Ketahui Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia




Selain mengenal apa saja manfaat umum dari tanam duit atau asuransi, Anda juga perlu tahu proteksi khusus beserta fungsi masing-masing dari asuransi tersebut. Berikut ini beberapa jenis asuransi yang seringkali digunakan di Indonesia, diantaranya:

1.      Asuransi Kesehatan

Adapun produk asuransi yang satu ini seringkali dipilih oleh masyarakat. Bagaimana tidak, kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga. Dimana pemegang polis berhak menerima jaminan biaya kesehatan atau perawatan ketika terjadi kecelakaan atau jatuh sakit.

Selain itu, asuransi kesehatan juga menjamin ketersediaan dana yang diperlukan untuk membiayai kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga selaku pemegang polis.

2.      Asuransi Jiwa

Tak hanya asuransi kesehatan, asuransi jiwa ini diperuntukkan bagi orang yang menanggung kerugian finansial tak terduga yang disebabkan oleh beberapa risiko seperti kematian atau risiko hidup yang terlalu lama. Adapun penggunaan asuransi jiwa ini kepada pihak pemegang polis adalah untuk mengganti program JPS (Jaring Pengaman Sosial) milik pemerintah.

Hal ini dikarenakan untuk membantu menjaga stabilitas masyarakat, serta mampu menjadi salah satu sumber keuangan.
.
3.      Asuransi Jaminan Hari Tua
Asuransi jaminan hari tua bertujuan memberi fasilitas dan jaminan pendapatan kepada pemegang polis saat sedang menjalani masa pensiun, serta menjamin keluarganya jika ada yang meninggal dunia. Asuransi ini sangat membantu penggunanya dalam mewujudkan impian usai memasuki masa tua, hal ini karena dana yang diperoleh bisa digunakan untuk berbagai keperluan di masa mendatang.
4.      Asuransi Pendidikan

Selain asuransi kesehatan dan lainnya, ada juga asuransi yang tidak kalah pentingnya yaitu asuransi pendidikan. Sebagai salah satu alternatif tabungan pendidikan, asuransi ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan masa depan anak Anda yang direncanakan akan menjalani masa sekolah di tingkat SD sampai Perguruan Tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa asuransi pendidikan terbagi menjadi dua jenis, yaitu proteksi dan investasi.

5.      Asuransi Properti

Meskipun kurang populer di Indonesia, asuransi ini merupakan salah satu jenis asuransi yang mampu memberi jaminan kepada para pemegang polisnya untuk mendapatkan jaminan perlindungan rumah atau bisnis yang menjadi sub-jenis asuransi properti.
Bagi Anda yang berminat tanam duit atau investasi asuransi, Anda bisa memulainya sejak dini. Jangan khawatir, semua akan terasa lebih aman dan tenang dengan adanya asuransi yang dapat menjamin dan menanggulangi risiko yang tak terduga di kemudian hari.

0 komentar

Post a Comment