Tuesday, August 22, 2017

Penyebab Masalah Pada Aki & 5 Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet

Tahukah Kamu Penyebab Masalah Pada Aki Mobil?

Aki merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang tergolong penting, baik itu untuk motor maupun mobil. Fungsi dari aki sendiri adalah untuk mengalirkan daya listrik ke bagian-bagian lain pada mobil seperti lampu, starter, dan lain sebagainya. Selain itu, aki juga berfungsi sebagai sumber listrik untuk penghidupan tenaga pada komponen mobil lainnya disaat mobil dalam keadaan mati, seperti untuk menyalakan radio, lampu di dalam mobil, dan lain sebagainya. Seringkali permasalahan pada mobil terletak pada aki yang tidak berkualitas sehingga buat aktifitas berkendara menjadi terhambat dan kurang aman. Penyebab utama masalah pada aki adalah tidak rutinnya kamu mengecek kondisi dari aki seperti terlambat dalam pengisian air akinya. Dengan pengisian aki yang terlambat tentunya dapat membuat mesin aki cepat aus dan buat kerusakan pada sel-sel mobil. Selain itu, penyebab masalah pada aki juga bisa terjadi karena faktor-faktor lainnya seperti alternator yang lemah, V-belt bermasalah, hubungan arus pendek listrik, dan lain sebagainya.

5 Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet

Periksa Jumlah Elektrolit Aki
Rutin dalam memeriksa jumlah elektrolit pada aki mobil adalah hal utama yang harus dilakukan untuk merawat aki mobil. Jika air aki sudah mencapai batas garis low, itu merupakan pertanda agar kamu mengisi ulang air aki. Kejadian yang paling sering terjadi adalah disaat air aki sudah mencapai level low dan tidak ditambahkan airnya sehingga membuat mobil tidak bisa menyala / distarter.

Periksa Terminal Aki
Terminal aki harus miliki kondisi yang bersih dan juga terawat. Pastikan terminal aki tidak berjamur, tidak berkarat dan juga tidak longgar. Jika memang terminal aki sudah berjamur dan berkarat, kamu bisa membersihkannya dengan cara mudah yaitu gunakanlah air panas secukupnya.

Memanaskan Mobil
Jika kamu jarang dalam menggunakan mobil, ada baiknya kamu memanaskan mesin mobil secara berkala setiap harinya. Hal itu untuk menjaga kualitas dan merawat aki dari kerusakan. Walaupun tidak digunakan, mobil akan menggunakan sedikit aki untuk self discharge yang pastinya buat aki menjadi berkurang.

Tune Up Berkala
Melakukan tune up pada mobil secara berkala pastinya mecegah terjadinya hal-hal yang tak diinginnkan. Dikarenakan disaat tune up, kondisi keseluruhan mobil akan diperiksa termasuk kualitas dari terminal aki dan juga jumlah elektrolitnya.

Periksa Kualitas Aki

Kamu ingin mobil berkualitas dan selalu terawat? Gunakan juga aki yang berkualitas. Untuk ciptakan aki berkualitas kamu bisa menggunakan alat batteray load tester sehingga kamu bisa mengetes kualitas dari aki apakah masih, baik atau tidak. Pada dasarnya umur dari aki mobil akan bertahan selama 3 – 5 tahun, tapi semua kembali lagi pada bagaimana cara penggunaan dan perawatannya. 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner