Tuesday, July 25, 2017

Pentingnya Memulai Usaha Sejak Usia Muda

Anwariz Blog - Mulai Usaha Sejak Muda | Memulai suatu bidang usaha memang tidak ada patokan harus kapan dan dimana mulainya, namun alangkah lebih baik jika sejak usia dini sudah muncul niat disertai ide-ide bagus tentang konsep usaha, bukan? Nah, untuk itulah kali ini Anwariz.com akan membahas sedikit tentang seperti apa sih peranan mulai usaha sejak usia muda ini? Apa juga dampak positifnya bagi pelaku usaha? Mari kita simak sama-sama ulasannya... Calon pengusaha wajib tahu nih.
memulai usaha sejak usia muda
Pentingnya Memulai Usaha Sejak Usia Muda, image by tempo.co
Tentunya Anda pernah membaca kutipan dari Presiden Pertama RI yang berbunyi;
“Berikan aku 1 pemuda niscaya akan aku guncang dunia“ – Bung Karno

Pernyataan di atas mengambarkan bahwa suatu peradaban, maju mundurnya suatu negara, keberlangsungan masa depan bangsa terletak pada pemuda yang notabene memiliki jiwa muda tinggi, semangat membara di segala bidang, tak terkecuali dalam memulai usaha/bisnis.

Bangsa ini akan bisa melaju kearah lebih baik ketika ada jiwa-jiwa muda (pemuda) dibelakangnya sebagai penggerak, pemuda dikenal sebagai agen perubahan. Hal tersebut terjadi karena seorang pemuda identik dengan kreatifnya, semangat, energik dan dapat diandalkan disegala kondisi.  

jiwa pengusaha muda
Jiwa Muda, Jiwa Penuh Energi
Gambaran pemuda sebagai sosok yang hebat, bisa melakukan sesuatu diluar jangkauan orang tua. Itu tidak berarti melupakan sejarah, sebab orang tua jugalah yang menjadi cikal bakal generasi muda berikutnya. Apalagi fakta bahwa mereka juga pernah muda, pernah menjadi pemuda, itu artinya para orang tua juga pernah melakukan hal luar biasa dimasa mudanya.

Hal yang terjadi sekarang adalah banyak pemuda ingin segala sesuatunya senang dan tidak mau susah payah. Padahal masa muda merupakan masa terindah, dimasa itu dapat melakukan semua hal tang diinginkan dan dapat meraih semua impian. Dengan bersusah payah maka bekal hidup dihari tua akan didapatkan dari perjuangan di masa muda.

Kenapa banyak pemuda memilih menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) padahal mereka tahu persaingan mendapatkan profesi itu sama beratnya dengan memulai usaha sendiri. Meskipun tidak ada salahnya jika pemuda mengidam-idamkan berprofesi sebagai PNS. Namun, disadari atau tidak, pilihan tersebut sedikit banyak akan berpengaruh (cenderung monoton) terhadap pola pikir, cara pandang, ide-ide kreatif, gebrakan-gebrakan dari seorang pemuda seperti sudah disinggun di atas. 


Mereka cenderung memilih zona nyaman sebagai masa depannya, akibatnya setumpuk ilmu dari bangku kuliah tidak teraplikasikan dengan sempurna bahkan tidak bisa menciptakan inovasi-inovasi baru. Sedangkan hal ini sudah menjadi rahasia umum, kreativitas dan ide-ide cemerlang biasanya datang dari keinginan untuk menghadapi kerasnya tantangan lalu keluar dari zona nyaman tersebut.

Pilihan berprofesi sebagai PNS membuat hidup datar saja tapi walaupun begitu banyak yang melakukan berbagai hal demi menjadi PNS. Apa sih peyebabnya sehingga menjadi PNS begitu digandrungi?

1.    Kesejahteraan dari kepastian penghasilan (gaji) setiap bulan
2.    Menerima uang pensiun sebagai jaminan di hari tua
3.    Hidup nyaman seperti tanpa ada beban resiko
4.    Status sosial di masyarakat yang masih memandang hormat kepada profesi PNS
5.    Bekerja sebagai PNS dianggap pekerjaan santai 


Meskipun segala fasilitas di atas terlihat menggiurkan bagi sebagian orang, namun kenyataannya tidak selalu demikian. Sebab, tidak sedikit pemuda memilih mengambil jalan berliku banyak tantangan guna mengembangkan potensi yang dimilikinya. Lebih memilih merintis usahanya sendiri dari nol selepa menggenggam gelar sarjana. Tidak malu dianggap sarjana susah mencari kerja, bahkan tidak menutup kemungkinan ada selentingan dari tetangga, “sarjana kok jualan kaos dipinggur jalan”, bla..blaa..blaaa.

Padahal di usia muda merupakan saat terbaik dimana kita bisa mengembangkan segala karunia Tuhan. Menjadikan karunia potensi akal pikiran itu sebagai modal utama untuk berkreasi dan berinovasi adalah cara bijak. Pemuda bisa melakukan hal baru salah satunya memulai usaha. Pengusaha di usia masih muda merupakan hal yang bagus, karena kita telah terasah dan bukankah salah satu sifat pemuda itu pantang menyerah . Untuk memulai usaha perlu disiapkan mental , pasion, modal dan marketing.

Baca juga: Penghasilan Tambahan Buat Pengangguran

Memulai usaha disesuaikan dengan paison dan saya tertarik membuka usaha dibidang perniagaan, dalam hal ini sedang ingin membuka usaha Clothing Distro, tapi distro yang bukan sembarang distro. Saya memiliki konsep usaha menebar kebaikan lewat media pakaian (kaos) yang kita kenakan sehari-hari. Artinya saya akan bermain kata/gambar inspiratif di produk-produk distro tersebut.

Tujuan utama merealisasikan konsep usaha ini harapannya setiap orang bisa tampil lebih percaya diri dengan pakaian yang dikenakan sekaligus memberikan aura positif kepada sesama. Strategi pemasaran akan mengkombinasikan antara pasar Online dan Offline. Yaa... Membuka ruko kecil-kecilan ditempat strategis, sambil gencar memasarkan melalui media sosial juga blog. Semoga tulisan ini membuat Anda semakin berani memulai usaha di usia muda. Jangan pernah ragu berbisnis di usia dini!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner