7 Tempat Wisata Semarang Paling Populer, Ramai Pengunjung

tempat wisata populer kota semarang
Tempat Wisata Semarang Paling Populer

Blog Personal Terbaik - Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa. Potensi wisata kota Semarang terbilang cukup banyak mulai dari wisata pantai, pegunungan, air terjun, hingga wisata religi ada disini. Berikut ini Anwariz menyajikan 7 Tempat Wisata Semarang Paling Populer dan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

1. Museum Ronggowarsito
lokasi ronggo warsito semarang

Lokasi Museum Ronggowarsito tidak berada jauh dari bundaran Kalibanteng (Bandara Ahmad Yani) Semarang. Anda dapat menjumpai museum tersebut di Jln. Abdulrahman Saleh, Semarang. Museum Ronggowarsito kurang lebih memiliki 59.814 buah koleksi, terdiri dari berbagai kebudayaan serta peradaban zaman ke zaman. Tiket masuk untuk mengunjungi museum Ronggowarsito terbilang murah meriah yakni hanya sebesar Rp 4 ribu per orang (dewasa) dan atau Rp 2 ribu (anak-anak). Tersedia 4 gedung utama didalam museum ini, masing-masing memiliki cerita berbeda-beda mengenai latar belakang sejarahnya.

2. Pantai Maron

Lokasi Pantai Maron berada beberapa ratus meter saja di sebelah utara Bandara Ahmad Yani Semarang. Pantai Maron merupakan salah satu tempat wisata bagian barat Kota Semarang. Pantai Maron menyajikan keindahan pantai yang eksotis sehingga ramai dikunjungi wisatawan sekitar Semarang terutama setiap menjelang weekend. Apabila anda ingin berkunjung ke Pantai Maron, perlu diperhatikan bahwa jalanan menuju lokasi ini belum sepenuhnya rampung jadi musti ekstra hati-hati karena jika musim penghujan akses menuju lokasi kerap licin. Untuk mengunjung Pantai Maron Anda tidak perlu merogoh kecek terlalu dalam, cukup dengan 3,000 Rupiah saja sudah merasakan sensasi indahnya pantai. Minat mencobanya?

3. Lawang Sewu
tempat wisata lawang sewu

Lawang Sewu merupakan nama sebuah gedung tua di kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulu kala difungsikan sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu yang berarti seribu pintu berasal dari bentuk bangunannya karena mimiliki jumlah pintu serta jendela terbilang banyak. Suasna mistis, bangunan khas tempo dulu menjadi daya tarik tersendiri kenapa Lawang Sewu menjadi destinasi wisata favorit warga Semarang dan sekitarnya. Bangunan tua Lawang Sewu mempunyai lantai bawah tanah ketika zaman itu difungsikan sebagai penjara para tahanan Belanda. Harga tiket masuk Lawang Sewu terbilang murah hanya 10,000 Rupiah per orang.


Baca juga: Tempat Wisata di Lombok Tujuan Liburan

4. Mesjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

mesjid agung jawa tengah termegah

Masjid Agung Jawa Tengah berlokasi tepatnya di Jalan Gajah Raya kota Semarang. MAJT merupakan salah satu mesjid termegah di Indonesia yang banyak dikunjungi tidak hanya untuk beribadah, melainkan untuk kegiatan wisata rohani juga para wisatawan lokalmaupun luar kota. Mesjid Agung Jawa Tengah diresmikan pada tahun 2006, Masjid Agung Jawa Tengah memiliki luas kurang lebih 7,500 meter persegi srta mampu menampung sekitar 16,000 jamaah. Selain bangunan utama mesjid, di Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti auditorium, ruang akad pernikahan, perpustakaan, museum budaya Islam, kafe, tempat bermain anak-anak, dan lain-lainnya untuk dikunjungi.

5. Pagoda Buddhagaya Watugong

wisata pagoda semarang

Pagoda Buddhagaya Watugong memiliki ketinggian lebih dari 45 meter dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda Buddhagaya Watugong yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan merupakan tempat ibadah pemeluk agama Budha sekaligus tempat wisata di Semarang, lokasi Pagoda sangat menarik untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahan bentuk arsitektur bangunannya yang megah. Tertarik berkunjung?

6. Sam Poo Kong
kelenteng sam poo kong semarang

Klenteng Sam Poo Kong merupakan peninggalan dari Laksamana Cheng Ho seorang penjelajah muslim asal Tiongkok, saat berada ditanah Jawa, pada abad ke-14 Masehi. Ornamen Tiongkok identik dengan warna merahnya lebih dominan menghiasi klenteng ini dibandingkan dengan ormanen Islam. Untuk dapat memutari klenteng ini, Anda harus membayar harga tiket Klenteng Sam Poo Kong (Cheng Ho) cukup merogoh kocek 3 ribu rupiah per orang, dan atau Rp 15 ribu untuk wisatawan asing.

7. Brown Canyon
tempat wisata semarang populer

Brown Canyon ala Semarang Indonesia cukup memacu adrenalin. Jika di negeri paman sam sana ada Grand Canyon, kemudian di Pangandaran ada Green Canyon, maka tak jauh dari Semarang nampaklah Brown Canyon. Berada di 2 KM sebelah selatan Pucang Gading Mranggen, terdapat tebing-tebing tinggi yang sekilas menyerupai Grand Canyon. Tempat ini tengah menjadi primadona pecinta fotografi. Karena warna nya coklat jika dipandang dari kejauhan ini maka Brown Canyon menjadi sebutan populernya. Itulah 7 Tempat Wisata Terpopuler di Semarang  yang dapat dijadikan tujuan wisata Anda berikutnya.

0 komentar

Post a Comment