Adolphe Sax Ikut Dirayakan Google Ganti Doodle, Ini Alasannya

adolphe sax penemu saksofon
Gambar via trentekno[dot]com
Adolphe Sax, Sang penemu Saksofon kemarin (6/11) menghiasi laman Google dengan menjadi Doodle. Dahulu, hasil temuan laki-laki kelahiran 6 November 201 tahun lalu itu sempat tidak dianggap serius oleh kalangan musisi dunia. Sejarah baru mencatatnya bahkan jauh setelah berabad lamanya semenjak ditemukan. Instrumen dia diciptakan cukup bagus untuk band bernuansa militer pada masa itu, namun kurangnya apresiasi dari para musisi dijamannya.
Adolphe Sax lahir di Belgia kemudian ia menghabiskan hidup di awal abad ke-19 ini pernah terkena hantaman bata tepat di kepalanya entah kenapa sebabnya tak diketahui. Sax ini terbilang selengean konon katanya Sax sempat menelan jarum, terjatuh di tangga, menggulingkan diri ke kompor yang sedang menyala, dan secara tak sengaja meminum asam sulfat. Namun menjelang dewasa, Sax kemudian menemukan alat musik saksofon yang sekarang kita kenal karena suaranya nan eksotis.

adolphe sax menjadi doodle di google
Gambar via bintang[dot]com
Beliau mematenkan hasil karyanya dengan 2 hak paten tepatnya pada tahun 1846, yakni orkestra (in C dan in F) dan band (in Bb dan in Eb). Berjenis alat musik tiup, instrumen tersebut cocok dimainkan untuk mengiringi band militer. Namun, sayang seribu sayang karyanya tersebut kurang disambut baik bahkan cenderung kurang diapresiasi pada masa itu.

Baca juga: Pesona Sanghyang Heuleut Surga Tersembunyi Bandung

Adolphe Sax meninggal di Paris pada 7 Februari 1894, . Namun selepas meninggalnya beliau, alat musik tiup saksofon memperoleh posisi yang kokoh dalam kancah per-musik-an dunia. Melebarkan sayap ke Amerika Serikat, instrumen asal Belgia tersebut mampu menjadi ikon berbagai jenis musik, baik jazz maupun rock and roll. Memasuki tahun 1920, popularitas musik klasik mengalami kemunduran secara signifikan sehingga segala jenis musik berbau jazz dan saksofone seketika mati suri pada masa tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai kenapa Adolphe Sax Ikut Dirayakan Doodle di Laman Google kemarin. Semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. Salah satu alat musik yg unik..

    ReplyDelete
  2. Benar sekali, walau menelan kisah pahit pada awal penemuannya.. Namun sekarang menjadi primadona musisi dunia.

    ReplyDelete