Tolong Selamatkan Aleppo!! Bentuk Solidaritas untuk Warga Suriah

anwariz.com - Kabar tak sedap mengiringi proses evakuasi warga sipil Aleppo, Suriah telah banyak dilansir di berbagai media masa. Keselamatan sebagian besar warga terancam karena kabarnya evakuasi telah dihentikan sementara. Seperti dilansir oleh indowarta, masih ada sekitar 50 ribu warga yang belum terevakuasi dan masih terperangkap di wilayah tersebut.
akun twitter alabed bana
Sumber: Twitter Bana Alabed
Krisis kemanusiaan di Aleppo, Suriah sontak mendapat berbagai dukungan yang hadir dalam berbagai bentuk aksi solidaritas dari beberapa kalangan. Rakyat Indonesia menunjukan sikap solidaritasnya mulai dari menggelar aksi domenstrasi, teatrikal, sampai memasang spanduk bertuliskan #SaveAleppo, Poster-poster dukungan dibentangkan dengan harapan dapat meredam segala kepiluan, menggerakkan kesadaran, untuk kepentingan kemanusiaan.

Kepedulian umat terhadap bentuk kedzaliman tidak mengenal batas wilayah, suku, ras bangsa, maupun budaya, bahkan tidak mengenal latar belakang sosial masyarakat, jika ia seorang tergerak maka ia akan membantu saudara lainnya. Untuk menunjukan kepeduliannya umat di seluruh penjuru dunia akhir-akhir ini memberikan perhatiannya untuk saudara saudaranya di Suriah, khususnya di Aleppo. 

Solidaritas Indonesia untuk Aleppo, Suriah

Dokter di Jogjakarta menggelar aksi solidaritas untuk aleppo dengan memajang poster

bentuk solidaritas dokter jogjakarta untuk allepo
Aksi Solidaritas Dokter, sumber: kiblat(dot)net


Berikut ini aksi demonstrasi bentuk solidaritas dari Bandung untuk Aleppo beberapa waktu lalu. Aksi tersebut berlokasi di depan Gedung Sate, Bandung Jawa Barat. 

aksi demo untuk allepo di bandung
Aksi Demonstrasi di Bandung, sumber: Suara-Islam(dot)com

Sementara di sudut lain terdapat pemandangan unik dalam memberikan dukungan terhadap Aleppo. Suatu komunitas kemanusiaan menggelar aksi teatrikal memberikan gambaran penderitaan, duka mendalam warga sipil Aleppo.

aksi solidaritas indonesia untuk warga allepo
Aksi Teatrikal untuk Allepo, sumber: dakwatuna

Ada hal unik di tengah-tengah getirnya suasana di Aleppo, seorang gadis kecil bernama Bana Alabed yang selalu memberikan kabar tentang peristiwa-peristiwa terkini yang dialaminya kepada pubik lewat akun media sosial twitter (@AlabedBana) dengan harapan agar suaranya di dengar oleh dunia. 


Benar saja, gadis ini mengundang perhatian warga dunia melalui cerita-ceritanya dibalik suasana mencekam. Meski akun twitternya tersebut di kelola oleh ibunya, namun tetap saja pesan perdamaian terekam jelas di raut wajah gadis berparas cantik ini.

Twit terbarunya mengatakan bahwa Bana tengah asik membaca sebuah buku agar dapat melupakan peperangan. Begini bunyi cuwitan pada akunnya...

twitter bana alabed
Akun Twitter Bana Alabed
Kabar terakhir utusan damai PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura kepada para pewarta di Paris, Prancis dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault mengatakan bahwa ada sekitar 50 ribu orang termasuk 40.000 warga sipil yang kurang beruntung yang masih tinggal di bagian kota tersebut.


Harapan Anwariz untuk Aleppo


Melihat proses evakuasi Aleppo terhenti, kondisi seperti ini membuat hati tergerak untuk membantu. Setidaknya meringankan beban penderitaan merek, walau penulis tahu bahwa beban itu terlalu berat. Hanya baru mampu mengekspresikan dukungan lewat tulisan ini. Lewat do'a-do'a semoga Allah SWT. menguatkan mereka. Tolong Selamatkan Warga Aleppo!!

0 komentar

Post a Comment