10 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman Agar Tidak Kecewa

ANWARIZ Blog Bisnis Online Indonesia - Kebiasaan masyarakat belakangan ini sangat terpengaruh oleh perkembangan teknologi digital yang begitu pesatnya. Seperti halnya kebiasaan berbelanja secara online kini menjadi aktivitas favorit orang banyak dari mulai masyarakat perkotaan hingga pelosok sudah tersentuh oleh fenomena belanja online secara aman. Selain banyak barang murah berkualitas, juga pembeli dimanjakan dengan segala kelebihan. Tak hanya sampai disitu, berbelanja online juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

10 tips belanja online aman dan nyaman

Semakin berkembangnya belanja online di Indonesia tentu otomatis mendorong lahirnya para pengusaha bisnis online yang baru. Dengan demikian, dunia bisnis dan usaha akan semakin berkembang dan memberikan dampak ekonomi secara positif.

Baca: 5 Sektor Digitalisasi Bisnis Era New Normal

Meski demikian terdapat bermacam-macam resiko dalam belanja online. Anda juga perlu mewaspadai keamanan dalam transaksi digitalnya. Beberapa resiko dalam belanja online seperti, toko online yang bisa melakukan penipuan, kondisi barang yang diterima tidak sesuai deskripsi. Bahkan, penyalahgunaan data Anda untuk tujuan tertentu dan resiko-resiko lainnya.

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman Agar Terhindar dari Hal Tak Diinginkan

Belanja online saat ini lebih dipilih dibandingkan mengunjungi toko secara langsung karena dinilai lebih mudah, praktis, dan aman di masa pandemi. Namun, tetap saja belanja online punya kelemahan, yaitu maraknya penipuan yang merugikan Anda sebagai konsumen. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tips belanja online agar tidak tertipu berikut ini!

1. Cek Reputasi Toko

Cobalah untuk buat daftar kebutuhan yang Anda inginkan agar sesuai dengan pengeluaran. Pilihlah toko terpercaya dan memiliki reputasi cukup bagus. Bandingkan juga dengan toko lain yang sejenis sebagai acuan bahwa Anda benar-benar tidak salah memilih online shop.

Lihat juga jejak digital pengguna lain yang telah lebih dulu membeli produk di toko tersebut. Biasanya review tertera di bagian bawah produk toko bersangkutan. Jangan abaikan hal ini jika dikemudian hari Anda tidak ingin merasa terkena tindak kejahatan oleh oknum toko online.

2. Cek Ulasan Produk

Kepuasan pelanggan biasanya menjadi prioritas sebuah toko online yang bagus. Oleh karena itu, tips belanja online Adalah memeriksa secara detail ulasan produknya. Silakan lakukan pemeriksaan ulasan produk sebelum benar-benar yakin membeli produk favorit di tokonya.

Caranya mudah saja, jika ulasannya banyak positif maka sudah dapat dipastikan bahwa memang produk yang mereka jual bagus adanya. Biasanya ulasan diberikan dalam bentuk foto dan video. Coba untuk meneliti keduanya agar benar-benar pasti kalau item yang Anda incar, pastikan gambar atau video mendeskripsikan produknya.

3. Cek Harga

Tips belanja online agar aman dan nyaman berikutnya adalah mencek harga. Biasanya belanja itu kan ingin mendapat harga murah untuk produk bagus ya kan? Nah, itulah gunanya membandingkan harga sebelum membeli. Periksa dulu harga untuk produk serupa diberbagai marketplace jika perlu. Dengan begitu anda yakin akan berbelanja di toko mana. Selamat berbelanja...

Juga: 10 Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Jangan tergiur oleh harga murah dari beberapa toko online, karena ditakutkan itu hanya tipuan belaka untuk produk palsu yang mereka jual. Begitupun sebaliknya, jika harganya terlalu tinggi sementara anda tau bahwa itu tidak masuk akal bisa juga anda kecewa mendapatkan barang tak sesuai ekspektasi. Jatohnya kecewa..

4. Cek Deskripsi

Melihat deskripsi produk sebelum membeli adalah hal penting dilakukan diawal. Terkadang, semua detail sudah dituliskan di deskripsi dengan jelas, namun Anda kurang teliti membaca sehingga berekspektasi terlalu tinggi pada produk yang Anda beli. Tips belanja online aman pastikan selalu berhati-hati sebelum benar-benar menyerahkan uang anda kepada penjual.

5. Cek Detail Produk

Tips berbelanja online aman dan nyaman selanjutnya adalah memperhatikan produk secara detail. Mulai dari foto, video, deskripsinya, hingga detail produk pastikan sesuai ekpsektasi anda. Bandingkan detail produk pada gambar dengan yang ada di deskripsi. Cek juga di google seputar keaslian produk dimaksud, cek perbedaan produk asli atau palsu agar tidak menemui kekecewaan dilain waktu.

6. Cek Syarat dan Ketentuan

Setiap toko online atau penjual online biasanya menerapkan kebijakan tersendiri pada tokonya kepada calon pembeli. Pastikan Anda membeli dari penjual yang menawarkan garansi, baik berupa kemudahan pengembalian barang (refund) jika produk tidak sesuai pesanan atau bentuk garansi lainnya, jangan sampai anda mengalami kerugian.

7. Hindari Pembayaran Transfer

Hati-hati dengan metode transfer, apalagi jika membeli di penjual yang baru Anda kenal. Anda perlu waspada, jangan sampai uang sudah Anda kirim, tapi barang tidak kunjung dikirim. Akan lebih baik berbelanja di Marketplace sebagai pihak ketiga sehingga penjual dan pembeli sama-sama puas.

8. Simpan Bukti Transfer

Tips belanja online yang perlu Anda ingat adalah, jika terpaksa melakukan pembayaran transfer, simpan bukti transaksi hingga barang pesanan benar-benar sampai di tangan Anda. Bukti transfer ini akan berguna untuk mengadukan penipuan online dan juga melacak identitas penjual jika ternyata adalah hal yang tidak diinginkan.

9. Simpan Bukti Chat

Trik belanja online lainnya agar tidak terkena tipu lainnya adalah menyimpan bukti chat. Bukti ini berguna untuk menjelaskan kronologi penipuan jika Anda hendak membuat laporan ke kantor polisi. Selain itu, bukti chat ini juga berguna untuk mempelajari modus penipuan agar Anda tidak terjebak dengan penipuan serupa di kemudian hari.

10. Bertransaksi via Aplikasi Resmi

Tips belanja online aman dan nyaman selepas masa pandemi selanjutnya yakni lakukanlah transaksi melalui aplikasi. Belanja melalui aplikasi berarti melibatkan pihak ketiga untuk menjamin keamanan transaksi. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi takut terkena tipu, sekalipun toko itu baru saja anda kenal. Karena pihak aplikasi tersebut punya sistem mengamankan pembayaran sehingga mereka tidak akan menerima dana sebelum barang jualannya sampai ke rumah anda.

Nah, itulah 10 tips belanja online aman dan nyaman sehingga terhindar dari penipuan. Dengan menerapkan tips tersebut, anda bisa berbelanja tanpa dihantui ketakutan akan hal-hal yang tak diinginkan. Jadi, mulai sekarang belanja online tidak hanya mudah, tapi pasti tenang dan nyaman, kan?

Salah satu tempat belanja online terpercaya adalah Sedbibaker Store. Toko online ini menjual berbagai produk fashion mulai dari pakaian anak, jaket anak, jaket orang dewasa, hingga celana panjang pria. Reputasi toko Sedbibaker Store terbilang cukup baik sebagai pihak penjual memastikan pembeli akan mendapatkan pesanannya dan pembeli dipastikan mendapatkan barang sesuai pilihan warna dan ukurannya.

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar