Memberi Dahulu Barulah Menerima

keajaiban memberi sebelum menerima

anwariz.com - Memberi Dahulu Barulah Menerima - Memberi adalah satu cara dan kiat sukses yang penting yang pernah saya temukan. Namun yang dimaksud memberi di sini berarti memberi dengan tulus tanpa pamrih dan harap balas budi. Apa yang bisa kita berikan? Banyak orang yang menganggap bahwa untuk memberi sesuatu itu harus berupa barang, padahal kenyataannya banyak sekali yang dapat kita beri yang dapat membuat nilai kita lebih di mata orang lain, seperti memberi perhatian yang tulus dan antusiasme terhadap orang lain, memberi senyuman dan berlaku ramah kepada orang lain, memberikan semangat kepada rekan yang membutuhkan, dan masih banyak lagi yang dapat kita berikan dan ini semua gratisss.

Sekarang kita bayangkan kalo semua ini gratis, kenapa masih banyak banget orang yang pelit-pelit ya dalam memberikan hal-hal seperti ini? Jawabannya rasa ego. Yaa.. rasa yang membelenggu diri dari berbuat lebih baik seperti memberi kepada sesama. Banyak orang yang selalu hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak mempedulikan orang lain. Banyak orang yang merasa harga dirinya lebih tinggi daripada orang lain. Itu yang membuat penilaian mereka bahwa orang lain tidak penting. Apakah anda tau kalo mereka itu juga memegang peranan penting dalam kesuksesan anda? Kita membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Mereka yang akan membantu kita untuk kita meraih kesuksesan. Kesuksesan tidak hanya diukur dari kekayaan semata tetapi juga nilai kita bagi orang-orang sekeliling kita.

Dalam ajaran Islam memberi itu sangat dianjurkan, dikenal dengan sedekah… Berikut keterangan mengenai memberi dari sudut pandang religi. Abu Dzarr Ra berkata bahwa beberapa sahabat Rasulullah Saw berkata, “Ya Rasulullah, orang-orang yang banyak hartanya memperoleh lebih banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa dan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Nabi Saw lalu berkata, “Bukankah Allah telah memberimu apa yang dapat kamu sedekahkan? 

Baca juga:
Cara Menumbuhkan Rasa Syukur Paling Ampuh


Tiap-tiap ucapan tasbih adalah sodaqoh, takbir sodaqoh, tahmid sodaqoh, tahlil sodaqoh, amar makruf sodaqoh, nahi mungkar sodaqoh, bersenggama dengan isteri pun sodaqoh.” Para sahabat lalu bertanya, “Apakah melampiaskan syahwat mendapat pahala?” Nabi menjawab, “Tidakkah kamu mengerti bahwa kalau dilampiaskannya di tempat yang haram bukankah itu berdosa? Begitu pula kalau syahwat diletakkan di tempat halal, maka dia memperoleh pahala. (HR. Muslim)

Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama untuk sahabat-sahabat yang lebih memerlukan. Jangan lupa SHARE artikel ini ke media sosial favorit Anda!