Mengenal Jenis Bensin dan Cara Hemat BBM



Semua kendaraan bermotor sudah pasti membutuhkan yang namanya bahan bakar minyak BBM. Dengan adanya bahan bakar minyak BBM tersebut, maka kendaraan bermotor bisa melaju. Ada beberapa jenis bahan bakar minyak BBM yang terdapat di pom bensin SPBU yaitu seperti Premium, Pertamax, Pertalite, Dexlite, Solar dan jenis bahan bakar minyak BBM yang lainnya. Biasanya bagi orang yang ingin lebih menghemat pengeluarannya, banyak dari mereka yang lebih memilih bahan bakar minyak BBM jenis premium. Hal tersebut dikarenakan memang bahan bakar minyak BBM premium lebih murah dibandingkan jenis bahan bakar yang lainnya. Tetapi kualitas dari pertamax dan pertalite lebih baik untuk performa mesin motor dibandingkan bahan bakar minyak BBM yang jenis premium. Selain itu, dengan bahan bakar minyak BBM jenis pertamax dan pertalite, maka motor atau mobil bisa lebih tahan lama pemakaiannya walaupun tidak terlalu signifikan perbedaannya. Sekarang ini, harga bahan bakar minyak BBM itu sendiri mulai menaik dan cukup membuat para konsumen kesusahan dalam mengurus aspek ekonominya. Ada cara yang bisa Anda terapkan supaya Anda bisa lebih hemat bbm.
Berikut ini ulasannya mengenai apa saja tips tepat untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak BBM. Ada beberapa tips atau cara hemat bahan bakar minyak BBM berdasarkan tipe cara mengemudi kendaraan. Ternyata dari cara mengemudi yang Anda terapkan pada kendaraan Anda bepengaruh juga pada penggunaan bahan bakar minyak BBM ini. Ada salah satu tips hemat bahan bakar minyak BBM yaitu dengan mengemudikan kendaraan sesuai dengan kecepatan yang stagnan. Cara yang cukup mudah dan juga efektif untuk bisa meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar minyak BBM yaitu dengan mempertahankan kondisi laju kendaraan pada batas kecepatan tertentu. Tingkat efisiensi bahan bakar minyak BBM kendaraan mobil Anda bisa menurun drastis jika Anda menambah laju kecepatan kendaraan mobil Anda. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan mengendarai kendaraan lebih santai dan tidak terburu-buru, maka Anda bisa lebih menghemat penggunaan bahan bakar minyak BBM. Jika Anda mengebut saat mengendarai mobil atau motor, maka ada kalanya nanti Anda akan menginjak rem yang cukup mendadak.
Setelah itu, untuk dapat mencapai kecepatan yang tinggi lagi maka hal tersebut akan cukup membuat penggunaan bahan bakar minyak BBM lebih boros. Selain menjaga kecepatan kendaraan, ada tips lainnya untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak BBM yaitu dengan mengatur putaran mesin. Untuk tips satu ini memang tidak beda jauh dengan tips menjaga laju kecepatan. Dari laju perputaran mesin kendaraan yang terlampau tinggi atau terlalu rendah dengan konstan, maka bisa membuat konsumsi atau pemakaian bahan bakar minyak BBM lebih besar. Biasanya untuk putaran mesin kendaraan yang ideal yaitu 3.000 rpm. Tentunya masih ada lagi cara-cara yang dapat Anda lakukan supaya Anda bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak BBM. Dari berbagai tips tersebut, ada cara yang juga menjadi sangat efektif yaitu dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Dengan begitu, maka bahan bakar minyak BBM yang terdapat pada kendaraan Anda bisa lebih tahan lama dan Anda akan lebih jarang mengisi bahan bakar minyak BBM. Cara yang satu ini tergolong efektif tetapi tergolong susah pada saat yang bersamaan. Sekian saja artikel mengenai bagaimana tips yang tepat untuk bisa semakin menghemat bahan bakar minyak BBM.

0 komentar

Post a Comment