Karacak Valley Garut, Destinasi Wisata Favorit Anak Muda

Karacak Valley Garut

Karacak Valley merupakan sebuah destinasi wisata di Garut berbasis desa. Ya, desa wisata yang didirikan atas dasar semangat kebersamaan dan gotong royong warganya. Saat ini Karacak Valley tengah populer di kalangan muda-mudi Garut baik untuk tujuan liburan bersama keluarga maupun hanya untuk sekedar berfoto-foto ria bersama teman-teman.
lokasi karacak valley garut
Image by Pikore (Rizal Firmansyah)
Karacak Valley berjarak sekitar 7 Kilometer dari pusat kota Garut. Akses menuju Kawasan Wisata Karacak Valley Garut kini sudah mulai diperbaiki sehingga bisa dilalui dengan mengendarai kendaraan roda dua hingga ke loket penyedia tiket masuk. Cukup mengelurkan kocek 10.000 rupiah untuk orang dewasa dan 5.000 rupiah saja untuk anak-anak berlaku sekali masuk ke Desa Wisata Karacak Valley Garut.  Dengan biaya relatif murah tersebut Anda sudah dapat menikmati keindahan alamnya yang mempesona. Daftar harga selengkapnya akan dibahas kembali diujung artikel.

Setelah memasuki kawasan wisata, pemandangan pohon pinus berbaris memenuhi setiap sudut lokasi wisata. Kejernihan aliran air sungai kecil belum terjamah, kesejukan udara menyapa setiap wisatawan, membuat Karacak Valley Garut sebagai salah satu tempat wisata sangat layak untuk dikunjungi oleh Anda pecinta Travelling.
karacak valley margawati garut
Suasana Camping @KaracakValley (Image by Pikore)

Beberapa piihan tempat yang menarik dikunjungi di Karacak Valley, diantaranya air terjun Curug Ngebul, Trikking and Hiking, serta Camping Ground. Tempat yang menjadi favorit dikalangan wisatawan, yakni Curug Ngebul

Untuk menuju ke lokasi tersebut bisa diakses dengan berjalan kaki karena jaraknya sekitar 1 Kilometer. Menyiapkan fisik serta stamina kuat dianjurkan sebelum mengunjungi air terjun. Jalanan menanjak dan relatif terjal perlu kehati-hatian ketika melewatinya. Membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan sebelum sampai di lokasi air terjun. Menyaksikan keindahan air terjun dari dekat menjadi pengobat lelah. Pengunjung bisa menikmati kesegaran airnya dengan cara mencuci muka atau bahkan mandi di bawah derasnya air terjun.
Karacak Valley Margawati
Curug Ngebul, Margawati

Karacak Valley menjadi salah satu potensi wisata alam Garut yang perlu dijaga keasriannya. Para pengunjung diharapkan mampu menjaga kebersihan lingkungan tersebut untuk kenyamanan bersama. Tentu saja agar udara sejuk Karacak Valley tidak tercemar oleh kotornya lokasi.

Rute menuju Karacak Valley


Untuk dapat mencapai objek wisata ini, bisa mengambil rute dari Jln. Bratayudha, kemudian belok ke Jln. Margawati. Lokasinya memang berada di Kecamatan Garut Kota. Sementara jarak tempuhnya dari pusat kota Garut kurang dari setengah jam. Anda pun bisa membawa kendaraan bermotor atau bersepeda gunung untuk menjajal ke lokasi wisata ini. 

Disepanjangn perjalanan, kita melewati beberapa permukiman. Dan di samping kiri dan kanan menyajikan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan dan dari kejauhan terlihat gagahnya Gunung Cikuray.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, naik angkot dari Terminal Guntur Garut dengan naik angkot 01 ataupun 02 jurusan Sukaregang dan Sukadana. Keduanya sama-sama melintasi pangkalan ojeg daerah Margawati. Tiba di sana, tinggal naik ojek untuk menuju ke lokasi. Selamat berwisata!


Akses Menuju Karacak Valley


Kondisi jalan menuju lokasi wisata Karacak Valley Garut terbilang relatif bagus. Semua kendaraan bisa masuk mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, maupun mini bus. Hanya saja akan sedikit mendapat kesulitan ketika berpapasan dengan kendaraan lain karena lebar jalannya tidak seperti jalan besar di kota. 

Terkait: Travel Halal Ke Jepang Murah

Jalanan berlubang serta berkelok hanya akan ditemui saat hendak mendekati lokasi. Jika musim kemarau jalanan akan dipenuhi oleh debu-debu beterbangan. Begitu juga kalau sedang musim penghujan sedikit bejek. Persiapan matang serta fisik yang kuat sepertinya harus menjadi prioritas ketika akan mendaki perbukitan Karacak Valley Garut. Namun tidak perlu khawatir, karena setelah melewati semua itu akan terobati oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Udara segar dan sederet pepohonan pinus khas alam pegunungan akan menjadi pengobat rasa lelah yang mengesankan.


Harga Tiket Masuk Karacak Valley


Tiket Dewasa Rp 10.000/orang
Tiket Anak-anak Rp 5.000/orang
Camping Rp 15.000


Jam buka Karacak Valley hampir tidak terbatas, alias selalu buka. Penjagaan objek wisata ini dilakukan 24 jam non-stop guna memanjakan wisatawan untuk datang kapan saja.

Itulah sekilas tentang Wisata Alam Karacak Valley Garut sebagai destinasi wisata keluarga Anda. Untuk menikmati suasana liburan asyik dan menyenangkan tidak harus mahal bukan? Apakah Anda tertarik berkunjung ke Karacak Valley?
Hayu Ulin Ka Margawati 


lokasi karacak valley
jalank jaracak valley garut
karacak valley dimana

5 komentar:

  1. emang mantep keracak valley ini, saya udah gak ke itung datang ketempat ini dan 2 minggu lalu pernah kemah di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul tuuu.. Wah pasti seru tuuuhh kalo sampai kemah Karacak Valley... Kapan-kapan main lagi kesitu gan.. Swiss Van Java-nya kerasa banget. Garut punya!

      Delete
  2. Waaah keliatannya asik bgt nih karacak valley, tapi kayaknya harus d dampingi kakak lelaki atau ayah ya. Takutnya ada binatang apa gitu😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok buat refreshing kak... Yups, bener banget musti ekstra hati-hati karena binatang jaman sekarang aneh-aneh...

      Delete
  3. Informasi terbaru yang diterima penulis tentang Kacarak Valley Garut semakin ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun wisatawan luar kota. Tidak heran memang, karena suasana alam Karacak Valley cukup sejuk dijadikan tempat wisata, khususnya bagi pecinta alam. Biasanya mereka menggelar perkemahan di atas perbukitan Karacak Valley ini. Tiket masuknya pun sangat terjangkau oleh semua kalangan, sehingga siapapun dapat menikmati sensasi berada di pengunungan asri dan sejuk di Garut.

    ReplyDelete