7 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

ANWARIZ.COM Blog Bisnis Online Indonesia - Menjual produk secara online akan banyak sekali keuntungan jika dibanding hanya mengandalkan memasarkan secara konvensional (offline), terlebih di tahun 2022. Selain karena tidak perlu biaya tambahan untuk membangun atau menyewa suatu toko, juga jangkauan serta peluang terjual sangat luas lewat online. Namun, ada baiknya ketahui dulu 7 cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula berikut ini sebelum benar-benar memutuskan untuk terjun kedunia bisnis online. Dengan begitu Anda memiliki banyak referensi memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula.

Lanjut, mari kita ulas bersama...

7 cara memulai bisnis online tanpa modal
7 Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal via alcorfund.com

1. Tentukan Dimana Akan Berjualan 

Saat ini banyak sekali platform tempat berjualan secara online, seperti marketplace bahkan facebook, instagram pun bisa dijadikan sebagai media berjualan. Justru dengan banyaknya pilihan harus mampu menyesuaikan platform dengan produk yang akan dijual agar memaksimalkan potensi terjualnya produk tersebut. Misalnya, jika produk itu menyesar konsumen remaja, anak muda, maka menggunakan platform instagram & tiktok dirasa cocok. Secara kebanyakan pengguna aktifnya adalah anak muda potensial.

Baca: 10 Kesalahan Pemula dalam Menjalankan Network Marketing

Namun, apabila target pasar produknya orang dewasa, bisa menggunakan platform Facebook atau WhatsApp untuk memasarkan produk tersebut. Anda juga bisa mencoba platform berjualan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

2. Gunakan Identitas Asli

Setelah menentukan dimana akan berjualan dan memasarkan produk Anda secara lebih luas, maka menambahkan kontak sejelas mungkin adalah cara bisnis online tanpa modal berikutnya. Pastikan kontak selalu aktif serta mudah dihubungi karena calon pembeli tidak pasti kapan akan menghubungi toko online Anda. Selain nomor telpon tidak ada salahnya juga mencantumkan alamat email bisnis Anda. Tujuan utama mencantumkan kontak adalah agar memudahkan konsumen untuk melakukan interaksi secara langsung dengan Anda.

3. Andalkan Relasi dan Kerabat

Jika modal keinginan dan keberanian anda dirasa kurang cukup, maka saatnya membangun relasi kepada kerabat dekat dan mengandalkan kepercayaan mereka. Mengajak mereka membantu mempromosikan serta menyebarluaskan tentang keberadaan toko online rintisan anda akan menjadi lebih baik. Dengan begitu, biaya promosi bisa dipangkas untuk memasarkan produk ke jangkauan pasar lebih luas.

4. Mencari Supplier Terbaik

Menjalankan bisnis tanpa modal? Kenapa tidak. Jaman sekarang sudah serba canggih, sekalipun Anda belum punya produk untuk dijual namun sudah bisa berjualan. Karena, bisa menjalankan sistem jual beli reseller atau dropshipper. Beberapa supplier menerapkan sistem dropship. Artinya, Anda hanya perlu menerima orderan kemudian meneruskannya kepada supplier pilihan. Setelah itu, segala proses mulai dari packing pengiriman akan dilakukan oleh pihak mereka dan selisih harganya menjadi keuntungan anda. 

Carilah supplier produk tangan pertama jangan sampai salah memilih ya. Dengan begitu, harga jual bisa disesuaikan dengan supplier dan tidak terlalu berbeda jauh agar kemungkinan terjual semakin besar. Terpenting, jangan sampai salah memilih distributor atau supplier ya, agar tidak ada penyesalan dikemudian hari oleh hal-hal tak diinginkan.

5. Dekorasi Toko Semenarik Mungkin 

Bagian penting lainnya sebelum memulai berjualan online yakni mendekor online shop sedemikian rupa agar menarik banyak calon konsumen. Buatlah desain toko memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh toko lain, karena hal itu akan menjadi brand awarenes toko. Jangan salah, pemilihan tema warna sesuai juga mampu menahan pembeli berlama-lama di toko online Anda. Sehingga harapannya membeli lebih banyak produk akan terealisasi menjadi transaksi.

Sesuaikan tema toko online dengan produk yang hendak dijual, lagi-lagi pemilihan warna tema sangat penting disini. Misalnya, apabila Anda ingin menawarkan produk baju anak, perlengkapan ibu hamil bla-bla-bla maka desain dengan warna-warna ceria dapat jadi pilihan tepat. Sebaliknya, jika produk jualan online adalah produk pria dewasa pemilihan warna tegas, gelap, semacam navy kelihatannya bagus.

6. Display Produk Toko Anda

Setelah memilih platform dan mendekor toko sedemikian rupa dan membuatnya menarik perhatian calon konsumen, maka langkah berikutnya adalah menambahkan produk ke toko. Tidak hanya sebatas upload produk, karena disini banyak aspek penting harus diketahui agar produk yang diupload tersebut mudah ditemukan oleh target market anda. 

Juga: Manfaat SEO Bagi Pertumbuhan Website Bisnis Anda

Berikut di antaranya: Foto Produk yang Profesional Foto-foto produk yang profesional, akan meningkatkan value dari produk itu sendiri dan mengundang orang untuk membelinya. Selain itu, katalog yang dikemas secara serius, seolah-olah merepresentasikan pelayanan profesional yang akan didapat oleh calon pembeli Anda. Strategi Penetapan Harga Dalam menetapkan harga yang cocok untuk produk yang akan Anda jual, terdapat beberapa pertimbangan. 

Misalnya, target pasar atau karakteristik pelanggan toko Anda. Anda juga bisa membandingkan dengan harga-harga di toko pesaing produk serupa. Tak lupa juga untuk menyesuaikan dengan harga dari supplier, sehingga Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan sesuai harapkan.

Deskripsi biasanya menjadi akhir dari pengambilah keputusan seseorang untuk membeli online, tentu karena alasan transaksi yang cepat dan mudah. Untuk itu, Anda harus memfasilitasi kemauan pembeli dengan memberikan deskripsi produk yang lengkap. Sehingga, customer tak perlu repot-repot bertanya mengenai penjelasan barang yang ingin dibeli. 

7. Mempromosikan Produk

Akan sia-sia usaha Anda mendesain toko, menambahkan produk, dan menampilkannya semenarik mungkin di toko online jika tidak diketahui oleh orang banyak. Untuk itu, rajinlah mempromosikan produk jualan online di sosial media favorit. Banyak sekali platform promosi produk, seperti facebook, instastory, whatsapp dan lainnya supaya banyak orang melihat. Buatlah calon konsumen penasaran dengan konten foto atau video terbaik. Tak lupa, lancarkan "serangan jitu" kepada target pasar dengan memanjakan calon pembeli menggunakan berbagai diskon, potongan harga, give away dan sejenisnya.

Penutup

Sebelum sampai ke penghujung artikel, sebaiknya ulas kembali poin demi poin diatas agar lebih menguasai pada saat Anda benar-benar memutuskan memulai bisnis online tanpa walau tanpa modal sekalipun. Selama ada kemauan pasti ada jalan, jadi tetap semangat melakukan apa yang harus anda lakukan demi kesuksesan bisnis anda.

Pada akhirnya, itulah 7 cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula atau siapapun Anda ingin menerapkannya. Apakah Anda sudah siap untuk membuka toko online pertama Anda?

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar