4 Alasan Kenapa Printer Inkjet Lebih Cocok Untuk Penggunaan di Rumah

Ada banyak jenis printer di pasaran hari ini. Beragam bentuk, fitur dan tentunya harga yang disediakan memberikan opsi pilihan yang beragam bagi penggunanya. Diantara jenis printer yang paling populer digunakan di rumah adalah printer jenis inkjet dan laserjet. Selain perbedaan teknis pada cara kerjanya, printer jenis inkjet menggunakan wadah tinta yang disebut dengan printer cartridge atau ink cartridge. 
printer inkjet cocok digunakan dirumah
Sedangkan printer laserjet menggunakan wadah tinta yang disebut dengan printer toner atau toner cartridge. Tinta pada printer laserjet tidaklah berbentuk cairan, namun berupa serbuk. Karena printer laserjet bekerja dengan cara memanaskan serbuk tersebut pada saat proses mencetak. Baik printer inkjet maupun laserjet keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, untuk penggunaan di rumah, printer inkjet setidaknya masih memiliki beberapa keunggulan daripada printer laserjet. Berikut ini alasannya. 

Ukuran 

Printer laserjet umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan printer inkjet. Hal ini dikarenakan komponen dari printer laserjet yang membuatnya memiliki ukuran besar tersebut. Seperti misalnya wadah tinta, drum dan lain-lain. Pada printer laserjet, printer toner umumnya memiliki desain yang membentang hampir sepanjang ukuran printer itu sendiri. Bandingkan dengan printer cartridge pada printer inkjet yang jauh lebih kecil, yang hanya seukuran charger adapter pada handphone. 

Ukuran yang besar ini juga seringkali membuat pengguna printer laserjet harus menyediakan tempat tambahan untuk menaruh printernya. Berbeda dengan printer inkjet yang lebih bisa diletakkan pada meja kerja modern. Dimana biasanya meja kerja modern memiliki bentuk yang minimalis dan memiliki luas terbatas. 

Perawatan 

Ketika terjadi masalah pada printer inkjet, umumnya bisa diselesaikan dengan mengganti printer cartridge atau melakukan refill pada cartridge. Berbeda dengan printer laserjet yang terkadang orang bingung bagaimana cara mengganti tonernya atau memastikan penyebab masalah lain pada printer. Hal ini tidak jarang membuat sebagian orang lebih memilih untuk menjual printer laserjet ketika terjadi masalah daripada harus memperbaikinya. 

Printer laserjet pun memiliki harga toner yang lebih mahal daripada cartridge pada printer inkjet. Hal ini karena toner memiliki masa penggunaan yang bisa bertahan lebih lama ketika dipakai dibandingkan dengan cartridge. Meskipun hal ini sebenarnya juga tergantung pada intensitas pemakaian printer. 

Kualitas Gambar 

Ada kalanya, seorang pengguna harus mencetak sebuah dokumen yang tidak hanya berisi tulisan saja. Ada gambar-gambar atau grafik yang juga harus dicetak. Dalam hal ini, printer inkjet memiliki keunggulan dibandingkan dengan printer laserjet. Printer laserjet secara umum hanya bisa mencetak warna hitam saja. Meskipun saat ini sudah ada printer laserjet yang bisa mencetak warna, namun hasil warna yang dihasilkan belum bisa mencapai tingkat ketajaman yang tinggi. 

Disinilah keunggulan printer inkjet. Printer inkjet mampu menghasilkan gambar berwarna yang jelas dan tajam. Hal ini dikarenakan printer cartridge mampu mencetak gambaryang memiliki resolusi tinggi. Berbeda dengan printer toner yang lebih ditujukan untuk mempercepat hasil cetak namun dengan cara mengurangi kualitas dari ketajaman hasil cetak. Mayoritas fotografer juga memanfaatkan printer inkjet untuk mencetak hasil foto mereka. Karena untuk mendapatkan tone warna terbaik dan detail gambar yang tinggi, hal ini lebih memungkinkan jika proses cetak dilakukan dengan menggunakan printer inkjet. 

Modifikasi 

Sebagian pengguna aktif printer memilih untuk memodifikasi printer mereka agar tidak terlalu sering melakukan penggantian cartridge atau toner. Ada perbedaan yang mendasar antara modifikasi printer inkjet dengan printer laserjet. Pada printer inkjet, modifikasi dilakukan sedemikian rupa dengan merubah bentuk printer cartridge. Sehingga kapasitas tinta dapat diperbesar karena tinta tidak hanya disimpan di dalam cartridge namun juga dapat mengambil dari tempat penyimpanan tambahan.

Sedangkan pada printer laserjet, modifikasi dilakukan dengan melakukan rekayasa pada printer itu sendiri. Sehingga printer yang telah dimodifikasi dapat menggunakan printer toner di luar dari tipe toner bawaan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam mencari toner pengganti ketika toner dengan tipe tertentu agak sulit didapatkan. Mayoritas modifikasi printer rumahan lebih memilih modifikasi printer inkjet. Karena biaya yang diperlukan untuk membeli tinta printer masih lebih murah dibandingkan dengan membeli toner baru. 

Alasan-alasan diatas bukan kemudian menjadi panduan mutlak bahwa sebaiknya jangan membeli printer laserjet untuk keperluan di rumah. Namun lebih bersifat rekomendasi mengenai jenis printer yang biasanya lebih cocok. Bisa jadi seseorang lebih membutuhkan printer laserjet karena kelebihannya, semisal butuh untuk mencetak dokumen secara cepat dan dalam jumlah banyak. Sehingga semuanya kembali kepada kebutuhan tiap individu. 

Terlepas dari printer mana yang lebih cocok, ada sebuah rekomendasi lain yang sebaiknya juga perlu untuk diperhatikan, yaitu tempat membelinya. Membeli printer, cartridge dan toner hari ini bisa dilakukan dengan mudah di Bukalapak. Di Bukalapak, ada  banyak cartridge printer berkualitas dan toner printer berbagai jenis yang bisa didapatkan secara lengkap. Ada juga aksesoris komputer lainnya yang bisa kita cari sebagai pelengkap seperti cooling fan, flash disk dan lain-lain. Dapatkan semuanya dengan mudah dan murah hanya di Bukalapak. 

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar