Traveling Ke Garut Sambil Jajal Naik Kereta Api via Stasiun Baru Kabupaten Garut

ANWARIZ BLOG - Perjalanan menuju Kabupen Garut kini bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api. Setelah berpuluh-puluh tahun tidak beroperasi kini telah dibuka stasiun baru di Kabupaten Garut yang mana stasiun tersebut berada dipusat kota, sehingga sangat strategis. Ketika keluar dari stasiun Garut kereta kita bisa menuju pusat perbelanjaan, pertokoan, mall dan pasar, serta berbagai jenis angkutan umum lewat ke daerah samping stasiun Garut, tepatnya di dekat IBC (Intan  Bisnis Centre) terdapat angkutan umum berbagai trayek. 

Traveling Ke Garut Sambil Jajal Naik Kereta Api
Stasiun Garut dibangun dengan sangat indah dan mewah denganberbagai fasilitas yang lengkap seperti masjid, toilket, tempat bermain anak, ruang keamanan, ATM dan fasilitas-fasilitas lainnya. Jalur kereta api Garut-Cibatu telah resmi dibuka pada tahun 2022 dengan tujuan untuk mempermudah perjalanan warga Garut dengan menggunakan kereta api yaitu kereta api Cikuray. Kereta api  Cikuray melalui beberapa stasiun diantaranya Cibatu, Leles, Nagreg, Cicalengka, Kiara Condong, Bandung, Cimahi, Padalarang, Cilame, Purwakarta, Cikampek, Karawang, Bekasi, Jatinegara dan Pasar Senen . selain bangunan baru yang modern, terdapat bangunan stasiun dahulu yang bentuknya tetap digunakan atau diabadikan sebagai sejarah pembangunan stasiun kereta api pada zaman dahulu atau pelestarian bangunan bersejarah. Selain Kereta Api Cikuray Ekspress ada juga Kereta APi Cibatuan.

Traveling ke Garut Yuk!!

Jadi bagi kita yang datang dari luar kota menuju kota Garut sekarang bisa menggunakan alat transportasi kereta api yang turun di stasiun Garut. Dari stasiun kereta api Garut selain dekat dengan pusat perbelanjaan, juga dekat dengan alun-alun Garut yang berdekatan dengan Mesjid Agung Garut serta Babancong yang merupakan salah satu bangunan sejarah di Kabupaten Garut tepatnya di depan Pendopo Bupati. 

Alun-alun Garut pun sudah di renovasi dengan sangat Indah, sehingga nyaman untuk dikunjungi, terdapat tempat bermain untuk anak-anak pula. Di seberang alun-alun Garut terdapat minuman khas Garut yaitu es Goyobod. Selain es Goyobod juga terdapat toko Chocodot, yaitu toko coklat dengan berbagai varian rasa bahkan ada coklat yang di dalamnya terdapat dodol Garut. 

Jika ke arah Timur dari stasiun Garut kita akan menuju daerah Sukaregang. Lama perjalanan menuju daerah Sukaregang sekitar 15-20 menitan. Di daerah Sukaregang ini banyak sekali toko pengrajin tas, dompet, sabuk, sandal, sepatu topi dan jaket kulit serta barang lainnya yang terbuat dari kulit. Kulaitas bahan kulit di sini sangat bangus, model dan bentuk nya pun beragam serta warnanya bermacam-macam mengikuti perkembangan zaman. Harganya cukup terjangkau sesuai dengan ukiran dan jenis kulitnya. 

Baca: Tempat Wisata Kuliner Favorit di Kabupaten Garut

Dari stasiun Garut menuju pusat jajanan rakyat yang buka pada pukul 16.00 WIB juga hanya  butuh waktu 5 menit saja.  Untuk ke Hotel berbintang maka kebanyakan berada di daerah wisata kolam air panas yaitu darah Cipanas Tarogong. Menuju Tarogong membutuhkan waktu 20-30 menitan. Ada pula hotel di daerah  Hampor yaitu jalan Raya Samarang  jalan menuju tempat wisata Kamojang dan Darajat. 

Jajal Naik Kereta Api ke Garut

Ke arah Utara 5 menit dari stasiun terdapat tempat atau sarana olahraga. Masyarakat menyebutnya kherkhof. Selain lintasan lari, lapang sepak bola, dan lapang basket, tempat bermain anak, tempat ini kerap dijadikan pasar dadakan setiap hari minggu.  Barang yang diijual mulai dari makanan, minuman, pakaian,mainan, perabot rumah tangga serta masih banyak lagi dengan harga yang murah dan sangat terjangkau. Setiap sore juga terdapat warung-warung tenda yang ditata dengan rapi dan Indah penuh kerlap-kerlip lampu menjajakan makanan dan minuman yang bervarisasi.

Mencoba melakukan perjalanan wisata dengan kereta api menuju Kabupaten Garut tentu akan sangat menyenangkan terlebih jika tahu tujuan selanjutnya kearah mana. Tidak jauh dari stasiun kereta api dengan menaiki angkutan kota yang berwarna biru angkutan kota bernomor 03 jurusan rumah sakit kita akan menemukan taman maktal tempat santai-santai dikala senja, tidak jauh dari taman maktal terdapat perpustakaan umum Garut dengan bangunan yang sangat modern dan arsitektur yang sangat menawan sehingga nyaman untuk membaca di sana.

Naik kereta api ke garut

Dari stasiun Garut jika kita manaiki angkutan kota berwarna kuning menuju Sanding, Bayongbong maka disepanjang jalur tersebut banyak sekali restoran yang bernuansa alam.  Selain makanan yang enak khas Sunda nuansa nya juga alami seperti pemandangan sawah dan kolam ikan namun tempatnya nyaman dan Indah. Dengan dibukanya kembali stasiun Garut maka ini menjadi hal yang sangat disambut baik oleh warga Garut. Banyak warga yang antusias untuk mencoba kereta api Cikuray ini, apalagi diawal pembukaan pemerintah Kabupaten Garut menggratiskannya, sehingga antrean pun sangat panjang. 

Juga: Pengalaman Ngeblog Seru di Kampung Halaman Garut

Masyarakat rela menunggu lama asalkan bisa mencoba naik kereta api di stasiun Garut, karena selama ini jika ingin naik kereta api maka harus menuju stasiun Leles atau Cibatu dan dari pusat kota menempuh perjalanan sekitar satu jam menuju stasiun tersebut. Selaian masyarakat umum, ada pula rombongan anak sekolah  baikTK maupun anak sekolah dasar bersama gurunya yang datang untuk juga mengenal Kereta Api dan stasiun Garut.  Pengoperasian stasiun Garut dan jalur kereta api Cibat-Garut diresmikan oleh Menteri  BUMN, Erick Thohir dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi serta Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo dan tentunya Bupati Garut Rudi Gunawan.

Traveling Ke Garut Semakin Mudah dengan Kereta Api

Pembangunan kembali stasiun Garut ini dillakukan selama masa pandemi covid-19, sehinga tentunya memiliki banyak kendala, akan tetapi akhirnya pembangunan ini bisa terlaksana. Bagi youtuber, tiktokers, dan selegram stasiun Garut bisa dijadikan spot foto, banyak tempat yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto-foto. Bangunan yang Indah,megah dan unik membuat pengguna media sosial berbondong-bondong mengabadikan tempat ini dalam jepretan foto dan rekaman video. 

Persyaratan utama untuk bisa menikmati Traveling ke Garut Naik Kereta Api dimasa pandemi ini  yaitu harus menunjukan bukti sudah divaksin, baik itu vaksin 1, 2 dan 3, selain itu memakai masker. Untukpembelian tiket bisa dikalukan secara langsung bisa dilakukan secara onlne. 

Selain ATM yang ada di stasiun ada pula ATM di sekitaran stasiun yaitu ATM di Bank BNI , bjb dan BRI ke arah selatan dari stasiun atau kearah barat ATM BRI dekat lapang tenis dan ATM bersama di pusat perbelanjaan. Selain mesjid di dalam stasiun juga masjid terdekat yaitu mesjid Islamic Centre Garut tepatnya dibelakang stasiun. Masjid ini sangat indah dan luas. 

Untuk oleh-oleh sebelum kembali pulang dari Garut maka bisa membeli chocodot, dodol picnic, dorokdok /kerupuk kulit, kerupuk kikil, jeruk Garut, Cireng , burayot, Emplod atau endog lewo,  opak, ranginang, ladu,  batik Garutan, nasi liwet instan, tas kulit, sepatu dan sandal kulit, sabuk kulit, dompet dan gantungan kunci kulit, topi kulit, miniatur domba Garut, wajit, sambal cibiuk, surabi Garut, kerajinan akar wangi, keripik moring original dan pedas.

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar