Jenis Makanan Yang Dapat Menambah Darah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil



Dimasa kehamilan, maka volume darah ibu hamil akan meningkat hingga mencapai 30 – 50 % dikarenakan kebutuhan oksigen untuk di edarkan ke seluruh tubuh meningkat. Maka dari itu, ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat menambah darah. Menurut para dokter kandungan, wanita yang sedang hamil itu harus memproduksi lebih banyak sel darah merah untuk memenuhi kebutuhannya dan juga janin dalam kandungannya. Apabila wanita hamil kekurangan asupan nutrisi seperti asam folat dan zat besi, maka mereka akan terkena anemia yang tentu saja bisa berdampak buruk pada kehamilan. 

Penyakit anemia ini berupa kekurangan darah yang ditandai dengan beberapa gejala seperti sulit berkonsentrasi, lelah, lesu, sakit kepala, sesak nafas, dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting bagi mereka untuk mengonsumsi makanan penambah darah. Lantas, jenis makanan seperti apa sajakah yang dapat menambah darah? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung paparan di bawah ini :

1. Daging Merah
Jenis makanan pertama yang dapat menambah darah, yakni berupa daging merah seperti daging sapi. Mengapa harus daging sapi? Pasalnya, daging sapi ini merupakan sumber zat besi yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Selain sebagai sumber zat besi, daging merah sapi ini juga mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi lho. Dalam hal ini, disarankan bagi ibu hamil untuk memilih bagian daging yang tanpa lemak. 

2. Daging Ayam
Selain daging merah sapi, daging ayam juga termasuk salah satu jenis makanan penambah darah yang direkomendasikan bagi wanita hamil. Pilihlah daging ayam yang tanpa lemak, dan akan lebih baik lagi jika dimasak dengan cara di sayur atau di panggang agar kandungan proteinnya tidak berkurang. 

3. Makanan Laut
Siapa sih diantara kita yang bisa menolak pada kelezatan cita rasa dari makanan laut? Tentu saja kita semua sangat menyukai hidangan laut. Ya, disamping cita rasanya yang lezat dan gurih, ternyata ada beberapa jenis makanan laut yang memiliki kandungan zat besi sangat tinggi lho. Salah satunya seperti kerang dan tiram. Menurut informasi yang di dapat, setiap 100 gram kerang mengandung 28 mg zat besi sehingga dapat memenuhi kebutuhan asupan zat besi harian. 

4. Bayam
Memang tidak bisa di pungkiri lagi, bahwa bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Ya, termasuk juga untuk para ibu hamil, dimana bayam ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh bayam ini diantaranya adalah serat, protein nabati, kalsium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin E, dan lain sebagainya. Nah, kandungan nutrisi tersebutlah yang akan membantu dalam proses pembentukan sel darah merah atau hemoglobin.

5. Kacang-kacangan
Jenis makanan berikutnya yang dapat menambah darah, yakni berupa kacang-kacangan. Ya, dibalik ukurannya yang mungil, ternyata kacang-kacangan ini memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang cukup tinggi lho. adapun mengenai jenis kacang-kacangan yang bagus untuk ibu hamil seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, kacang polong, lentil, dan buncis. 

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat menambah darah yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dari kelima jenis makanan tersebut, makanan nomor berapakah yang paling bunda sukai?

0 komentar

Post a Comment