5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat


BLOG Anwariz - Penyebab kematian terbesar di dunia, salah satunya adalah penyakit jantung. Walaupun biasanya penyakit jantung koroner paling sering terjadi pada kelompok usia 65 tahun ke atas, hal itu bukan berarti kita lalai dalam menjaga kesehatan jantung sejak dini. Mencegah lebih baik daripada mengobati!


tips menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat


Yuk jaga kesehatan jantung dengan menerapkan lima cara sehat ini:

1. Berolahraga 30 menit setiap hari
Berolahraga tidak hanya dapat membantu mengendalikan berat badan, tapi juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes.

Anda harus melakukan olahraga ringan, seperti berjalan dengan kecepatan tinggi, selama sekitar 30 menit pada hampir setiap hari dalam seminggu.

Namun, berolahraga hanya 10 menit setiap hari pun memberikan manfaat besar untuk jantung.

2. Jauhi rokok
Merokok adalah salah satu faktor risiko paling signifikan untuk mengembangkan penyakit jantung.

Bahan kimia di tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Atherosclerosis akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung.

Baca: Jenis Makanan Penambah Dara Ibu Hamil

Karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan beberapa oksigen dalam darah. Hal ini meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok cukup oksigen.

3. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung
Mengonsumsi makanan sehat bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Diet kaya buah, sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung. Minum minuman penambah stamina seperti suplemen herbal juga bisa menjadi penunjang kesehatan, terutama kesehatan organ dalam seperti jantung.

Anda pun bisa mengonsumsi kacang-kacangan, produk susu rendah lemak atau bebas lemak, daging-dagingan tanpa lemak, dan ikan segar sebagai bagian dari tambahan makanan sehat.

Penggunaan gula dan garam berlebih pada makan sebaiknya mulai dihindari. Selain itu, membatasi lemak tertentu yang dimakan juga penting. Usahakan menjaga lemak jenuh hingga 5 atau 6 persen dari kalori harian. Cobalah untuk menghindari lemak trans dari makanan.

4. Tidur cukup dan berkualitas
tidur siang
Kurang tidur tidak hanya membuat Anda menguap sepanjang hari tapi juga membahayakan kesehatan. Orang yang kurang tidur memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam.

Baca: Tips Menyembuhkan Diare Anak

Salah satu tanda cukup tidur adalah Anda yang terbangun tanpa alarm dan merasa segar kembali. Tapi jika membutuhkan perjuangan untuk bangun dari tempat tidur, itu pertanda butuh lebih banyak tidur.

5. Mengelola stres
Beberapa orang mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat - seperti makan berlebihan, minum atau merokok.

Anda bisa mencoba cara alternatif untuk mengelola stres misalnya perbanyak aktifitas fisik, bersantai bersama keluarga, bahkan jika memungkinkan bisa menyempatkan mengikuti gerakan-gerakan yoga.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf
Sumber : orami.co.id

0 komentar

Post a Comment

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar