Cara Memilih Template Blog yang Baik Agar Dibanjiri Pengunjung


cara memilih template blog yang baik agar banyak visitor
Mendesain template blog atau website menjadi suatu keharusan bagi seorang blogger jika ingin tampilan situsnya itu lebih menarik dan lebih profesional. Pembacapun tidak akan segan-segan mengunjungi blog Anda jika tampilan menarik dipadukan dengan konten berkualitas pula.

Oleh karenanya pemilihan templet atau theme bagi sebuah blog adalah hal yang menurut penulis teramat disayangkan jika tidak diperhatikan secara serius. Akan memberikan kesan pertama yang baik untuk pengunjung yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Maka, desain blog penting untuk diperhatikan.

Cara Memilih Template yang Baik untuk Blogger

Pengunjung tidak akan langsung mengetahui isi dari blog yang akan dia baca. Biasanya tampilan luarnya dulu kemudian jika memang desain blognya menarik calon pengunjung itu menelisik lebih dalam kepada konten blog. Tampilan blog memang merupakan hal pertama yang akan dilihat pengunjung sebelum yang lainnya. Tak jarang calon pengunjung mengurungkan niatnya berkunjung ke blog Anda hanya karena tampilan blognya kurang menarik perhatian mereka. Akan tidak lucu jika itu terjadi pada blog Anda bukan?

Dari hal ini tampilan atau template blog memang tak bisa Anda anggap hal biasa. Untuk bisa sukses dalam blogging, Anda harus membuat theme blog Anda beda dari yang lain (unik), menarik dan menggelitik mata pengunjung.

Blog menarik dari segi tampilan itu tidak selalu harus ramai dengan gambar dan pernak-pernik dimana-mana, melainkan sebuah desain blog sederhana dengan perpaduan warna yang proporsional. Saya rasa tema kesederhanaan menjadi pilihan terbaik untuk orang ketimuran seperti kita ini. Berikut ini beberapa Cara Memilih Templete yang Baik untuk Blog Anda:

Hindari Nuansa Gelap Pada Background

Ketika membaca blog dalam media layar kaca memang menjadi tantangan tersendiri bagi para blogger untuk mempertahankan pengunjung yang datang dalam waktu yang lama. Namun dengan template yang nyaman seperti background putih dengan teks berwarna gelap bisa jadi solusi Anda untuk membuat pengunjung bisa berlama-lama di blog Anda. Sebenarnya Anda bisa menggunakan kombinasi warna lain selain putih dan hitam, asalkan tidak ada kombinasi warna yang dapat membuat pengunjung sakit mata.

Memiliki Navigasi Simpel

Contoh template yang baik untuk blog adalah template yang menggunakan clear navigation. Dengan menggunakan clear navigation atau navigasi yang jelas, maka pengunjung yang datang akan mampu melihat dengan jelas kesluruhan blog serta akan lebih mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

Gunakan Jenis Huruf Bagus

Pilihlah jenis huruf pada template yang mudah dibaca dan juga memiliki ukuran cukup enak dipandang mata. Hindari jenis font yang terlalu berlebihan hingga sulit dibaca atau font yang memiliki ukuran yang terlalu kecil. Jenis font yang terlampau rumit dengan ukuran yang kecil bisa membuat mata pengunjung cepat lelah atau mungkin mereka sudah pergi meninggalkan blog Anda saat melihat font yang sedemikian rupa.

Minimalisir Penggunaan  Flash


Hal berikutnya yang perlu Anda hindari dalam template blog adalah sesuatu yang berlebihan seperti tampilan bling bling atau flash yang tinggi. Alih-alih membuat tampilan blog lebih atraktif, komponen berlebihan ini bisa menjadikan blogmu akan tampil melambat dan jadi terlihat tidak profesional.

Simak juga: Cara Membuat Konten Blog Shareable

Manfaatkan Plugin

Template yang baik untuk blog adalah template yang menggunakan dan memanfaatkan fungsi plugin. Dengan memaksimalkan fungsi plugin yang tersedia maka akan membuat tampilan blogmu menjadi semakin menarik. Dan untuk kasus yang satu ini, blog berbasis wordpress merupakan blog yang paling atraktif dibanding blog lain dalam penggunaan plugin.

Jangan Gunakan Pop Up

Pop up window akan membuat pengunjung malas dan jemu. Dan bukan tidak mungkin pop up window bisa membuat pengunjung pergi meninggalkan blog Anda dan tidak datang lagi. Maka dari itu daripada membuat pop up window, alangkah lebih baik Anda fokus untuk membuat konten yang baik dan bermanfaat.

Artikel lainnya: Cara Mengubah Warna Limk pada Blog


Sidebar yang Informatif

Mengisi dan menempatkan link-link penting pada sidebar untuk memberikan performa terbaik untuk blog Anda menjadi maksimal. Memanfaatkan fungsi sidebar dengan baik maka pengnjung bisa akan lebih nyaman dan akan betah berlama-lama  lama berada di blog Anda. Sertakan pula popular post, archive, baru dilihat dan lain sebagainya link penunjang laman blog Anda. 

Demikian ulasan kali ini tentang Cara Memilih Template Blog yang Baik untuk blog. Diharapkan bisa menjadi referensi sebelum memasang tema guna menarik perhatian calon pengunjung blog. Salam senyum!

Sumber gambar: 
http://www.ayeey.com/2014/09/70-template-blogger-keren-yang-responsive.html

3 komentar:

  1. Apa yang bisa saya bantu mas? Silakan hubungi saya via kotak pesan kirim via email saja biar lebih efektif. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Saya belum paham dengan plaform wordpress

    ReplyDelete
  3. Jangan menyerah sdr Maya Indra, hanya dibutuhkan ketekunan utk memahaminya.. Jika Blogger lebih mudah, knp harus yg sulit.?!
    Sy pun demikian. Belajar otodidak sampai akhirnya sedikit demi sedikit jadi tau.

    ReplyDelete