Tuesday, September 05, 2017

Dukungan Doa untuk Kaum Tertindas Rohingya, Apa yang Sudah Kita Lakukan?

Dukungan Doa untuk Rohingya - Anwariz Blog | Berita tentang kegentingan di Myanmar sudah membuat kegeraman bagi sebagian besar umat Muslim di Indonesia. Banyak yang mengekspresikan kemarahan itu lewat media soasial bahkan ada yang sampai turun ke jalan guna mendemonstrasikan kekesalah mereka terhadap apa yang mereka lakukan kepada kaum Rohingya di Myanmar.

dukungan doa untuk rohingya
Pengungsi Rohingya, image by tribun jabar
Namun, apa sebenarnya yang bisa mereka lakukan untuk agar secara nyata bisa memberi bantuan kepada warga Muslim Rohingya?

Pada kesempatan kali ini, saya secara pribadi turut mengkampanyekan postingan seorang teman di media sosial (postingan aslinya bisa diakses di sini) yang isinya mengajak Umat Muslim mengamalkan doa-doa, diantaranya melaksanakan Qunut Nazilah.

Doakan saudara-saudara kita di Rohingya dengan mengamalkan Doa pada Qunut Nazilah

Pembantaian Muslim Rohingnya oleh militer Myanmar sudah sangat memprihatinkan. Penderitaan mereka adalah keprihatinan kita. Sebagai sesama muslim kita terpanggil untuk menunjukkan kepedulian dengan berbagai cara. Salah satu kekuatan umat Islam adalah do’a, dan Rasulullah SAW menyunnahkan jika terjadi musibah atau bencana yang menimpa kaum muslim di satu tempat untuk melakukan do’a Qunut Nazilah.

Doa Qunut Nazilah untuk Rohingya


Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami sangat menganjurkan kepada kaum muslimin untuk melakukan Qunut Nazilah untuk mendo’akan muslim tertindas di Rohingya dan tempat- tempat lain selama satu bulan dengan tata acara sebagai berikut:

Qunut dilaksanakan pada shalat lima waktu, dzuhur, ashar, magrib, isya dan subuh,Do’a qunut dibaca setelah bangkit dari ruku dan membaca “sami’allahu iiman hamidah – rabbana lakal hamdu” pada rakaat terakhir.Do’a Qunut dibaca oleh Imam dengan suara dzahar (terdengar) dan makmum mengaminkan. Boleh juga dibaca secara munfarid atau sendiri dlm shalat shalat Kita dirumah atau dikantor atau diluar shalat.Doa yang diucapkan dalam qunut nazilah intinya mendo’akan keselamatan dan pertolongan untuk kaum tertindas dan do’a agar Allah melaknat orang yang dzalim. 


Tidak ada redaksl khusus, akan tetapi untuk qunut nazilah bagi muslim Myanmar kami menganjurkan untuk membaca:

اَللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ فِى رُوْهِيْنغِيَا, اَللَّهُمَّ انْصُرِالْمُسْلِمِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِى كُلِّ مَكَانٍ, اَللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى اَعْدَآءِ الدِّيْنِ مِنَ الْكَافِرِيْنَ وَالظَّالِمِيْنَ فِى رُوْهِيْنغِيَا وَ فِى كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah selamatkanlah kaum mu’minin tertindas di Rohingya, Ya Allah tolonglah kaum muslimin yang lemah di berbagai tempat, Ya Allah keraskanlah pijakanMu kepada musuh-musuh Islam dari orang-orang kafir dan dzalim di Rohingya dan dimanapun berada.”

Moment bulan Agung yakni Dzul Hijjah ini sekiranya akan baik jika dipergunakan untuk mendoakan kegentingan di Rohingya, Myanmar sana.
Jika tidak sanggup membawa jiwa raga kesana sebagai Mujahid, ataupun tak mampu menyumbang sesuatu, maka sebaiknya berdoalah!!

Sumber: Postingan Facebook @nurullatifahfahmi dengan perubahan oleh admin
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner