Inilah Alasan Kenapa Pisang Digemari Orang Indonesia

manfaat buah pisang untuk kesehatan
anwariz.com - Kenapa saya suka Pisang?? Ya, karena manfaatnya tidak diragukan lagi, buah ini juga termasuk buah yang sangat digemari oleh orang Indonesia dari bayi sampai lansia suka makan buah yang identik dengan sebutan si kuning ini. Biasanya buah pisang yang ditanam disetiap daerah memiliki jenis yang berbeda-beda namun tetap saja pisang dan tetap saja nikmat untuk disantap sambil santai bersama sanak sodara dan kawan lama. Bahkan disetiap kebun terdapat setidaknya ada 1 batang pohon pisang berdiri tegak disana. Buah pisang bisa dikatakan memiliki banyak kegunaan, manfaat, khasiat, bahkan berbagai jenis makanan menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun hanya sebagai pelengkap mempercantik sajian panganan.

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia untuk alasan yang baik. Buah kuning berbentuk melengkung yang dibungkus dengan segudang gizi besar. Pisang tumbuh setidaknya disekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter.

manfaat kulit pisang

Menambahkan pisang dalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.



1. Peredaran darah menjadi lancar

Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu pencernaan pada usus

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

3. Fungsi jantung menjadi normal kembali

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

4. Mata menjadi lebih sehat

Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.


Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

Demikian sedikit ulasan tentang Alasan Kenapa Buah Pisang Sangat Digemari terutama di Indonesia tercinta. Semoga dengan kebiasaan mengkonsumsi buah pisang ini akan berdampak pada kesehatan tubuh lebih segar bugar dalam melakukan segala aktifitas dan rutinitas keseharian Anda. Salam senyum!

2 komentar:

  1. Thanks banget untuk beritanya...semoga makin sukses

    ReplyDelete
  2. You're welcome... Aamiin, semoga bermanfaat ya..

    ReplyDelete