Cara Mengatasi Insomnia pada Anak

ANWARIZ.COM - Apa saja cara mengatasi insomnia pada anak ? Mungkin Anda sekarang mempunyai anak dan anak Anda mungkin menderita insomnia jika ia memiliki gejala-gejala berikut: kantuk di siang hari , cepat lelah, cepat marah dan masalah dengan konsentrasi atau memori.

cara mengatasi insomnia pada anak
Ilustrasi Isomnia pada Anak


Apa Itu Insomnia Pada Anak?

Insomnia pada anak adalah gangguan tidur di mana anak-anak mengalami kesulitan tidur atau tertidur di malam hari. Terkadang keluhannya adalah bangun terlalu dini. Keluhan insomnia umumnya dikaitkan dengan perasaan tidur non-restoratif dan gangguan fungsi di siang hari.

Insomnia pada anak dapat diklasifikasikan berdasarkan durasi (jangka pendek atau jangka panjang), tingkat keparahan, dan frekuensi masalah. Insomnia jangka pendek dapat terjadi hanya beberapa hari hingga beberapa minggu dan disebabkan oleh faktor-faktor yang biasanya akan dengan mudah berlalu (misalnya, penyakit, obat jangka pendek yang diminum anak Anda). 

Insomnia pada anak jangka panjang terjadi 3 kali seminggu selama sebulan atau lebih dan mungkin disebabkan oleh faktor-faktor di mana Anda akan mencari dokter untuk mencari nasihat untuk anak Anda (misalnya, depresi, kecemasan, sakit, masalah medis). Terkadang, mungkin tidak ada alasan yang jelas sama sekali. 

Pada anak-anak, resistensi waktu tidur dan ketergantungan pada orang tua untuk memulai tidur juga dianggap sebagai bentuk insomnia pada anak dengan penyebab perilaku pada akar masalah.

Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia Pada Anak? 

Ada beberapa cara mengatasi insomnia pada anak, diantaranya:


1. Membiasakan kebiasaan tidur yang baik
Kebiasaan tidur yang baik meliputi :
a. Membatasi waktu yang dihabiskan di tempat tidur hanya untuk tidur (tidak membaca, mengerjakan pekerjaan rumah atau menonton TV di tempat tidur)
b. Mempertahankan jadwal tidur yang teratur (pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur)
c. Menghindari produk berkafein 4-6 jam sebelum tidur (produk berkafein termasuk kopi, teh, cola, beberapa jenis non-cola pops, minuman berenergi, dan cokelat)
d. Menghindari tembakau dan obat-obatan lain; dan menetapkan rutinitas sebelum tidur yang tidak termasuk aktivitas merangsang dalam waktu satu jam sebelum tidur (seperti menonton TV, permainan elektronik, pekerjaan rumah yang berat, atau bermain komputer).

Baca: 

2. Lingkungan tidur yang nyaman
Menjaga kamar tidur yang tenang, tenang, nyaman (<75 derajat F), dan gelap (cahaya malam dapat diterima untuk anak-anak yang takut dengan kamar gelap). Ini juga termasuk perhatian bahwa suasana waktu malam rumah santai, tenang, tenang, gelap dll. Hindari pertengkaran atau diskusi tentang masalah yang memicu kecemasan sebelum waktu tidur.

3. Ajari anak cara rileks
Atur nafas dalam-dalam dan keluarkan lewat hidung atau mulut., citra mental positif saat berbaring di tempat tidur (seperti memvisualisasikan sinar matahari yang membelai di tepi pantai atau menghirup udara pegunungan yang segar dan sejuk), dan teknik relaksasi lainnya (misalnya, pernapasan perut yang tenang) dapat membantu untuk tertidur.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Insomnia pada Anak yang bisa penulis sajikan buat pembaca setia Anwariz Blog. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat bagi banyak orang. Tunggu artikel menarik berikutnya yaa... 

0 komentar

Post a Comment

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar