Objek Wisata di Lombok Favorit Wisatawan

tempat wisata di lombok favorit
Sumber gambar via gambar.co
ANWARIZ.com | Wisata Lombok Puncak Gunung Rinjani - Siapa yang tak kenal dengan keindahan Gunung Rinjani di Lombok? Mungkin diantara pecinta hiking sudah tidak asing lagi. Menurut Wikipedia, Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m diatas permukaan laut, serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan puncak gunung favorit para pendaki Indonesia karena keindahan pemandangan diatasnya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Wisata Lombok

Mendaki Puncak Gunung Rinjani merupakan salah satu tempat wisata lombok yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sebagai gunung vulkanik yang masih aktif nomor 3 tertinggi di Indonesia. Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena apabila telah berhasil mencapai puncak itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. 

Antusiasme komunitas pendaki gunung di seluruh nusantara bahkan dari mancanegara dalam kegiatan pendakian bisa dibilang sangat tinggi, hal ini dibuktikan oleh peningkatan jumlah pendaki gunung dari tahun ke tahun. 

Biasanya kegiatan pendakian besar-besaran dilakukan pada bulan Juli s/d Agustus, sebab pada bulan Agustus (pertengahan) peserta pendakian umumnya padatai oleh kalangan pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang ingin merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Gunung Rinjani yang diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh salah satu kelompok pencinta alam di Pulau Lombok yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Selain panorama alamnya yang eksotis, Wisata Lombok di Gunung Rinjani juga mempunyai keanekaragaman flora dan fauna yang unik. Saat melakukan pendakian kesana akan disuguhi oleh kekayaan pegunungan pulau lombok. Setiap jengkal pendakian akan menyaksikan pula berbagai keindahan seperti bunga abadi (Edelweiss) ada juga binatang monyet lucu khas Lombok.

Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan suhu rata-rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling dingin bisa mencapai 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang dingin tersebut.

Namun dibalik keindahan serta keunikan Rinjani, juga resiko besar selalu mengancam ketika melakukan pendakian. Gunung ini disebut paling terkenal di Lombok ini telah menelan korban jiwa cukup banyak sampai saat ini, oleh karena itu harus ekstra waspada ketika melakukan wisata ke lombok khususnya ke gunung rinjani. Biasanya hal ini terjadi karena cuaca buruk yang tiba-tiba datang, menyebabkan para pendaki kehilangan arah, tersesat, dan pada akhirnya ditemukan tidak bernyawa.

Karena resikonya yang lumayan tinggi, disarankan mendaki Gunung Rinjani ditemani pemandu supaya tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan, seperti tak tahu arah, linglung, tersesat dan lain sebagainya. Manfaatkan fasilitas tur guide yang telah disediakan disana jangan sampai menyesal diakhir. 


Dengan mengikuti program tersebut, anda akan aman dari bahaya tersesat, selain itu, biasanya paket tur tersebut juga menyediakan jasa pembawa barang dan juga meminjamkan alat-alat seperti tenda, alat masak, dan lain-lain sehingga anda hanya perlu datang dengan barang-barang pribadi lalu berangkat menikmati pesona Gunung Rinjani.

Biasanya untuk dapat mencapai puncak, pendaki akan membutuhkan waktu 2 malam untuk pendaki profesional, dan 3 malam untuk pendaki pemula. Oleh karena itu anda harus bersiap membawa bekal yang cukup dan peralatan yang memadai untuk menaklukan tantangan ini.

Wisata lombok tidak hanya ke Gunung Rinjani melainkan ada juga pilihan lain seperti ke Pantai Senggigi. Seperti yang kita ketahui bahwa Objek wisata di Lombok sangat kaya, mulai dari Gunung, Pantai, Keunikan flora dan fauna dan lain lain.

Wisata Lombok Pantai Senggigi


Pantai Senggigi adalah tempat wisata lombok cukup terkenal. Terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang masih kalah besar jika dibandingkan dengan Pantai Kuta di Bali, namun nuansa bali akan kental ketika berada dikawasan Pantai Senggigi ini. Saat memasuki area pantai Senggigi, para wisatawan langsung disambut oleh lembutnya semilir angin pantai membuat tenang. 

wisata lombok pantai senggigi
Sumber gambar happyholiday.com
Bibir pantainya masih cukup asri untuk dikunjungi, walau terganggu oleh berserakannya sampah disebagian kecil pesisir pantai. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Itulah sebagian kecil keindahan wisata di Lombok untuk Anda kunjungi beserta keluarga. Mungkin bisa menjadi alternatif tempat wisata lombok favorit libur panjang.

0 komentar

Post a Comment