Friday, June 30, 2017

30+ Tips Blogging untuk Pemula dan Blogger Senior

30+Tips Blogging untuk Pemula dan Blogger Senior


Anwariz Blog - Seorang Blogger kebanyakan sudah mengenal siapa blogger panutan yang menginspirasinya mengawali kegiatan blogging. Ada blogger dengan penghasilan jutaan rupiah bahkan ada juga blogger berpenghasilan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Saya yakin Anda memimpikan seperti merek, bukan? Jika jawabannya YA, maka itu sama saja seperti dambaan saya ketika menggeluti dunia blogging.

tips blogging untuk pemula
Tips Blogging untuk Pemula dan Blogger Senior
Mulai ngeblog sejak 2011 dan belum banyak kontribusi terhadap blog pada waktu itu sebab masih merasa seperti pemula sekali. Yaa... Sampai detik inipun masih merasa kekurangan ilmu tentang dunia blog, blogging, ataupun platform blogger itu sendiri. Namun, walaupun demikian rasa ingin berbagi pengalaman dan suka duka blogging selalu membara dalam dada. Maka dari itu izinkan saya berbagi tips dan trik ngeblog sederhana ala Anwariz berikut ini.

Apakah Anda sedang akan belajar ngeblog dan memulai mendalami dunia blogging? Jika iya, oke baiklah berikut ini akan saya ulas sedikit bagaimana memulai aktivitas blogging dengan harapan dapat membawa Anda lebih jauh mengenal blog hingga menjadi blogger profesional.


Secara Garis Besar

tips blogger pemula
Sumber gambar: dinamokostroma.ru
- Keunikan adalah kuncinya. Tawarkan keunikan pada blog Anda, jangan sampai mengikuti orang lain apalagi menginginkan sama persis seperti mereka. Ingat! Unik adalah kunci.

- Memberikan informasi secara jujur kepada audience. Jangan pernah berbohong, menyesatkan, atau membujuk. Jika memulai satu kebohongan saja maka kepercayaan yang sudah terbangun secara perlahan akan runtuh kemudian hilang entah kemana.

- Tidak harus menonjol jika ingin berguna bagi orang lain. Cukup mengerahkan potensi mengungkapkan gagasan secara sederhana saja tanpa menghabiskan banyak tenaga sia-sia, Anda masih bisa membuat orang berpaling kepada Anda.

- Tidak ada sesuatu yang instant, semuanya butuh proses. Untuk itu bersabarlah dan nikmati prosesnya sebagai seorang blogger sejati. Apa yang ditanam itu pula yang akan dituai. Pilih sebuah tema menarik sesuai minat ngeblog. Sesekali keluarkan pendapat/opini dalam mengular suatu topik tertentu, hal tersebut membuat pembaca semakin suka pada konten blog.



Kekuatan Sebuah Komunitas untuk Bertumbuh

kekuatan komunitas untuk tumbuh
Komunitas untuk Bertumbuh
Sumber gambar: scene7.com
- Jangan terlalu muluk-muluk dalam memberi target. Jika Anda berharap lebih dalam waktu singkat menggeluti aktivitas blogging kemudian memimpikan keberhasilan, itu hanya akan membuang-buang waktu. Gunakan beberapa tools blog, seperti Keyword Planner, Google Analytics, dan lain sebagainya guna memaksimalkan target blog sampai berhasil.

- Usahakan membuat suatu konten blog shareable dalam artian konten tersebut mudah dibagikan oleh pembaca. Mayoritas konten yang dibagikan secara online dilakukan melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Reddit, LinkedIn, dan lain-lain. Disarankan memberikan kemudahan kepada pembaca sehingga dapat mengetahui dengan mudah pula siapa (Anda) dibalik konten tersebut.

- Andalkan komunitas Anda. Tulis posting yang masih berbentuk draft, lalu mintalah komunitas Anda untuk menyelesaikan postingan tersebut.

- Jangan pernah meremehkan pentingnya networking. Jika Anda tidak terhubung secara teratur dengan pembaca dan blogger lainnya, Anda akan kehilangannya.

- Mulai mempelajari betapa perlunya menjadi seorang penulis tamu.


Faktor Pendukung Penulisan Konten

Penulisan Konten
Sumber gambar: binarynote.com
- Bulatlah sebuah tulisan bertema abadi. Maksudnya, topik tersebut tidak lekang ditelan jaman. Misalnya: Tips Blogging untuk Pemula, sebab selama ada jaringan internet dan informasi dibutuhkan banyak orang maka konten tersebut akan dicari orang.

- Menulis sesuai proporsi, tidak terlalu singkat juga tidak terlalu panjang apalagi menggunakan gaya bahasa alay bin lebay, jangan sampai. Umumnya, saya mencoba menulis setidaknya 300 kata dan tidak lebih dari 1000 kata. Lebih dari itu, hanya menulis kata-kata sebanyak yang dibutuhkan dan memotong sisanya.

- Tuliskan sesuatu hal bermanfaat, informasi berguna bagi pembaca. Jangan sampai asal mengungkapkan kata-kata tanpa ada makna sama sekali (mubadzir) nantinya. 

- Tulislah dengan penuh keyakinan. Sebisa mungkin kalimat itu baik dan benar, jikapun terdapat kesalahan maka jangan sungkan mengakui kesalahan tersebut.

- Gunakan kalimat pendek, tegas, lugas, namun tepat sasaran, itu akan lebih baik.



Motivasi dan Inspirasi Ngeblog

Motivasi dan Inspirasi Ngeblog
Sumber gambar: elearningindustry.com
- Jangan pernah menyerah sebelum perang. Blogger yang bertahan saat godaan melanda pada akhirnya merekalah sebagai pemenangnya.

- Tulislah sesering mungkin. Terus menangkap ide dan mengubahnya menjadi sebuah tulisan informatif. Smartphone bisa dijadikan alat bantu Anda menulis dimana saja, kapan saja selama terhubung ke jaringan internet.

- Mitalah kritik membangun kepada pembaca blog Anda. Ketika ada orang yang membenci karya Anda itu adalah pertanda bahwa Anda melakukan sesuatu dengan benar.

- Persiapkan segala sesuatunya secara baik dan matang. Mulai dari bahan tulisan, format, kata kunci, sampai kepada waktu publikasi disaat-saat ramai pengguna internet.

- Temukan cara untuk mendapatkan inspirasi secara terus-menerus tanpa pernah merasa terbebani. Inilah satu-satunya cara Anda bisa menginspirasi orang lain. Saat Anda kosong, isi kembali diri Anda dengan wawasan kekinian.

- Sadarilah bahwa Anda hanya bisa menciptakan atau bereaksi. Kapan pun, pastikan Anda tahu mana yang terbaik untuk Anda lakukan.


Bonus Tips Ngeblog Ala Blogger Kampung

tips ngeblog ala blogger kampung
Tips Ngeblog Ala Blogger Kampung
Sumber gambar: cgnewsdesk.com
- Menulislah mengikuti kata hati. Jangan terlalu terpaku pada situasi dan kondisi kebanyakan orang. Apalagi untuk mengharapkan perhatian orang lain secara berlebihan, saya rasa itu tidak terlalu penting dilakukan. Mengalir saja seperti air.

- Jika tujuan ngeblog untuk berjualan, menjual suatu produk maka disarankan membuat sebuah daftar kontak guna menjaring mereka menjadi pelanggan baru Anda.

- Buatlah sebuah tampilan blog semenarik mungkin, sebab itu adalah bentuk investasi jangka panjang yang sangat berharga bagi seorang blogger. Tentu saja tampilan bagus harus didukung oleh konten berkualitas.

- Tetap bersahaja meskipun sudah terlampau banyak informasi, gagasan, ide yang Anda berikan kepada orang lain. Tidak semua bentuk karya harus dibalas dengan materi. Jadi, jangan terlalu menguangkan segala jenis karya tersebut. Ada saatnya dimana kita berbagi setulus hati tanpa mengharap balas dari orang lain. Ingat! Masih ada Tuhan yang tak pernah tidur.

- Mengamati apa yang dilakukan orang sukses. Ikuti jejak mereka dalam berproses, prosesnya yang mesti kita ikuti bukan meniru begitu saja. Karena sukses tidaknya kita kembali kepada kita sendiri saat menjalani prosesnya.

Nah, itulah beberapa tips blogging untuk pemula dan blogger senior yang bisa saya suguhkan pada kesempatan kali ini. Untuk bisa berhasil membangun serta mengembangkan blog itu tergantung kepada cara kita mengelolanya. Kesuksesan itu kita sendiri yang akan menemukannya bukan pemberian (blogger senior) orang lain.  Jangan sungkan memberikan kritik dan saran lewat kolom komentar dibawah ini. Jika postingan ini dirasa bermanfaat silakan bagikan ke sosial media favorit Anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner