusun Sade

Dusun Sade, salah satu dusun tradisional yang masih asli. Terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Bangunan rumah-rumah penduduk di sini terbuat dari konstruksi bambu serta daun alang-alang sebagai atapnya. Mayoritas matapencaharian penduduknya adalah sebagai petani. Penghuni di Desa Sade Lombok ini sekitar 715 jiwa. Jumlah mereka relatif tidak bertambah karena keluarga yang baru menikah kalau tidak mewarisi rumah orang tuanya akan membangun rumah di tempat lain. Disamping arsitektur rumah, sistem sosial dan kehidupan sehari-hari mereka masih sangat kental dengan budaya masyarakat Sasak jaman dulu.

Itulah 10 Tempat Wisata Lombok sebagai alternatif tujuan berlibur Anda sekeluarga. Semoga perjalanan berlibur di lombok menjadi tak terlupakan. Salam senyum!

2 komentar:

  1. lombok memang surganya wisata sama seperti bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar tuh mbak Dora.. Destinasi wisata yang eksotis!

      Delete